Cara Belanja Mingguan Lebih Hemat

 
Cara Belanja Mingguan Lebih Hemat
Sumber Gambar: Pixabay


Mulai dari ibu rumah tangga sampai anak kos, pasti banyak yang mencari cara agar belanja mingguan jauh lebih hemat. Cara belanja mingguan lebih hemat sebenarnya cukup simple dan mungkin telah sering kamu praktekkan. Namun, bagi sebagian orang yang belum tahu, tentu masih kesulitan untuk bisa belanja dengan hemat.

Agar belanja mingguan kamu lebih hemat, salah satu yang bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan promo menggunakan aplikasi belanja online Titipku. Berikut ada beberapa cara lain yang perlu kamu ketahui. 

1. Buat Rencana Masak Mingguan

Cara belanja mingguan lebih hemat yang pertama bisa kamu coba adalah  membuat rencana masak untuk satu minggu. Tentukan apa saja yang ingin kamu masak dalam waktu satu minggu. Nah, agar kamu bisa lebih mudah saat berbelanja, maka catat juga resep masakan yang akan diolah. Dengan cara ini, kamu bisa langsung memeriksa stok bahan masakan yang ada di dapur. Namun, jangan lupa, buatlah menu makanan yang seimbang antara protein dan sayuran. Setelah membuat rencana masak mingguan, tentu kamu bisa lebih mudah menentukan bahan apa saja yang perlu dibeli untuk seminggu itu.

2. Belanja di Pasar Tradisional

Bukan hal yang aneh lagi bahwa belanja di pasar tradisional harganya lebih murah dibandingkan dengan belanja di supermarket besar. Lalu tidak dapat dipungkiri bahwa supermarket besar mengenakan pajak untuk semua barang yang kamu beli. Oleh sebab itu, agar belanja mingguan lebih hemat, ada baiknya kamu membeli kebutuhan mingguan di pasar tradisional terdekat. Selain harganya yang lebih murah, kamu pun memiliki kesempatan untuk menawar harga kepada penjual. Bahkan, jika kamu sudah langganan belanja di suatu toko di pasar tradisional. sering kali kamu akan diberi bonus bahan makanan tambahan, jadi sangat menguntungkan bukan?

3. Tetapkan Budget Belanja Mingguan

Cara yang ketiga ini sangat penting, sebelum kamu belanja, tentukan dahulu berapa budget yang akan kamu keluarkan untuk belanja mingguan kamu. Hal ini dapat membantu kamu untuk disiplin saat belanja dan menghindari membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Hitung berapa harga sembako yang dibutuhkan dalam seminggu dan jumlahkan. Setelahnya pilih apa saja bahan makanan yang akan kamu buat untuk seminggu. Kalau memungkinkan, jangan lupa sisihkan uang kamu untuk membeli buah-buahan.

4. Gunakan Diskon Belanja Online

Belanja mingguan kini dapat juga kamu lakukan dari rumah saja. Kamu bisa memanfaatkan diskon belanja online dari aplikasi belanja online favorit kamu. Sekarang banyak sekali aplikasi belanja online yang menjual kebutuhan harian dengan harga terjangkau. Bahkan, tidak jarang aplikasi belanja online tersebut juga memberikan banyak promo. Biasanya promo diberikan menjelang tanggal gajian, momen lebaran atau peringatan lainnya, serta pada tanggal cantik. Nah, ketika itu kamu sebaiknya memanfaatkan beragam diskon yang diberikan, agar belanja jauh lebih mudah dan bisa hemat tentunya.

5. Bandingkan Harga

Sebelum membeli bahan makanan jangan lupa juga untuk membandingkan harga bahan tersebut dari satu toko dengan toko yang lain. Membandingkan harga ketika belanja offline sangatlah penting, sebab selisih harga Rp. 1000 sampai Rp. 5000 dapat berpengaruh pada total belanjaan kamu. Namun, pastikan kamu membeli barang belanjaan yang dibutuhkan dengan kualita terbaik, meski harganya murah. Nah, saat menemukan toko dengan harga yang murah, kamu dapat berlangganan di sana dan bisa berkesempatan mendapatkan harga spesial.

Nah, sekarang kamu sudah tahu cara belanja mingguan lebih hemat kan? Belanja adalah salah satu kegiatan menyenangkan, namun jika tanpa perencanaan, belanja dapat dilakukan secara impulsif dan akhirnya merusak sistem keuangan Anda. Jadi, sebelum belanja jangan lupa terapkan cara-cara di atas ya.


Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Cara Belanja Mingguan Lebih Hemat"