Berbagi Hikmah Melalui Blog

 

Berbagi Hikmah


Berbagi tidak selamanya dalam konteks uang atau barang. Berbagi bisa dengan cerita yang dapat kita petik hikmahnya agar suatu ketika kita bisa menerapkan dalam hidup atau bahkan menjauhi hal tercela dari cerita tersebut.

Saya sendiri sebenarnya bingung juga kalau ditanya apa motivasi terbesar ngeblog. Yang pasti saya tidak ingin kesepian di saat tua nanti apabila memang ditakdirkan tidak punya keturunan. Yah, satu-satunya cara agak tidak kesepian denga menulis.

Selama dua tahun menulis memang bisa menyebabkan saya sampai lupa waktu namun disitulah letak keasyikannya. Akhirnya pikiran akan kekhawatiran dalam menjalani hidup pun hilang dan bisa lebih semangat lagi menjalani hidup denga seabrek aktivitas lainnya.

Sebagai manusia tentu kita tak lepas dari kehawatiran dalam hidup, entah perasaan insecure atau segala jenis overthingking lainnya. Wajar aja sih ya, sebab kita manusia bukan robot yang punya pikiran, emosi dan juga hati.

Dengan menulis ternyata saya mampu berjam-jam melupakan segal bentuk overthinking dan justru produktif menghasilkan karya entah itu sekadar menulis organik maupun postingan berbayar.

Beberapa manfaat yang saya rasakan ketika mulai menulis blog dari sejak September 2019 sampai sekarang antara lain:
  1. Sebagai sarana mencari kesibukan
  2. Berbagi informasi kepada pembaca yang membaca blog saya akan artikel yang bermanfaat seperti misalnya kuliner dan beberapa review produk skin care
  3. Berbagi hikmah atas berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar saya yang diolah menjadi jalan cerita yang bisa diambil pelajarannya oleh para pembaca.
Point nomor 3 sebenarnya pernah saya tulis di blog pertama saya yaitu Mariatanjungmenulis dimana pernah bercerita mengenai rekan kerja yang disamarkan namanya bahwa di usia yang masih belia dan bujang, sayang sekali jika waktunya disia-siakan dengan melakukan aktivitas yang kurang bermanfaat seperti cangkruk di warkop dan uang gajinya pun terlalu dihamburkan untuk hal-hal yang mudharat. 

Terakhir teman yang saya ceritakan ini di tahun 2021 sempat dinyatakan positif Covid-19 sehingga membuatnya sudah tidak pernah cangkruk di warkop lagi karena bisa jadi positifnya dia berasal dari warkop tempatnya berkerumun orang banyak tanpa prokes yang ketat.

Saya ingin mengajak pembaca blog untuk berbagi hikmah dengan cerita-cerita yang saya tulis karena biasanya objek tulisan tidak jauh dari kerabat atau teman dengan tentu tidak perlu disebutkan identitas lengkapnya.

Bukan bermaksud mengumbar aib dari sosok individu yang kisah hidupnya ditulis dalam blog ini namun saya hanya ingin mengajak pembaca membuka mata selebar-lebarnya bahwa banyak peristiwa yang bisa dijadikan hikmah dan diambil pelajaran hidup agar ke depannya tidak salah dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan rencana masa depan.

Maka dari itu mengapa saya selalu menyebutkan dengan nama si fulan atau fulanah agar identitasnya tidak terungkap. Cukup kita tahu persoalan hidupnya untuk diambil hikmah. Jika positif maka kita akan meneladani kisah hidupnya namun jika kurang baik maka tak perlu dicontoh.


Kesimpulan

Blog yang kita miliki punya banyak manfaat positif apabila mau dikembangkan oleh pemiliknya. Semua tergantung niat saja, tidak ada yang salah atau benar. Yang ada hanyalah sudut pandang dari si pemilik tentang bagaimana menyikapi keberadaan blog tersebut.

Saya pribadi ingin sekali ketika sudah tidak ada di dunia kelak, blog ini bisa terus hidup di hati pembaca. Mungkin akan saya wariskan blog ini kepada salah satu dari keponakan yang memiliki minat pada dunia literasi. Jika pewaris blog saya tidak ada kecenderungan minat pada literasi maka bisa jadi blog ini akan mati suri karena tidak dirawat.

Saya pun menyadari bahwa keempat blog yang saya miliki sudah menghasilkan uang semua. Namun perlu diingat bahwa segala sesuatu di dunia tidak semata-mata berhubungan dengan materi atau harta, hingga alangkah baiknya jika blog yang kita miliki juga diisi dengan tulisan tak berbayar dengan tujuan untuk mengingat apa tujuan awal terjung ke dunia blogging.

Jadi untuk teman-teman yang ingin eksis di dunia blogging sekiranya coba cari dahulu alasan kenapa ingin ngeblog. Jangan sampai di tengah jalan kalian bosan lalu blog jadi terbengkalai. Sayang kan dengan biaya dan tenaga yang sudah dikeluarkan dari mulai membuat blog sampai kegiatan menulis yang mungkin menghabiskan waktu berjam-jam.
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Berbagi Hikmah Melalui Blog"