Keuntungan Menjadi Blogger yang Bisa Dijadikan Motivasi

 
Keuntungan Menjadi Blogger


Kalau dulu saya ditanya, apa sih untungnya menjadi seorang blogger maka saya cuma bisa melongo karena belum dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan yakin dan kepala tegak. Namun jika sekarang Anda menanyakan hal tersebut kepada saya, maka Insha Allah saya sudah bisa menjawab dengan yakin dan penuh optimisme.

Profesi blogger berlum pernah terbersit dalam benak saya sampai di tahun 2019 saya meyakinkan diri sendiri bahwa saya harus menjadi seorang blogger untuk bekal di masa tua nanti. Lah kok jauh banget ya impian saya itu, dan mengapa harus menjadi bekal di masa tua seolah-olah saya merasa pesimis dengan hidup ini.

Sebenarnya tidak pesimis namun dalam benak saya menjadi seorang blogger tidak bisa terlahir satu atau dua tahun saja namun butuh proses yang tidak sebentar kecuali seseorang benar bersungguh-sungguh akan tekadnya tersebut.

Seperti yang diketahui bahwa saat ini saya juga sedang bekerja sebagai karyawan tetap di sebuah perusahaan swasta sehingga jam ngeblog pun terbatas hanya pada waktu tertentu menjelang malam hari tentunya. 

Alhamdulillah memasuki tahun ketiga ngeblog banyak sekali keuntungan yang saya dapatkan, yaitu:
  • Menambah teman dan juga jaringan
Jika ingin terjun ke suatu bidang maka tentu harus mencari informasi sebanyak-banyaknya dengan memiliki komunitas. Tujuan berkomunitas tentu saja mendapatkan berita mengenai suatu kegiatan tertentu dan berpartisipasi dalam beberapa program di dalamnya.

Awal mulai menulis saya ikut pelatihan menulis bersama Jee Luvina, seorang penulis yang juga mentor di bidangnya. Lalu bersama teman-teman komunitas, kami melahirkan buku antologi. Sungguh tidak menyangka ternyata saya bisa menulis ya! Suatu kemampuan yang dulunya tidak pernah saya bayangkan akan terealisasi. Berpikir ke arah sana saja tidak.
  • Melatih skill menulis
Walau sudah punya beberapa buku antologi dan menulis ratusan artikel di keempat blog saya, namun saya tetap terus menulis donk. Ini bukan soal kewajiban saja apabila ada job namun saya juga berusaha menulis artikel organik yang didapat dari mengunjungi tempat makan misalnya. Atau juga ide menulis bisa saya dapat dari menonton saluran streaming juga yang baru-baru ini sedang menjadi hobi baru saya.

Kenapa harus menulis terus setiap hari? Tentu saja agar terlatih hingga gaya menulis saya bisa menjadi lebih luwes dan semakin bagus harapannya. Selain itu jika lebih dari tiga hari saya tidak menulis, pasti untuk membangkitkan mood menulis lagi akan sulit sekali. Hal ini berulang kali saya rasakan beberapa bulan lalu dan kalau sudah berhadapan dengan mood yang turun tentu saja deadline menumpuk, akhirnya kerjaan jadi kacau semua.
  • Sering mendapat endorse produk
Selain menjadi blogger, saya pun mencoba untuk terjun ke dunia influencer yang concern di platform Instagram. Alhamdulillah beberapa tawaran job datang walau tidak sering namun tetap saja saya bersyukur.

Biasanya sebagai influencer jika lolos job maka akan diendorse produk lalu saya diminta untuk melakukan review setelah menggunakannya. Review bisa berupa tulisan di blog ataupun di feed Instagram, tergantung permintaan dari client.

Dari endorse produk ini saya jadi lebih mengetahui banyak produk seperti skin care, produk pelangsing, jasa kebersihan, jasa keuangan serta berbagai produk dan jasa lainnya. Wawasan pun menjadi bertambah dan bisa saja di kemudian hari saya bisa merekomendasikan salah satu produk itu kepada teman maupun kerabat.
  • Menambah penghasilan
Last but not least, menjadi seorang blogger jika ditekuni dengan baik maka bisa menjadikan jalan rezeki bagi seseorang. Mungkin bagi saya saat ini menjadi seorang blogger sifatnya part time karena secara pribadi saya masih terikat pekerjaan sebagai karyawan di salah satu perusahaan swasta.

Namun tak menutup kemungkinan bisa saja profesi blogger menjadi pekerjaan utama apabila saya sudah tak bekerja selama 8 jam sehari di kantor. Yang terpenting saya menjalani terlebih dahulu kesempatan yang ada di depan mata untuk saat ini. 


Kesimpulan

Banyak sekali peluang yang didapat ketika kita menjadi seorang blogger. Diharapkan menulis tidak hanya sekadar menulis saja. Jika memang hobi dan hanya ingin menulis tanpa mendapat penghasilan dari kegiatan tersebut, silahkan ya teman-teman karena itu semua kembali kepada passion kalian sebagai penulis.

Saya pribadi menulis organik juga perlu untuk melatih diri namun juga ingin skill menulis dimanfaatkan juga untuk menambah penghasilan, minimal bekal ketika saya pensiun kelak. NH Dini saja ketika masa tuanya menghabiskan sisa usianya di panti jompo sambil tetap produktif menulis.

Yuk jadi blogger yang produktif agar kelak tulisan kita dibaca oleh anak, cucu maupun kerabat dan bisa saja menjadi ladang pahala.


Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Keuntungan Menjadi Blogger yang Bisa Dijadikan Motivasi"