Tema Podcast Favorit yang Tidak Pernah Membosankan Untuk Ditonton

 
Podcast Favorit


Saat ini kanal media sosial sudah semakin berkembang tidak hanya melalui kanal yang itu-itu saja. Kalau beberapa waktu lalu Anda bisa menonton Youtube dan Instagram TV yang sesuai dengan minat maka sekarang ada yang namanya saluran Podcast.

Podcast sendiri merupakan rekaman yang berisi perbincangan antara pemilik Podcast dan bintang tamu yang dihadirkan. Podcast disajikan dalam bentuk audio atau suara namun pada beberapa Podcast ada yang berupa gabungan antara suara dan juga video. Sebut saja Podcast Deddy Corbuzier yang juga ditayangkan melalui Youtube. 

Tentu saja karena ada dialog yang disajikan di Podcast, maka sebagian orang saat ini mulai tertarik untuk melirik tayangan tersebut dikarenakan lebih menarik untuk disimak karena menyajikan fakta berupa wawancara dengan narasumber.

Bagi para content creator, keberadaan Podcast memunculkan ide baru untuk juga memiliki saluran tersebut tentu saja dengan niche mereka masing-masing. Beberapa contoh niche Podcast yang saya ketahui diantaranya:
  1. Parenting
  2. Sosial Politik 
  3. Komedi
  4. Gaya Hidup
  5. dan masih banyak tema lainnya
Sejujurnya saya masih bingung jika ditanya Podcast favorit karena saya ini tidak terlalu mengikuti perkembangan dunia Podcast. Hanya saja kadang muncul di beranda saya beberapa Podcast milik selebriti yang cukup membuat penasaran hingga akhirnya saya pun mampir ke akun Podcastnya.

Podcast milik Deddy Corbuzier terkadang membuat saya penasaran hingga akhirnya saya mencoba menontonnya apalagi yang sedikit agak mengundang kontroversi (bagi saya lho ya). Seperti ketika Deddy Corbuzier mengundang Aldi Taher dan juga istri dari komedian Uus yaitu Kartika Wicaksana. Terkadang netizen Indonesia memang suka hal-hal yang sedikit unik untuk mendatangkan visitor banyak.

Tapi baiklah, itu hanya intermezo saja. Saya ingin fokus kepada beberapa tema Podcast favorit yang wajib untuk ditonton (bagi saya) untuk bisa selalu memberi motivasi dalam hidup ini. Terkadang manusia harus diberi suntikan motivasi agar hidup bisa selalu stabil dan fokus.

Lalu, tema Podcast apa saya yang menjadi favorit saya? Yuk simak uraian saya berikut. Yang pasti tema tersebut tidak jauh dari tema umum yang mungkin saja sama dengan kesukaan kalian.

Podcast yang Asyik Untuk Ditonton

Karena bingung juga jika ditanya Podcast milik siapa yang menjadi favorit saya maka saya googling terlebih dahulu beberapa Podcast yang menjadi favorit didengarkan sekaligus membuka wawasan serta inspirasi bagi saya.

Jujur saya menulis artikel ini sambil googling lho, karena saya pribadi jarang memanfaatkan Podcast sebagai sarana mengembangkan wawasan. Namun mulai dari sekarang, sepertinya wajib juga bagi saya untuk mendengarkan Podcast untuk upgrade knowledge nih.

1. Cerita Usaha

Walau baru sekali menyimak isi Podcast dari Cerita Usaha ini namun saya sudah langsung jatuh hati karena temanya lebih banyak mengenai inspirasi ketika kita hendak membuka suatu usaha. 

Episode yang saya tonton kali ini kok ya pas sesuai dengan kondisi saya setahun lalu yaitu Episode 21 yang berjudul Cara Produktif di Tengah Pandemi Corona. Podcast Cerita Usaha digawangi oleh tiga orang anak muda yaitu @mizter.popo, @samuelamarta dan @dewimeisari.

Walau tayangan episode 21 sudah cukup lama yaitu pada tanggal 21 Maret 2020 dimana di kala itu masih awal pandemi terjadi namun sangat mewakili perasaan saya ketika menjalani badai pandemi yang sedikit mengguncang sendi perekonomian keluarga, hehehe.

Bagi saya pribadi, Podcast Cerita Usaha memberi pandangan bagi kita yang ingin bertahan hidup di tenga badai pandemi ini karena banyak membuat ketidakpastian dalam hidup, khususnya yang berhubungan dengan keuangan.

2. BukaTalks

Podcast Buka Talks merupakan program dari Bukalapak yang menghadirkan tokoh-tokoh yang menginspirasi anak muda jaman now untuk terus berkarya. Seperti yang kita ketahui saat ini segala informasi begitu cepatnya bergulir ke masyakarat salah satunya informasi yang bisa didapat melalui saluran Podcast. 

Menariknya Podcast Buka Talks ini memiliki durasi yang singkat antara 15 sampai 30 menit. Menurut saya ini trik yang menarik agar pendengar tidak sampai bosan mendengarnya dan beralih ke saluran Podcast yang lain.

Buka Talks menghadirkan berbagai tokoh yang menjadi public figure seperti komika Panji Pragiwaksono, Prita Ghozie sebagai tokoh yang memiliki kompetensi di bidang keuangan bahkan sampai Bapak Ridwal Kamil yang dalam Podcastnya di Buka Talks membawakan tema mengenai Masa Depan Indonesia di Tangan Pemuda.

Menurut saya dengan durasi yang singkat bukan berarti tema yang dibawakan oleh pembicara menjadi tidak berkualitas namun kita sebagai pendengar dapat mampu menangkap point yang disampaikan oleh pembicara. Keren sih menurut saya.

3. Level Up With Benakribo

Benakribo merupakan seorang content creator yang ternyata saya baru tahu lho keberadaannya gegara tema tulisan untuk program One Day One Post komunitas ISB ini. Benakribo yang memiliki nama lengkap Benazio Rizki Putra yang terjadi memiliki rambut kribo sehingga memiliki nama panggung Benakribo.

Tema-tema Podcast yang Bena hadirkan sangat kekinian sih menurut saya dan cocok untuk didengarkan oleh generasi milenial, salah satu contohnya tema Kenapa Attitude Lo Penting Saat Kerja. Mungkin bagi sebagian orang, tema seperti ini sangat general diperbincangkan namun dengan mendatangkan narasumber yang tepat maka bisa menjadi referensi ketika kita sendiri akan menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Kesimpulan

Untuk kalian yang belum begitu familiar dengan Podcast, cobain deh! Karena saya pun setelah mencoba mendengarkan saluran Podcast dari ketiga akun di atas yang saya sebutkan, ternyata menjadi tertarik hingga akhirnya memutuskan untuk install Podcast di smartphone.

Pilihlah saluran Podcast yang sesuai minat Anda. Sebelum memilih, ada baiknya Anda cari tahu terlebih dahulu melalui browsing di Google. Kalau penasaran, Anda dengarkan dulu satu atau dua Podcast yang disiarkan. Jika satu tema sudah membuat Anda penasaran, maka tak ada salahnya Anda subscribe akun Podcast tersebut.

Selamat mencoba ya gaes!

 
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

9 komentar untuk "Tema Podcast Favorit yang Tidak Pernah Membosankan Untuk Ditonton"

  1. Saya sudah lama nih berencana main-main dengan podcast. Sudah ikut workshop juga, Tapi lupa!
    Duh, Parah ya. Hehehe. Menurut saya lebih asyik podcast sih daripada youtube misalnya

    BalasHapus
  2. Saya yang termasuk belum familiar dengan podcast. Soalnya bingung, mau dengerin pembicaraan apaan, hahaha. Belum ada minat sama sekali. Pengen dah sesekali nyobain dengerin podcast yang direkomen sama Mba Maria. Makasih atas infonya.

    BalasHapus
  3. Setahun belakangan podcast lagi marak banget ya. Saya kira media audio sudah habis seiring dengan meningkatnya kecepatan internet yang membuat media audio visual banyak diakses. Setelah lihat podcast banyak yang menyukai, ternyata media audio eksis terus ya.

    BalasHapus
  4. BukaTalks memang keren. Aku beberapa kali dengernya, bikin semangat. Motivasi di dalamnya related banget buat pejuang hidup. Hehe .. banyak cara untuk jadi berguna. Bisa lewat podcast salah satunya.

    BalasHapus
  5. Jadi kepo sama podcast-podcst di atas. Kalau tentang skincare kira-kira masuk favorit juga enggak ya. Di bagian gaya hidup kah.

    BalasHapus
  6. Kalo podcast aku paling tertarik kalo membahas tentang cerita orang pebisnis dan wirausaha, lingkungan, dan sosio-cultural. Parenting juga bolehlah. Tapi aku juga seneng dengerin podcast yang berbau horor karena seru untuk dilihat apalagi berdasarkan pengalaman nyata orang lain..hehe. :D

    BalasHapus
  7. Karena aku suka film, sejauh ini seringan denger podcast film sih kak. Tapi aku jadi kepo sama BukaTalks deh, mirip TedTalks kah modelnya hehe. Cara belajar masa kini sih emang podcast

    BalasHapus
  8. Kalo aku tahu benakribo dari zaman dia nulis buku dan ramenya dia di twitter seangkatan sm arief muhammad yg ikoy-ikoyan itu. Sekarang udah pindah ke podcast ternyata

    BalasHapus
  9. Aku paling suka Thirty Days Lunch punya nya Felixiandro. Keren obrolannya. Enak sih, dengerin podcast sambil nyantai gitu.

    BalasHapus