Peran Pemerintah Dalam Upaya Peningkatan Taraf Hidup dan Kesempatan Kerja Bagi OYPMK

Upaya Peningkatan Taraf Hidup dan Kesempatan Kerja Bagi OYPMK


Tahukah Anda kepanjangan dari OYPMK? Orang Yang Pernah Mengalami Kusta merupakan kepanjangan dari OYPMK. Tentunya mereka para OYPMK dulunya merupakan pasien penderita kusta.

Dahulu, ketika teknologi belum berkembang seperti saat ini, dan masyarakat kita bisa dibilang minim informasi akan penyakit kusta, maka penyakit ini dianggap sebagai penyakit kutukan, sehingga jika ada kerabat atau keluarga yang terkena kusta maka secara otomatis akan dijauhi oleh lingkungan sekitar. Sungguh menyedihkan bukan!

Kusta atau yang biasa disebut dengan lepra,  merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Biasanya bakteri ini menyerang jaringan kulit dan saraf tepi. Tak mustahil, bakteri ini menyerang saluran pernapasan.

Tanda-tanda seseorang terkena kusta, antara lain:
  1. Munculnya lesi atau bercak di kulit
  2. Mati rasa di beberapa anggota tubuh
  3. Kesemutan
  4. Muncul benjolan di wajah dan sekitar telinga.
Seiring berjalannya waktu dan teknologi menyebabkan informasi cepat berkembang, maka informasi positif yang mengedukasi tentang penyakit kusta pun mulai banyak. Tidak ada yang namanya penyakit kutukan, kusta bisa disembuhkan asalkan pasien didukung oleh keluarga paham bagaimana menangani kusta.

Intinya hidup bersih dan sehat dapat meminimalkan timbulnya bakteri, dan tentu saja bakteri Mycobacterium leprae dapat berangsur hilang pada pasien kusta.

Peran Pemerintah sendiri dalam upaya peningkatan taraf hidup bagi Orang yang Pernah Mengalami Kusta sebenarnya sangat banyak, sebut saja salah satunya dengan memberikan keterampilan kepada pasien yang sembuh agar dapat kembali ke masyarakat, dan melakukan pekerjaan yang produktif.

Beruntung sekali saya pada tanggal 27 Juli 2022 lalu diberi kesempatan untuk mengikuti talk show melalui live YouTube, dimana menampilkan 2 orang narasumber yang memaparkan bagaimana seharusnya OYPMK mampu percaya diri setelah sembuh dari sakitnya. 

Berikut rangkuman dari penjelasan yang disampaikan oleh kedua narasumber.

Mahdis Mustafa - OYPMK Berdaya yang Merupakan Karyawan di Salah Satu Perusahaan Swasta di Sulawesi


Di Indonesia sendiri ada banyak pasien yang mengalami kusta dan telah dinyatakan sembuh. Salah satunya adalah Pak Mahdis Mustofa, yang saat ini tinggal di daerah Sulawesi Selatan. Pak Mahdis bisa dibilang termasuk satu dari sekian OYPMK berdaya yang bisa terjun di tengah masyarakat. 

Bersyukur dan beruntung bagi Pak Mahdis yang bisa diterima bekerja sebagai SPV Cleaning Service di PT. Azaretha Hana Megatrading, dimana sebelumnya beliau merupakan OYPMK. 

Walau baru mulai bekerja di bulan Januari 2022 namun Pak Mahdis merupakan satu dari sekian OYPMK yang dipercaya bekerja di salah satu perusahaan, bahkan di level Supervisor. 

Awalnya Pak Mahdis merasa tidak percaya diri setelah menderita penyakit kusta. Namun karena ada support dari keluarga besar hingga akhirnya beliau bangkit dari keterpurukan.

Peran perusahaan pun sangat mendukung agar karyawan yang merupakan OYPMK agar lebih berprestasi bekerja. Perusahaan yang mengapresiasi karyawan OYPMK tentu akan menumbuhkan produktivitas dan rasa giat bekerja yang lebih tinggi lagi.

Kondisi lingkungan kerja yaitu teman kerja yang saling support pun akan menambah rasa percaya diri para karyawan OYPMK.

Agus Suprapto, DRG. M.Kes - Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK RI

Berdasarkan keterangan dari Bapak Agus bahwa Kemenko PMK sudah memfasilitasi seperti obat dan sarana kesehatan untuk para pasien kusta. Hal ini dikarenakan karena kunci dari penyakit kusta adalah kebersihan, sehingga Kementerian PMK sedang berbenah dalam hal pembangunan pemukiman yang lebih sehat untuk mencegah terjadinya kusta. 

Namun yang terpenting juga adalah kesadaran pasien yang mengalami kusta, apakah ingin benar-benar sembuh dan bisa kembali ke masyarakat.

Bapak Agus sendiri menilai bahwa literasi dan edukasi masyarakat adalah hal terpenting agar OYPMK bisa berbaur dalam masyarakat. Tentunya setiap pasien kusta yang telah sembuh harus melanjutkan hidup mereka kembali. 

Hal yang paling penting untuk diperhatikan bagi para pasien yang mengalami kusta justru kehidupan setelah sembuh dari kusta. 

Penutup

Orang Yang Pernah Mengalami Kusta adalah bagian dari masyarakat kita juga. Apabila kita menemukan keberadaan mereka, maka jangan dikucilkan namun terimalah dengan tangan terbuka dan rangkul para OYPMK.

Mari kita dukung dan support kerabat dan teman pernah mengalami kusta di setiap aktivitas mereka. 

Kusta bisa sembuh, dan pasien yang pernah mengalami kusta berhak untuk melanjutkan hidup mereka. 

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk " Peran Pemerintah Dalam Upaya Peningkatan Taraf Hidup dan Kesempatan Kerja Bagi OYPMK"