Cara Mencintai Diri Sendiri Melalui Kesadaran Finansial

Cara Mencintai Diri Sendiri


Menjadi seorang perempuan merupakan anugerah terhebat yang pernah kita miliki dalam hidup ini. Bayangkan, perempuan bisa melakukan tugas dan tanggung jawab yang mungkin bisa lebih dari satu jika dikalkulasikan. Perempuan bukan hanya dapat menjadi seorang anak, namun dia juga bisa menjadi seorang istri, ibu bahkan pekerja yang luar biasa.

Namun dengan berbagai profesi yang melekat dalam diri perempuan, tetaplah mereka tidak boleh melupakan diri sendiri. 

Pada tanggal 21 April 2022 saya mendapatkan kesempatan kembali untuk menyegarkan wawasan dan mendapat banyak insight positif dari talkshow yang diseleranggarakan oleh FWD Insurance bekerja sama dengan HIIP.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap tanggal 21 April, bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini, dimana Kartini melambangkan emansipasi wanita dan menunjukkan bahwa wanita bisa berdiri dengan kekuatan sendiri.

Adapun tema dari talkshow yang dilaksanakan secara online itu adalah Pentingnya Self Love, Self-care Tanpa Harus Boros. Kalau sudah pembahasannya mengenai self love memang menarik sepertinya, karena kita hidup di era yang sangat membutuhkan perhatian pada diri sendiri, di tengah kesibukan dan padatnya kegiatan sehari-hari.

Talkshow ini diisi oleh narasumber yang menurut saya berkompeten di bidangnya yaitu:

  1. Muara Makarim, praktisi Psikologi
  2. Mada Aryanugraha, seorang Financial Consultant

Bahwa mencintai diri sendiri itu erat keitannya ternyata dengan kesadaran financial seseorang. Lho kok bisa? Baiklah, akan saya jabarkan dalam artikel berikut yang mungkin bisa menjadi referensi bagi para perempuan Indonesia ketika hendak menyusun rencana keuangan demi hidup dan masa depan yang lebih baik.

Berikut Insight yang saya dapat dari dua orang narasumber dalam membuka wawasan untuk lebih mencintai diri sendiri dengan melakukan perencanaan keuangan.

Dari Muara Makarim Kita Belajar Melihat Potensi Diri Sendiri


Memang benar di beberapa nasihat yang saya baca di media social bahwa kebahagian itu kita yang menciptakan. Kebahagiaan bergantung pada diri kita sendiri. Sebaiknya setiap hari kita menuliskan di buku khusus yang berisi gratitude list pada diri sendiri. Beberapa contoh daftar gratitude list yang dapat diterapkan dalam hidup sehari-hari antara lain:
  • Bersyukur pada diri sendiri
Rasa syukur itu walau sekecil apapun namun apabila kita bisa menghargainya maka dapat menciptakan kebahagiaan. Bersyukur tidak hanya karena Anda baru saja mendapatkan hadiah misalnya.

Rasa syukur dapat Anda ucapkan dalam hati sesederhana mungkin, misalnya saja dengan mengafirmasi diri bahwa Anda termasuk orang baik yang selalu mempermudah urusan orang lain. Dengan berbuat baik kepada orang lain, maka dampaknya adalah akan membahagiakan hati Anda.
  • Buatlah Goal atau tujuan hidup minimal 1 setiap hari dan tambahkan goal lainnya. 
Jangan jadikan hal tersebut sebagai beban dalam hidup Anda, sehingga ciptakan goal yang memang sudah lama Anda targetkan. Mulailah dari goal sederhana terlebih dahulu sampai Anda memiliki sebuah tujuan hidup yang besar ingin direalisasikan.
  • Lawan apa yang menjadi musuh terbesar dalam diri kita dengan melakukan hal yang tidak disukai setiap harinya. 
Hal yang tidak kita sukai tentu saja hanya diri sendiri yang tahu. Saya ambil contoh misalnya Anda merupakan seseorang yang tidak percaya diri untuk berbicara di hadapan publik, maka berlatihlah berbicara setiap hari seolah-olah Anda sedang berhadapan dengan banyak audiens.

Jika Anda takut akan ketinggian, maka cara untuk melawannya adalah dengan terus menerus berlatih berada di ketinggian dan yakin suatu ketika Anda bisa mengalahkan rasa takut itu.
  • Lakukan hal-hal di atas dari hati yang terdalam.
Niat merupakan satu hal yang terpenting ketika hendak menciptakan suatu tujuan dalam hidup. Namun niat saja tanpa usaha juga akan sia-sia. Maka jalan terbaik adalah menyeimbangkan antara niat dan juga usaha yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan hidup.

Mada Aryanugraha Mengajarkan Jangan Boros Hanya Untuk Mencintai Diri Sendiri

Menurut Mada Aryanugraha, terkadang ada sebagian orang yang ingin membahagiakan diri sendiri namun dengan cara yang kurang tepat. Contohnya saja seseorang merasa dia akan lebih bahagia apabila bisa membeli tas branded edisi terbatas yang harganya sangat mahal.

Mungkin setelah membeli barang mahal tersebut, akan member kepuasan batin tersendiri. Namun apakah wajib hukumnya mencintai diri sendiri dengan cara membeli barang-barang mahal? Rasanya tidak juga.

Self care tidak harus identik dengan gaya hidup boros kok. Hal ini dikarenakan ada skala prioritas yang harus Anda lakukan dalam hidup ini. Jangan karena ingin membahagiakan diri sendiri, lantas kita abai terhadap pengaturan keuangan.

Sebagai perempuan cerdas yang memiliki penghasilan, kita harus mengamankan uang hasil jerih payah selama ini dan sebisa mungkin tidak terlalu mengutamakan kenyamanan dibandingkan keamanan. Rasa nyaman itu wajib didapat untuk meraih self love, namun pilihlah rasa nyaman yang sewajarnya.

Salah satu cara mengamankan keuangan kita adalah dengan memiliki dana darurat melalui asuransi. Anda pun bisa memilih program asuransi yang sekiranya bermanfaat, apakah asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa, sesuai kebutuhan dan prioritas.

Penutup

Self love merupakan isu yang penting dibicarakan saat ini di masyarakat. Hal ini tentu saja untuk menghindari masalah kesehatan mental yang mungkin dialami sebagian masyarakat utamanya yang tinggal di perkotaan. Jangan buat pembenaran dengan mengeluarkan budget berlebih hanya karena ingin mencintai diri sendiri.

Jangan ikuti gaya hidup dan pengaruh lingkungan sekitar demi terlihat mampu sementara Anda belum mampu mengatur keuangan dengan benar. Wujudkan self love tanpa perlu boros.

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Cara Mencintai Diri Sendiri Melalui Kesadaran Finansial"