Curhat Si Ambu yang Penuh Makna

 
Curhat Si Ambu

Saya terjun ke dunia blogger masih bisa dikatakan seumur jagung sehingga ketika diperkenalkan dengan beberapa komunitas blogger maka akan saya terima dengan penuh antusias dan semangat. Mengapa demikian? Karena merupakan kesempatan emas bisa bertemu dengan banyak blogger dan mengadakan sharing session seputar blogging.

Salah satu blogger senior dan ramah menurut saya adalah Ambu Maria G Soemitro dimana beliau merupakan founder dari grup Happy Blogwalking Family, salah satu komunitas grup Whatsapp yang saya ikuti.

Waktu itu saya diajak oleh Mba Aisyah, salah satu kawan blogger yang kebetulan juga tergabung di beberapa grup blogwalking. Nah, karena saat itu saya berusaha memperluas jaringan pertemanan dengan para blogger, Mbak Aisyah memberikan referensi satu grup blogwalking lain yang saya belum tergabung di dalamnya. Mbak Aisyah memberikan nomor Whatsapp Mbak Maria G Soemitro sebagai founder dan juga admin grup wahtsapp Happy Blogwalking Family.

Mbak Maria G Soemitro sangat ramah ketika saya menyapa beliau dan memperkenalkan diri sebagai blogger yang ingin bergabung di grup beliau. Tanpa menunggu terlalu lama, saya pun langsung dimasukkan sebagai anggota keluarga besar Happy Blogwalking Family. Alhamdulillah, nambah teman baru lagi.

Setelah sekian lama bergabung di Whatsapp Grup yang diprakarsai oleh Mbak Maria  Soemitro, akhirnya saya bisa mengenal lebih dekat pemilih blog https://www.maria-g-soemitro.com/ ini melalui tema tulisan One Day One Post yang diselenggarakan oleh komunitas ISB yaitu mengenal lebih dekat teman blogggernya.

Mbak Maria G Soemitro yang lebih dikenal dengan Ambu di grup Whatsapp Happy Blogwalking Family memiliki nama asli Maria Goreti Sri Candrati dan blog beliau juga diberi nama Catatan si Ambu. Nah, ternyata ada makna di balik panggilan Ambu ini lho. Mau tahu apa? Yuk simak ceritaku selanjutnya.

Di Balik Panggilan Ambu dan Nama Blog Curhatan si Ambu

Ambu sendiri memiliki arti "Ibu" dalam bahasa Sunda. Ketika Mbak Maria G Soemitro bergabung dengan komunitas pegiat Lingkungan Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) yang diprakarsai oleh mantan Gubernur Jawa Barat yaitu Bapak Solihin GP, dimana semua anggota DPKLTS dipanggil Ambu.

Selain di DPKLTS, Mbak Maria G Soemitro juga aktif di Forum Hijau Bandung dimana saat ini namanya berganti menjadi Bandung Juara Bebas Sampah.

Ternyata nama blog Curhat si Ambu itu muncul secara refleks dikarenakan Mbak Maria G. Soemitro ingin memindahkan sebagian tulisan beliau di Kompasiana ke blog yang dibuatnya. Beberapa blog yang dibuat Mbak Maria G Soemitro antara lain:
  1. Permata di Balik Limbah
  2. Planet Hijau
  3. Kaisa Indonesia
  4. Blog si Ambu

Ambu Maria G Soemitro dan Keluarga

Tak kenal maka tak sayang maka saya ingin sedikit menceritakan mengenai keluarga dan juga masa kecil Ambu Maria ini. Ambu Maria lahir di Sukabumi, Jawa Barat, Beliau merupakan anak kedua dari enam bersaudara. Kedua orang tua Ambu Maria merupakan orang Jawa tepatnya dari Jawa Tengah namun karena Ayah tercinta harus bertugas ke Jawa Barat tepatnya kota Sukabumi, akhirnya keluarga Ambu Maria pun harus pindah sekeluarga.

Mirip dengan saya nih, dimana almarhum Bapak dulu juga ditugaskan ke kota Balikpapan padahal beliau merupakan suku Madura asli dan ibu saya juga berasal dari kota Slawi, Jawa Tengah.

Ambu Maria ternyata punya tiga orang sahabat karib lho sewaktu berada di bangku SMP. Mereka berempat sangat akrab sehingga hampir semua kegiatan di sekolah mereka ikuti secara berbarengan seperti Pramuka, marching band dan juga ekskul basket. 

Ambu Maria G Soemitro, Dunia Kepenulisan, Kompasiana dan Blog

Sejak kecil tepatnya di Sekolah Dasar (SD) Ambu Maria gemar sekali membaca sehingga ada keinginan menjadi seorang penulis. Dengan berbekal keberanian maka beliau pun mencoba mengirim naskah tulisannya ke beberapa majalah remaja kala itu. 

Ternyata Ambu Maria mulai berkenalan dengan dunia blogging sejak tahun 2009 ketika saat itu sedan ramainya berlangganan internet Speedy. Wah, kok sama juga nih dengan saya pada saat itu ikut juga berlangganan Speedy namun waktu itu saya mah hanya mantengin Facebook saja karena medsos ini mulai muncul sekitar tahun segitu. 

Teman Ambu Maria juga memperkenalkan kepada beliau membuat blog di platform Wordpress. Berkat bantuan teman tersebut akhirnya Ambu bisa mengutak-atik widget, ganti templat serta printilan Wordpress lainnya. Keren ya gaes, padahal di tahun 2009 tutorial ngeblog belum banyak di internet.

Nah, kalau Kompasiana sendiri mulai ditekuni Ambu Maria tepatnya sekitar tahun 2010 dan beliau rajin menulis yang berhubungan dengan tema lingkungan hidup. Namun di tahun 2014 Ambu Maria mulai kembali menulis di blog pribadi dikarenakan ada beberapa tulisan di Kompasiana yang hilang. Demi menyelamatkan tulisan tersebut, maka Ambu Maria memindahkan ke beberapa blog yang beliau punya.

Tulisan Ambu Maria sering dijadikan highlight dan headline oleh Kompasiana. Kalau menurut pendapat Ambu bisa jadi dikarenakan beliau sering sekali menulis mengenai environtment yang memang pada waktu itu jarang dibahas di Kompasiana.

Selain menulis mengenai tema environtment, Ambu Maria juga rajin update kisah terbaru yang berkaitan dengan Ibukota Jawa Barat yaitu Bandung. Hal ini dikarenakan menurut Ambu, Bandung adalah kota kreatif dan Bapak Ridwan Kamil yang akrab dipangil Kang Emil pada saat itu masih aktif di Bandung Berkembun dan Bandung Creative City Forum (BCCF). 

Ada 3 value yang Ambu Maria perhatikan saat menulis di Kompasiana, yaitu Aktual, Bermanfaat dan Inspiratif. Tentu saja dengan harapan agar admin Kompasiana memilih tulisan Ambu sebagai Headlight maupun Highlight.

Prinsip Ambu Maria, jika bisa membuat tulisan Headlight maupun Highlight (HL) mengapa membuat tulisan yang biasa-biasa saja/ Pemikiran tersebut akhirnya beliau tuangkan ke salah satu tulisan di blog https://www.maria-g-soemitro.com/2021/08/donasi-2-triliun-tips-menulis-wisnu-nugroho.html.

Prestasi dan Motto Hidup Ambu Maria G Soemitro

Dalam hidup pasti kita pernah memiliki prestasi ataupun pencapaian terbesar. Mungkin pencapaian terbesar bagi orang yang satu berbeda dengan orang lain. Bagi Ambu Maria, prestasi terbesar beliau adalah lulus S1. 

Mengapa lulus S1 menjadi prestasi terbesar bagi Ambu Maria, karena beliau menyelesaikan kuliah sambil bekerja dimana seperti yang kita ketahui kuliah sambil bekerja itu menguras tenaga, waktu, emosi dan juga biaya pastinya.

Sementara jika ditanya apa motto hidup Ambu, maka beliau mengutip quote milik Tony Robbins yang berisi kalimat : "Don't limit your challenge. Challenge your limit"

Menurut Ambu Maria, quote ini cocok untuk segala usia khususnya bagi mereka yang masih berusia muda untuk memaksimalkan kondisi fisik yang masih sehat dna juga bugar. 

Ada cerita menarik ketika Ambu Maria masih bekerja dan memegang 2 divisi yaitu Chief Accounting dan Ketua EDP. Setiap menerima berkas lamaran kerja dari para pelamar, Ambu selalu memperhatikan di setiap Curriculum Vitae apakah para pelamar tersebut punya kegiatan lain semasa sekolah seperti OSIS, kursus maupun memenangkan lomba.

Ambu Maria akan memilih pelamar yang memiliki pengalaman dalam mengikuti organisasi karena pengalaman berorganisasi akan membangun jiwa kepemimpinan seseorang sehingga apabila Ambu Maria menjadi atasan mereka maka Ambu Maria bisa mendelegasikan tugas.

Jika pelamar kerja aktif mengikuti beberapa kursus maka tentu saja akan menunjang karir, sedangkan mengikuti berbagai lomba menunjukkan bahwa pelamar kerja tersebut memiliki daya juang dan tidak pasif dimana perusahaan akan membutuhkan karyawan yang aktif dan juga rajin dalam bekerja.

Penutup

Kita tidak akan pernah merasa bersyukur sampai kita bisa melihat kisah hidup serta perjuangan orang lain. Begitulah yang terjadi pada diri saya. Dengan menulis hasil wawancara dengan Mbak Maria G Soemitro yang akrab kami panggil dengan sebutan Ambu, maka saya merasa malu pada diri sendiri.

Malu kenapa? Karena perjuangan saya belum sekeras perjuangan Ambu mulai dari kuliah sampai beliau eksis di dunia kepenulisan. Padahal saat ini saya sangat dimanjakan oleh teknologi sehingga mencari informasi apapun sangat mudah sekali. Hanya dibutuhkan tekad yang kuat saja untuk meraih cita-cita kalian. 

Demikian hasil wawancara saya dengan salah satu teman blogger yaitu Ambu Maria yang sangat menginspirasi untuk saya pribadi dan semoga juga bisa bermanfaat serta menginspirasi teman-teman sekalian yah.
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

11 komentar untuk "Curhat Si Ambu yang Penuh Makna"

  1. Kereen sangat inspiratif, mau dunk ikut group tmn2 blogger maklum new bie di dunia blog

    BalasHapus
  2. Masya Allah tabarakallah ❤️ menurut aku kedua Maria ini sama-sama hebat dalam berkarya. Aku suka juga tulisan Ambu soalnya nggak asal2an dan kita pernah beberapa kali ketemu di event Blogger Bandung hehe

    BalasHapus
  3. Senior banget mmg mb Maria ini, keren pengalaman dan ilmunya di bidang blogging dan tulis menulis.

    BalasHapus
  4. Beruntung sekali Mbak Maria Tanjung berada di lingkungan yang supportif untuk menulis, pantesan produktif banget nulisnya. Masyaallah tabarakallah 💕

    BalasHapus
  5. Wah terimakasih informasinya Mbak, jadi tau ada Sobat blogger berprestasi yaitu Ambu Maria G Soemitro bisa menjadi rujukan tuk menambah pengalaman hehe

    BalasHapus
  6. Senangnya, ya, Mbak. Saya mengenal Ambu Maria di grup BW juga, lho. Beliau ramah sekali dan sering BW ke blognya juga. Kemarin saya sempat penasaran, saya pikir mbak ini Mbak Maria G Soemitro...soalnya sama-sama Maria...hihi.

    BalasHapus
  7. Pertama kali dengar namanya. masyaallah, inspiratif sekali

    BalasHapus
  8. Inspiratif ya... Memang, komunitas dan sosok blogger yang kece bisa jadi inspirasi buat yang baru memulai dunia blog termasuk saya. Senang sekali bisa tau sekilas tentang Ambu dari tulisan ini

    BalasHapus
  9. MasyaAllah Ambu keren banget ya Mbak
    karena motto hidupnya itu jadi pasti Ambu selalu bersemangat dalam melakukan segala hal ya.

    BalasHapus
  10. senang sekali kalau ada sosok yang selalu menginspirasi kita...
    Aku beberapa kali mampir ke blog ambu, lebih banyak membaca kontennya yang edukatif.
    Semoga senantiasa konsisten menulis, ya, kak.. :)

    BalasHapus
  11. Foto paling atas itu foto Ambu, Mbak? Cantik banget ya, sesuai dengan pengalaman dan prestasinya. Saya awal menulis juga tahun 2009-an, tapi karena sambil kuliah jadi nggak maksimal. Ambu keren banget, bisa bekerja, kukiah, dan aktif menulis di tahun tersebut.

    BalasHapus