Mengenali Bakat Terpendam Ibu Rumah Tangga


Bakat Terpendam Ibu Rumah Tangga



Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti Anda tidak punya keistimewaan. Justru profesi ibu rumah tangga itu merupakan profesi paling istimewa menurut saya di dunia ini. Karena bisa mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu tanpa mengenal lelah dan juga disertai dengan kewajiban mengurus anak bahkan menjadi guru di rumah bagi mereka.

Pada tulisan kali ini saya ingin mengangkat tema mengenai bakat terpendam para ibu rumah tangga yang memang harus ditemukan mulai dari sekarang. Saya memiliki cerita singkat mengenai para istri dari rekan kerja yang seperti sayang sekali mereka kurang memanfaatkan waktu luang sebagai ibu rumah tangga.

Singkat cerita saya sering mendapat keluhan dari beberapa rekan kerja yang merasa ketika pertengahan bulan selalu kehabisan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sementara sumber penghasilan mereka hanya dari satu sumber yaitu nafkah suami.

Saya sangat mengenal para rekan kerja saya yang 100% adalah laki-laki semua karena di kantor pekerjaan teknisi merupakan posisi dominan. Selain mengenal rekan kerja, saya juga mengenal para istri dan anak-anak mereka. Sudah menjadi kebiasaan saya untuk mendekatkan diri dengan keluarga rekan kerja agar ketika terjadi sesuatu, saya mudah untuk mengetahui keberadaan mereka, wkwkwkw.

80 Persen istri dari teman-teman kerja saya merupakan ibu rumah tangga. Saya maklum karena mereka memiliki anak-anak yang masih kecil dan butuh perhatian sedangkan untuk menggaji asisten rumah tangga mereka tidak memiliki budget berlebih.

Bagi saya profesi ibu rumah tangga menduduki posisi teratas karena tanpa kehadiran mereka di rumah, tentu kondisi suami beserta anak-anaknya akan amburadul. Istri yang menyiapkan keperluan suami ketika bekerja, menyiapkan makan seluruh anggota keluarga, membuat rumah tetap bersih dengan melakukan rutinitas harian beberes rumah.

Namun tentu di balik kesibukan para istri di rumah, tentu mereka memiliki waktu luang donk. Ketika anak pergi sekolah, suami sudah berangkat kerja atau si bayi tertidur lelap mungkin ibu rumah tangga bisa mengambil nafas sejenak untuk beristirahat dan melakukan me time mereka.

Baiklah, kembali ke tema yang ingin saya bahas adalah bagaimana mengenai bakat terpendam ibu rumah tangga dalam upaya membantu mendapatkan penghasilan tambahan di keluarga. Saya sedikit banyak menganalisa kehidupan dari rekan-rekan kerja saya dan hanya satu orang istri yang memiliki penghasilan sampingan dengan membuka toko di marketplace seperti di Shopee. Dan saya dengar usaha toko online istri dari rekan kerja tersebut cukup menghasilkan sampai mereka bisa mulai mencicil membeli mobil. Amazing kan!

Bakat Terpendam Ibu Rumah Tangga Dalam Upaya Menghasilkan Uang

Sejatinya bakat itu bisa digali lho, moms. Bakat tidak terlahir sejak di dalam kandungan. Orang yang bisa menulis belum tentu ketika kecilnya dia senang menulis. Nah, untuk kalian para ibu rumah tangga yang belum menemukan bakat terpendam dalam upaya membantu para suami mendapat penghasilan, ada baiknya melakukan hal berikut:
  1. Banyak melihat kondisi yang sedang ngetrend saat ini dan mulai mempelajarinya. 
  2. Tidak menutup diri dari perkembangan media sosial yang beredar. Tentu saja penggunaan media sosia harus sebijak mungkin ya Moms.
  3. Membuka pergaulan dengan mengikuti komunitas yang ada. Cara ini pasti butuh proses namun tidak perlu kuatir karena perkembangan teknologi memudahkan kita menemukan komunitas yang sesuai dengan passion.
Lalu, pekerjaan sambilan apa sih yang cocok untuk full time mommy? Tentu banyak donk moms, jangan terpaku pada satu hal karena nanti tidak bisa berkembang. Berikut saya ingin menjabarkan beberapa usaha yang bisa dilakukan moms untuk menambah penghasilan, diantaranya:
  • Membuka dan menerima pesanan catering 
Punya usaha katering bukan berarti harus pintar memasak lho ya. Kalau punya modal lebih bisa kok menggaji orang lain sebagai kokinya dan kita ibu rumah tangga berada di bagian marketing saja. Bagi yang kebetulan belum ada modal, maka bisa mempelajari berbagai menu masakan melalui kanal Youtube misalnya dan mulai praktik masak untuk seluruh anggota rumah misalnya.
  • Menulis
Nah, kalau kegiatan yg satu ini mungkin bagi sebagian ibu rumah tangga bisa jadi ada yang menganggap pesimis nih, merasa dirinya tidak bisa dan segala kendala lainnya. Namun ternyata menulis itu tidak sulit kok asal kita mau berlatih konsisten. Ohya, menulis disini bukan sekadar menulis di buku pengeluaran hari ini beli cabe berapa kilo yah, wkwkwk.

Menulis yang saya maksudkan adalah kegiatan produktif dalam rangka menambah penghasilan. Tenang, tak perlu buru-buru menulis hanya untuk meraih  penghasilan. Semua butuh proses tak terkecuali menulis.

Menulis yang menghasilkan misalnya menulis buku baik itu solo maupun antologi lalu berhasil menjualnya di pasaran dan juga menulis di blog mengenai review berbagai macam produk. 
  • Membuat handycraft
Handycraft ini diproduksi apabila ada orang yang sedang punya gawe manten. Nah, tetangga mertua saya memiliki anak dan menantu yang jago bikin handycraft dan pesanannya sudah meluas sampai ke luar Sidoarjo. Yah memang pesanan tidak selalu ada namun biasanya pada bulan-bulan tertentu, tapi kan lumayan untuk pengisi waktu luang sembari mengasuh anak. 

Seseorang tanpa bakat memasak belum tentu tidak bisa menjual makanan. Semua bisa dipelajari, apalagi sekarang ada kanal media sosial Youtube yang bisa Moms pelajari dan ambil ilmunya dalam hal masak memasak.

Saya ingin bercerita mengenai teman yang yang sukanya trial and error masak makanan untuk seisi rumah. Berawal dari trial and error itu, akhirnya teman saya sekarang punya usaha katering kecil-kecilan lho di rumahnya sambil momong anaknya. Hebat kan! Walau nampak sederhana namun apabila ditekuni hasilnya bisa memuaskan kok.

Penutup

Bahwa setiap individu bisa menemukan bakat dari dalam dirinya. Semua bukan dari faktor keturunan namun bisa digali lebih dalam apabila Anda mau dan bertekad untuk menjadi pribadi yang produktif.
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Mengenali Bakat Terpendam Ibu Rumah Tangga"