Tips Mendapatkan Beasiswa Australia Awards Scholarship

Credit Photo: Pixabay

Australia merupakan negara yang sering dijadikan tujuan bagi para mahasiswa dari Indonesia yang menempuh pendidikan. Hal ini dikarenakan secara jarak, negara Australia dan negara Indonesia relatif dekat. Tentu saja bukan hanya para siswa Indonesia yang tertarik untuk menimba ilmu di negara Australia, para mahasiswa dari negara-negara lainnya pun juga tak sedikit yang menuntut ilmu di benua tersebut.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Australia menjadi destinasi para mahasiswa dalam menuntut ilmu di negara tersebut, antara lain:
  • Sistem pendidikan yang berkualitas tinggi
  • Australia memiliki beberapa universitas yang dengan peringkat tinggi di dunia
  • Beragam program studi dapat dipilih mahasiswa dari negara lain yang ingin menuntut ilmu di Australia
  • Para mahasiswa yang sedang berkuliah di Australia mendapat kesempatan untuk bekerja secara temporer atau sementara, sembari kuliah.
Menuntut ilmu ke Australia tentu saja akan mengeluarkan biaya yang tak sedikit. Tidak jarang banyak mahasiswa Indonesia yang menggunakan jalur beasiswa untuk bisa melanjutkan pendidikan di negara Kanguru tersebut.

Salah satu beasiswa yang bisa didapatkan dalam upaya untuk menimba ilmu di Australia adalah melalui program Beasiswa Australia Awards Scholarship. Adapun program beasiswa Australia Awards Scholarship ini merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Australia.

Beasiswa Australia Awards Scholarship dari pemerintah Australia merupakan beasiswa penuh untuk para mahasiswa dari negara manapun yang mendaftar, baik itu di tingkat S2 maupun S2. Bagaimana, menarik bukan!

Tahun 2024 ini, beasiswa Australia Awards Scholarship rencananya akan membuka pendaftaran mulai 1 Februari 2024 dan ditutup pada tanggal 30 April 2024. Tentu saja kalian yang sangat mengincar beasiswa ini tidak boleh melewatkan kesempatan emas yang datangnya langsung dari pemerintah Australia. 

Mengapa beasiswa Australia Awards Scholarship menjadi incaran bagi sebagian besar mahasiswa internasional? Hal ini dikarenakan berbagai kemudahan dalam persyaratan pendaftaran beasiswa Australia Awards Scholarship, misalnya saja:
  • Cukup menggunakan TOEFL ITP maka kalian bisa mendaftar beasiswa Australia Awards Scholarship
  • Mahasiswa yang memiliki IPK kurang dari 3 dpersilahkan untuk mendaftar 
  • Tidak ada batasan usia bagi mahasiswa yang ingin mendaftar pada program beasiswa Australia Awards Scholarship
  • Tidak ada persyaratan yang mewajibkan mahasiswa menyertakan LoA atau Letter of Acceptance. LoA sendiri merupakan surat pernyataan yang berasal dari universitas mahasiswa yang bersangkutan bahwa si pendaftar beasiswa sudah diterima di universitas tersebut. 
Karena banyaknya kemudahan pada program Australia Awards Scholarship, maka tentu jangan sia-siakan kesempatan menuntut ilmu di negara Kanguru bagi kalian yang sudah memimpikan sejak lama.

Namun, keberhasilan melewati sebuah proses tidak akan tercapai tanpa adanya kerja keras. Agar dapat lolos beasiswa Australia Awards Scholarship, tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Tips Agar Lolos Beasiswa Australia Awards Scholarship 

Bagi kalian yang ingin lolos beasiswa Australia Awards Scholarship, maka saya punya tips jitu yaitu:

1. Tingkatkan Skill Bahasa Inggris

Setiap program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah negara setempat, salah satu syarat mutlak adalah kemampuan berbahasa Inggris, yang ditunjukkan dengan sertifikat IELTS ataupun TOEFL. Hal ini dikarenakan Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar dalam kegiatan perkuliahan di Australia.

Tentu saja apabila kalian berhasil meraih nilai baik untuk TOEFL maupun IELTS, akan menjadi pertimbangan bagi panitia penerima beasiswa Australia Awards Scholarship.

2. Buat Esai Terbaik dan Hadapi Interview dengan Percaya Diri

Salah satu langkah penentu dalam meraih beasiswa Australia Awards Scholarship adalah proses interview dengan pihak penyelenggara. Nantinya kalian pasti diminta juga esai yang berisi latar belakang kenapa kalian memilih Australia sebagai negara tujuan melanjutkan pendidikan, jurusan apa yang dipilih serta alasan dalam memilih jurusan tersebut serta berbagai pertanyaan lainnya.

Jawab pertanyaan dari panitia berdasarkan esai yang telah kalian buat dan tampilkan presentasi kalian dengan percaya diri.

3. Lengkapi Berkas-Berkas Untuk Mendaftar Beasiswa

Poin ketiga ini bisa dibilang merupakan point terpenting untuk dapat lolos meraih beasiswa Australia Awards Scholarship. Kelengkapan berkas administrasi merupakan faktor yang sangat vital agar kalian bisa mendaftar beasiswa ke negara Kanguru tersebut. 

Persiapkan Curriculum Vitae, Ijazah serta transkrip nilai fotokopi Kartu Tanda Penduduk dan juga paspor sebelum mulai untuk melakukan pendaftaran. Jangan sampai ada berkas yang tercecer.

Latih Skill Bahasa Inggris di Kobi Education Agar Lolos Beasiswa Australia Awards Scholarship

Jika merasa skill berbahasa Inggris belum cukup untuk dapat meraih nilai TOEFL dan IELTS tinggi, maka Kobi Education bisa menjadi solusi bagi kalian yang berencana mendaftar beasiswa Australia Awards Scholarship.

Kobi Education merupakan platform pendidikan yang berbasis teknologi dimana dapat membantu para mahasiswa yang berencana mengambil beasiswa ke luar negeri. Ada beberapa program yang ditawarkan oleh Kobi Education dalam membantu kalian yang ingin meraih beasiswa ke luar negeri, diantaranya:
  1. Konsultasi serta mentoring seputar informasi beasiswa ke luar negeri
  2. Layanan proofreader dalam mengecek dan memberi rekomendasi agar esai yang kalian tulis sudah dapat diajukan ke panitia penyelenggara beasiswa luar negeri
  3. Layanan kursus TOEFL ITP agar bisa meraih skor di atas 550
  4. Layanan kursus IELTS Preparation agar bisa mencapai nilai 6,5 ke atas.
Jangan khawatir karena Kobi Education dapat diakses secara online oleh kalian yang ingin bergabung di sana. Layanan live in zoom dapat kalian akses untuk berkonsultasi dengan para mentor di Kobi Education. 

Bagi kalian yang ingin meningkatkan skor TOEFL dan juga IELTS, segeralah bergabung bersama Kobi Education karena disana akan dibimbing oleh para mentor berpengalaman dan juga berkompeten di bidangnya.

Untuk informasi lebih lanjut, nomor Whatsapp Kobi Education di 0878 1471 3445

Salam sukses selalu!
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

1 komentar untuk "Tips Mendapatkan Beasiswa Australia Awards Scholarship"

  1. Untuk anak-anak muda yang sekarang masih SMA kelas 12 atau mahasiswa S1 yang udah mau selesai kuliah bermanfaat banget nih infonya. Saya termasuk penerima beasiswa tapi bukan beasiswa luar negeri. Setelah selesai S2 pengen banget rasanya bisa kuliah lagi ke Turki. Tapi udah gap year banyak banget.

    BalasHapus