Gigi Sakit Tapi Tidak Bolong, Ini yang Harus Dilakukan

Gigi Sakit Tapi Tidak Bolong
Credit Photo: Pixabay


Gigi merupakan salah satu komponen dari tubuh yang menurut saya sangat vital keberadaannya. Ada banyak sekali fungsi gigi, diantaranya:
  • Sebagai alat untuk mengunyah dan menelan makanan masuk ke dalam lambung, sehingga nutrisi masuk ke dalam tubuh. Dengan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh melalui kunyahan gigi, maka manusia dapat beraktivitas sebagaimana mestinya
  • Untuk membantu manusia dalam proses berbicara sehari-hari
  • Gigi menunjang performa manusia
Oleh sebab itu sebagai manusia yang selalu mensyukuri ciptaannya, maka sedari awal harus merawat gigi yang dimiliki. Ketika kecil, orang tua rutin membawa anak ke dokter gigi dan hal itu sudah merupakan bentuk ikhtiar dalam menjaga kesehatan gigi. Ketika kita sudah dewasa dan mampu merawat diri sendiri, maka ketika ada yang tidak beres dengan gigi, harus segera lakukan pengecekan ke dokter gigi sebelum terlambat.

Ada baiknya kita juga melakukan beberapa cara berikut untuk menjaga gigi tetap sehat, misalnya saja:
  1. Rutin menggosok gigi dengan pasta gigi mengandung fluoride minimal 2 kali dalam sehari
  2. Jangan sering konsumsi minuman terlalu dingin karena dapat memicu gigi sensitif
  3. Biasakan untuk rutin konsumsi air putih sebanyak 2 liter setiap hari
  4. Hindari kebiasaan merokok agar tak merusak gigi
Namun adakalanya sebagai manusia, meskipun sudah berusaha maksimal dalam merawat gigi, ada saja masalah yang timbul pada gigi. Salah satunya gigi sering merasa sakit tapi tidak bolong. 

Lalu bagaimana jika ada gejala gigi sakit tapi tidak bolong yang menimpa kita? Tentu saja tidak boleh diremehkan sehingga kita harus pergi konsultasi ke dokter gigi terdekat untuk mencari tahu akar permasalahannya.

Ketika kita merasa sakit gigi tentu tidak akan nyaman dalam melakukan aktivitas keseharian. Hal ini dikarenakan kita merasa nyeri pada bagian gigi sehingga dapat menyebabkan gejala penyakit lain seperti sakit kepala dan juga kesulitan dalam proses menggigit ataupun mengunyah makanan.

Jika sakit gigi menyebabkan nafsu makan berkurang tentu tidak baik bagi kondisi kesehatan. Apabila belum ada waktu pergi ke dokter gigi sementara sakit gigi masih terjadi, maka kalian bisa mengikuti langkah berikut sebagai pertolongan pertama:
  • Kompres dengan Es Batu
Apabila di rumah kalian tidak ada obat pereda nyeri dan hanya ada es batu sebagi satu-satunya penolong di kala sakit gigi, maka gunakanlah segera untuk mengompres gigi yang sedang sakit.

Kalian bisa mengambil beberapa butir es batu lalu taruh di dalam kain atau handuk kecil. Setelah itu kompres di pipi yang di dalamnya terdapat gigi sakit tersebut. Lakukan pengompresan selama kurang lebih 20 menitan. 

Mungkin kalian akan merasa tidak nyaman karena suhu yang terlalu dingin akibat es batu tersebut, namun dengan beberapa kali dikompres es batu diharapkan sakit gigi serta bengkak bisa berangsur mengecil dan hilang sama sekali.
  • Berkumur dengan Air Garam
Air larutan garam dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan juga pengobatan secara tradisional. Salah satunya mengurangi peradangan yang terjadi di gigi. Siapkan kurang lebih satu hingga dua sendok makan garam yang ada di dapur, lalu larutkan di dalam air hangat. Setelah garam sudah terlarut di dalam air hangat, maka kumurlah selama kurang lebih satu menit.

Jangan menelan air garam yang digunakan untuk berkumur untuk meredakan sakit gigi. Ulangi beberapa kali berkumur air garam agar sakit gigi bisa reda bahkan hilang sama sekali.
  • Minum Obat Pereda Nyeri
Langka terakhir apabila kalian sudah tidak tertahankan mengalami sakit gigi adalah dengan konsumsi obat pereda nyeri gigi. Obat pereda nyeri gigi bisa dibeli bebas di apotek terdekat. Minumlah sesuai anjuran yang tertera di label. Apabil sakit gigi sudah reda, hentikan pemakaian.

Demikian sedikit tips sederhana yang bisa kita lakukan apabila mengalami sakit gigi  namun tidak bolong. Semoga bermanfaat.
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Gigi Sakit Tapi Tidak Bolong, Ini yang Harus Dilakukan"