Bertahan Hidup: Sumber Inspirasi Dari Serial The Walking Dead

 
Bertahan Hidup
Source : cnnindonesia.com

Pernahkah kalian menonton film The Walking Dead? Jika pernah, maka kita satu server karena saya pernah ngefans banget sama semua karakter tokoh utama di serial ini. Saya sendiri sudah tidak tahu apakah serial The Walking Dead masih ada seasons berikutnya. Terakhir saya menonton ketika seasons 8 ya kalau tidak salah. Saya memutuskan berhenti menontonnya dikarenakan jalan cerita sudah melebar kemana-mana dan sudah tidak fokus lagi ke pemeran utamanya.

Baiklah, saya ingin bercerita sedikit mengenai serial The Walking Dead dimana tokoh utamanya adalah seorang sherif yang bernama Rick Grimmes. Negara Rick sedang tidak baik-baik saja manakala muncul wabah zombie yang menghancurkan seluruh sendi kehidupan. 

Zombie menghantui para manusia yang tersisa dimana berusaha menyelamatkan diri masing-masing karena jika tergigit zombie berpotensi menjadi zombie juga kecuali dibunuh oleh manusia lain dan itupun harus mengenai kepala agar tidak hidup sebagai zombie lagi.

Rick yang seorang sherif tentu berjiwa pemberani dan penuh analisa dalam melakukan setiap tindakan. Setelah tersadar dari koma akibat penembakan, Rick mendapati dunia telah berubah akibat wabah zombie. Disinilah alur cerita mulai terjadi.

Saya tidak ingin panjang lebar bercerita mengenai serial The Walking Dead ini, melainkan hanya menitik beratkan pada beberapa point yang diceritakan dalam serial ini, antara lain:
  1. Akibat wabah zombie, banyak keluarga harus tercerai berai saling menyelamatkan diri.
  2. Terbentuklah beberapa kelompok manusia satu dengan kelompok lainnya demi usaha mempertahankan hidup mereka.
  3. Banyaknya kerusakan fasilitas umum akibat jumlah zombie yang semakin banyak dan menyerang suatu wilayah
  4. Bekurangnya makanan, obat-obatan dan kebutuhan pokok manusia lainnya akibat semua orang saling menyelamatkan diri dan mencari tempat aman dari terkaman para zombie.

Karakter yang Patut Diteladani Dari Para Tokoh Serial The Walking Dead

Kalau orang lain bertanya, mengapa sih harus The Walking Dead yang menjadi tontonan inspiratif bagi saya? Mengapa bukan tontonan lain yang lebih manusiawi, tidak menunjukkan adegan kekerasan dalam setiap episodenya, maka jawaban saya adalah karena saya menyukai setiap karakter tokoh yang diperankan dalam serial The Walking Dead.

Mau tahu siapa saya karakter beserta image yang melekat pada diri mereka di serial ini? Berikut para tokoh dengan image terbaiknya menurut hemat saya:
  1. Rick Grimmes yang merupakan ayah sekaligus suami dengan predikat family man. Rick sangat mencintai anak dan istri serta rela mati untuk keduanya. Selain itu, jiwa kepemimpinan Rick sangat tinggi dibanding anggota lain di kelompoknya sehingga Rick lebih disegani dan setiap keputusannya selalu mendapat respon positif.
  2. Darryl, lelaki yang tak pernah banyak omong namun solidaritasnya ditunjukkan dengan tindakan dengan menolong sesama anggota kelompoknya. Seorang darryl dengan tabiat buruk dan terindikasi bisa membunuh teman dalam kelompoknya ternyata bisa berubah menjadi Darryl yang baik hati dan sigap menolong teman-temannya.
  3. Maggie si wanita pemberani yang selalu kuat dan memberi semangat kepada adik-adiknya yang cenderung lemah menghadapi wabah zombie. Walau di akhir seasons, seorang Maggie sempat hancur hatinya dikarenakan suami tercinta yaitu Glenn harus tewas terbunuh oleh musuh yang sama-sama manusia juga.
  4. Glenn, si pria Asia yang selalu menunjukkan solidaritasnya dan di balik kelembutan hatinya, seorang Glenn juga bisa tegas dan mampu memimpin beberapa teman dalam kelompoknya untuk bertarung melawan zombie
  5. Carol, si ibu rumah tangga yang berubah watak dari seorang penakut dan lemah menjadi seorang pemberani dikarenakan anaknya tewas digigit zombie. Carol hidup sebatang kara semenjak suami dan anak tewas digigit zombie dan dia menjadi wanita yang pemberani setelah bertemu dengan keempat orang di atas yang telah saya ceritakan.
Saya sering berulang kali menonton serial The Walking Dead ini, khususnya pada episode yang saya sukai yaitu pada adegan-adegan yang menantang maut melawan zombie. Ada banyak pesan moral yang bisa dipetik ketika menonton serial The Walking Dead, antara lain:
  • Kita harus dapat bertahan hidup di segala situasi dan kondisi
Saat ini saja kita sudah dipusingkan dengan pandemi Covid-19 yang menimbulkan banyak korban meninggal dunia. Lalu saya teringat dengan serial ini dimana manusia harus melawan makhluk asing dan memiliki keberanian untuk bertarung.

Bertahan hidup dari serangan zombie adalah suatu kemutlakan, namun betapa ironisnya manusia saat ini disuruh berdiam diri di rumah saja tidak membuat kerumunan mengapa susahnya minta ampun.
  • Karakter maupun watak seseorang bisa berubah dalam kondisi terjepit.
Seorang Carol yang tadinya hanya bisa menggunakan pisau untuk memotong sayuran di dapur, yang sangat takut kepada suaminya yang temperamental tiba-tiba harus dipaksa kuat manakala harus menyelamatkan diri dari serangan zombie.

Sungguh seseorang bisa mengubah karakternya apabila ada sesuatu hal yang mengancam keberadaannya. 
  • Musuhmu bisa menjadi kawan, sebaliknya kawan pun bisa menjadi musuh.
Di serial The Walking Dead, tiap individu harus membentuk kelompok apabila ingin selamat dari serangan zombie. Jika ingin berjalan sendirian pun tak masalah, namun jangan harap ia akan memiliki umur panjang karena tak ada kawan yang melindunginya.

Dari serial ini kita bisa belajar bahwa kawan bisa berubah menjadi lawan yaitu terlihat dengan jelas manakala kakak laki-laki Darryl yang bernama Merle bersekutu dengan kelompok lain yang ingin menjatuhkan kelompok Rick. Tentu saja ada kebimbangan dalam hati Darryl, di satu sisi Rick adalah kelompoknya namun di sisi lain Merle merupakan kakak kandungan.

Penutup

Serial The Walking Dead ini diperuntukkan untuk orang dewasa saja dan mungkin banyak adegan kekerasan namun untuk saya pribadi tidak melihat dari segi kekerasannya saja. Mungkin masih banyak film atau serial lainnya yang lebih dominan mengeksploitasi adegan kekerasan namun serial The Walking Dead tidak setiap episode berisi mengenai pertarungan dengan zombie. Ada saatnya juga ditampilkan adegan drama dan peliknya suatu hubungan.



Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Bertahan Hidup: Sumber Inspirasi Dari Serial The Walking Dead"