Gabung di Blibli Seller: Dapatkan Berbagai Kemudahan dan Keunggulan Fitur di Dalamnya

Gabung di Blibli Seller



Siapa sangka pandemi Covid-19 bakal terjadi di dunia, dan Indonesia menjadi salah satu Negara yang terkena imbas pandemi. Jangan tanya berapa jumlah tenaga kerja yang terpaksa dirumahkan karena pandemi, salah satunya suami saya. 
Tahun 2020 lalu tepatnya awal Mei, suami saya yang bekerja di sektor transportasi udara dirumahkan selama kurang lebih 6 bulan dikarenakan adanya peraturan Pemerintah mengenai PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Tentu saja transportasi udara terkena imbas dikarenakan masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan perjalanan jauh untuk sementara waktu demi terhindar dari paparan virus Covid-19 ini.
Mungkin 6 bulan dirumahkan terasa sebentar bagi sebagian orang yang justru di-PHK selamanya karena adanya pandemi ini. Namun bagi saya dan suami tentu saja waktu tersebut cukup lama. Bagaimana tidak, dirumahkan artinya tidak mendapat penghasilan bulanan sementara biaya operasional tetap berjalan, seperti tagihan listrik, tagihan air dan kebutuhan makan sehari-hari.
Sebagai solusi agar kami dapat bertahan dalam memenuhi kebutuhan hidup selama suami dirumahkan, akhirnya tercetus untuk membuka warung sederhana yang menjual sembako untuk tetangga sekitar. Barang yang kami jual diutamakan yang perputarannya cepat seperti beras, mie instant, gula, telur dan minyak goreng.
Kalau ditanya mengapa saya pilih berjualan sembako, karena bahan pangan inilah yang banyak dicari orang dan risikonya kecil dibanding produk lain. Mungkin analisa saya tidak sepenuhnya benar, namun bagi kami yang punya modal terbatas, berjualan sembako merupakan solusi selama suami dirumahkan dan tidak punya pendapatan tetap.
Bersyukur sekali respon tetangga ketika kami membuka warung sembako online sangat diterima dengan baik. Walau masih melayani tetangga sekitar komplek, namun untuk permulaan saya rasa usaha kami berjualan sembako cukup baik.
Beberapa usaha promosi yang saya jalankan ketika memulai berjualan sembako ini antara lain:
  1. Menawarkan produk dagangan ke group WhatsApp Ibu-ibu PKK komplek

Saya tinggal di komplek perumahan cukup lama juga sehingga sudah banyak mengenal beberapa tetangga dari berbagai Rukun Tetangga. Hal ini tidak saya sia-siakan dalam upaya memperkenalkan usaha baru warung sembako.

Karena saya bergabung di grup WhatsApp Ibu-ibu PKK dimana dalam grup tersebut memperbolehkan anggotanya untuk melakukan promosi usaha, maka saya pun memberanikan diri promo kalau memiliki usaha jual sembako dan sistemnya gratis antar selama masih di dalam komplek perumahan.

Meski awal yang membeli sembako masih dalam jumlah kecil, namun lama-kelamaan ada beberapa tetangga yang rutin membeli sembako di warung kami. Usaha yang kami rintis ini memang bukan usaha yang besar, namun kami berusaha untuk komit dan konsisten menjalankannya berapapun nominal yang diterima. Yang terpenting saat itu kami berusaha melakukan branding kalau di rumah membuka warung sembako.

  1. Membuat brosur dan menyebarkannya ke komplek perumahan sendiri dan beberapa komplek perumahan terdekat


Jadi saya punya ide, kalau warung sembako ini tidak hanya terfokus pada komplek perumahan kami. Beruntung, saya memiliki teman yang tinggalnya di komplek perumahan sebelah. Saya pun titip teman melalui broadcast pesan melalui WhatsApp Group ibu-ibu PKK dan ternyata respon para ibu cukup bagus sekali. 

Banyak dari ibu-ibu PKK yang tinggal di komplek sebelah pun memesan sembako di warung kami. Selain itu juga suami punya ide untuk membuat brosur dan membagi-bagikan di perumahan sekitar. Akhirnya kami berdua pun setiap malam jalan mengelilingi beberapa komplek perumahan sekitar untuk membagi brosur. Walau tidak semua orang merespon brosur yang kami sebar, namun setidaknya bisa mereka simpan dan pergunakan apabila membutuhkan.


  1. Jualan Online dan Bergabung Menjadi Blibli Seller


Karena ingin lebih mengembangkan usaha berjualan sembakonya, suami pun memiliki ide untuk membuka toko online juga di marketplace. Setelah mempertimbangkan akhirnya suami memilih bergabung menjadi Blibli Seller untuk memasarkan aneka barang kebutuhan bulanan yang kami jual. Blibli menawarkan langkah mudah jualan online sehingga suami pun tertarik untuk membuka toko online sembako di aplikasi tersebut.

Singkat kata berkenalanlah kami dengan Blibli Seller dan bersyukur sekali sampai sekarang kami masih setia menjual bahan kebutuhan pokok di Blibli walau suami sudah normal bekerja kembali. 

Keunggulan Serta Kemudahan Fitur di Aplikasi Blibli Seller
Di era pandemi saat ini, beruntung sekali kita diberi kemudahan melakukan berbagai aktivitas dari rumah. Sebagai seller, saya mendapat banyak kemudahan dalam berjualan online di Blibli. Cukup menginstall aplikasi Blibli Seller melalui smartphone yang saya miliki, lalu upload barang-barang yang akan kita jual.

Cara menjadi member Blibli Seller pun sangat mudah sekali, yaitu:

  1. Buka toko di Blibli melalui link ini https://blib.li/BL10

  2. Gunakan email Anda yang aktif untuk melakukan proses registrasi menjadi Blibli Seller.

  3. Buat kata sandi yang mudah diingat
  4. Masukkan nomor handphone yang selalu aktif
  5. Masukkan nama toko yang hendak Anda daftarkan
  6. Klik tombol daftar
Setelah itu, akun Blibli Seller Anda telah aktif dan dapat digunakan untuk berjualan di marketplace Blibli. Mudah bukan! Anda tidak perlu ke luar rumah, cukup aktifkan data pada smartphone dan lakukan registrasi Blibli Seller dari rumah.

Beberapa keunggulan ketika kita jualan di Blibli dengan menjadi Blibli Seller antara lain:

  1. Dimodalin promosi hingga 5,4 juta untuk seller baru
  2. Gratis ongkir tanpa biaya tambahan 
  3. Gratis pengiriman produk ke seluruh Indonesia
  4. Mendapat jaminan asuransi produk hingga 100%
  5. Tidak dibebankannya uang deposit seperti yang mungkin disyaratkan oleh marketplace lain.
  6. Tersedia Seller Care yang selalu aktif setiap hari apabila Anda ingin melakukan komplain.

Hal Wajib yang Harus Dilakukan Ketika Berjualan di Blibli
Walaupun kita sudah bergabung sebagai Blibli Seller dan banyak keuntungan yang didapat ketika menjual produk di Blibli, namun sebagai penjual harus memperhatikan kondisi toko online milik kita, agar banyak dilirik oleh konsumen. Jika bisa, toko online kita di Blibli mendatangkan omzet yang sangat tinggi.

Beberapa hal yang perlu kita lakukan ketika memiliki toko di Blibli antara lain:

  1. Membuat tampilan toko sebagus mungkin dengan foto produk yang jelas

Sama halnya dengan toko offline dimana seluruh produk akan dipajang di etalase yang kita miliki. Di Blibli, toko kita juga akan dilihat oleh jutaan orang pengguna marketplace untuk mencari barang yang mereka butuhkan. Sebagai pemilik toko, kita tidak ingin barang-barang yang dijual berantakan tanpa pengaturan yang baik.
Nah, salah satu strategi meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan pengambilan gambar produk sebaik mungkin agar menarik minat pembeli untuk check out barang dari toko online kita di Blibli donk.
Saya dan suami berusaha agar tampilan toko kami menarik dengan cara melakukan photoshoot sederhana untuk beberapa produk sembako. Pengambilan gambar diusahakan seterang mungkin dan tidak blur. Dari mata biasanya kan turun ke hati. Dengan melihat gambar produk yang bagus, maka diharapkan konsumen pun tertarik untuk membelinya.
  1. Menyertakan keterangan lengkap di setiap produk yang dijual

Saya pernah salah memasukkan keterangan produk barang yang dijual di Blibli. Tentu saja konsumen kecewa ketika barang yang datang tidak sesuai dengan spesifikasi yang saya tulis di katalog barang yang ada di Blibli.
Walau tak sampai mengajukan retur, namun bagaimana perasaan seller atas kelalaiannya jika salah menulis spesifikasi produk yang dijual dan sudah sampai ke tangan konsumen. Jika konsumen sudah kecewa maka bisa jadi tidak mau membeli di toko Anda.
Keterangan lengkap di produk sembako meliputi, berat, harga dan juga jenis produk sudah seharusnya Anda tulis dengan detail. Contoh, jangan salah menulis kecap manis dengan kecap asin. Dengan spesifikasi produk yang lengkap dan benar tentu memudahkan konsumen membeli barang di Blibli. 

  1. Mengecek secara berkala ketersediaan stok barang

Kita tidak ingin mengecewakan pembeli tentunya disebabkan oleh kosongnya stok barang yang dijual. Beberapa kali saya lupa mengecek ketersediaan barang sehingga orderan pembeli pun harus saya batalkan. Duh, rezeki kok ditolak sih! Apalagi itu adalah kelalaian kita sebagai pemilik toko online.
Usahakan Anda sebagai Blibli Seller untuk selalu aware terhadap barang-barang dagangan. Walaupun mungkin toko Anda belum terlalu ramai, tidak ada salahnya kan untuk rutin cek ketersediaan barang. Hal ini bertujuan agar ketika ada konsumen yang ingin membeli tidak kecewa karena ternyata barangnya kosong. Dikuatirkan konsumen itu akan melirik toko online lainnya dan performa toko Anda bisa turun donk lama kelamaan jika terlalu sering kosong stok produknya.

Mudahnya Kelola Akun Blibli Seller Anda

Menjadi member Blibli Seller sangat mudah sekali. Anda bisa lihat beberapa menu yang bisa jadi panduan untuk jualan online. Anda pun bisa mempelajari sendiri beberapa menu yang disediakan di aplikasi Blibli Seller tanpa harus bertanya kepada orang lain.
Ada banyak menu yang disediakan di dalam aplikasi, misalnya saja:
  1. Diskusi Produk

Konsumen dapat bertanya kepada penjual Blibli apakah barang yang dijual ready atau tidak. Sebenarnya stok barang dapat dilihat di aplikasi Blibli, namun sebagian konsumen merasa lebih yakin apabila melakukan chat atau diskusi terlebih dahulu sebelum membeli.
Untuk produk sembako yang saya jual, biasanya pembeli akan bertanya expired date dari produk sembako yang dijual. Tentu saja pertanyaan mengenai expired data ini wajar jika konsumen membeli produk makanan dan minuman. Dan kita sebagai penjual di toko online harus jujur dalam memberikan jawaban. 
  1. Performa Toko

Tentunya ketika memutuskan membuka toko online di Blibli, ada harapan yang ingin kita raih. Misalnya saja toko online kita menjadi laris dan sering dicari oleh banyak pengguna aplikasi Blibli.
Dengan rutin melihat performa toko, kita bisa menyusun strategi meningkatkan penjualan di bulan depan misalnya. Dalam performa seller akan terlihat berapa rating seller dan ulasan positif dari pembeli yang sudah melakukan transaksi di toko kita. Memasang iklan di Blibli dengan Bliklan agar produk kita berada di pencarian terdepan merupakan salah satu solusi yang efektif dalam meningkatkan penjualan.
  1. Seller Care

Jika orderan yang Anda kirim belum juga sampai ke alamat pembeli, maka tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan Blibli selalu siap setiap hari menjawab permasalahan Blibli Sellernya melalui Seller Care.
Anda dapat dengan mudah terhubung dengan layanan seller care. Saat ini layanan seller care bisa dihubungi via telepon, email, WhatsApp maupun Chat di aplikasi. Di aplikasi Blibli Seller Anda bisa pilih menu Seller Care untuk menyampaikan keluhan seputar barang yang sudah dikirim ke pembeli atau keluhan lainnya yang berhubungan dengan Blibli Seller.
  1. Pusat Edukasi Berupa Pemberian Training dan E-learning


Menjadi bagian dari Blibli Seller itu bagi saya dan suami merupakan suatu anugerah karena kami juga mendapat banyak wawasan serta ilmu di dalamnya. Misalnya saja ketika Ramadhan kali ini, Blibli memberikan artikel mengenai produk apa saja yang akan meningkat penjualannya di bulan puasa ini. Salah satunya adalah usaha pakaian atau bisnis fashion. Hal ini dimaksudkan agar para seller yang kebetulan memiliki usaha di bidang fashion bisa bergabung menjadi Blibli Seller dan berkesempatan untuk bisa meningkatkan omset usaha.

  1. Menu Untuk Upload Produk


Di menu produk, Anda bisa menambahkan produk baru yang ingin dijual. Produk dengan stok kosong juga dapat Anda beri keterangan bahwa produk tersebut sedang tidak dapat dibeli. Masukkan jumlah stok yang tersedia, agar konsumen lebih mudah ketika ingin membeli produk lebih dari satu.

Penutup
Kita sekarang hidup di mana segala sesuatu dapat dikelola secara online. Bahkan berbelanja kebutuhan bulanan untuk dapur saja bisa dilakukan secara online tanpa keluar rumah. Maka dari itu, bagi Anda yang sama dengan saya, yaitu saat ini sedang berjualan sembako, manfaatkan kemudahan teknologi dengan mencoba jualan online juga. Tentu saja warung sembako di rumah tetap ada namun diperluas juga dengan toko online.
Jualan di Blibli mungkin tidak pernah terbersit di benak Anda, namun tak ada salahnya mencoba. Saya sudah berbagi pengalaman pribadi dengan buka toko di Blibli. Tunggu apa lagi, yuk daftar sebagai Blibli Seller sekarang juga dan dapatkan berbagai benefit!
Untuk informasi lainnya seputar Blibli Seller, Anda bisa mengunjungi sekaligus follow akun Instagram dan juga akun Tiktoknya @blibliseller.

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

3 komentar untuk "Gabung di Blibli Seller: Dapatkan Berbagai Kemudahan dan Keunggulan Fitur di Dalamnya"

  1. Wah banyak keuntungan jadi seller di Blibli ya mbak. Noted, aku prepare pengen daftar

    BalasHapus
  2. keren ini Blibli ya bisa bikin toko online untuk kembangkan bisnis bagi wirasuaaha pemula

    BalasHapus
  3. Bibli media belanja online semakin mudah buat masa digital. Praktis dan memudahkan.

    BalasHapus