3 Tips Tetap Jadi Ibu Bahagia di Saat Pandemi

 
Ibu Bahagia di Saat Pandemi


Jadi ibu bahagia selama pandemi? Bisa kok dan bisa banget asalkan kita tetap mau berpikiran positif serta mengambil hikmah atas semua yang terjadi di dunia ini. Salah satunya peristiwa pandemi yang sedang kita alami saat ini tentunya membawa dampak perubahan hampir ke seluruh aspek kehidupan.

Saya ingin bercerita sedikit mengenai teman yang sedikit banyak selama pandemi mengeluhkan kehidupan rumah tangganya. Untungnya dia hanya curhat kepada saya nih, bukan ke sosial media, hehehe.

Suami dari teman saya bekerja sebagai salah satu staf keamanan di perusahaan swasta. Karena di masa pandemi beberapa karyawan harus melakukan sistem kerja Work From Home (WFH), maka secara otomatis suami dari teman tersebut juga mengalami pengurangan jam kerja.

Dengan pengurangan jam kerja otomatis juga terjadi pengurangan pendapatan dalam hal ini gaji bulanan. Teman saya seorang ibu rumah tangga penuh dengan dua orang anak balita. Dia membuka usaha toko online kecil-kecilan dengan sistem dropship. 

Pandemi pula yang menyebabkan toko onlinenya tersendat-sendat. Teman saya meminta saya mencarikan informasi lowongan kerja jika ada. Saya pun mengiyakan karena sejujurnya di masa pandemi ini hampir semua sektor lapangan kerja menahan untuk membuka lowongan kerja. Namun tetap optimis tak ada salahnya bukan!

Beberapa permasalahan yang dialami ibu rumah tangga di saat pandemi ini antara lain:
  1. Mampu mengatur keuangan sedemikian rupa apalagi jika suami dirumahkan dari pekerjaannya.
  2. Waktu khusus dalam membersamai anak sekolah daring serta adaptasi menjadi guru bagi anak selama SFH (School From home)
  3. Pekerjaan rumah tangga menjadi lebih banyak dikarenakan anggota keluarga sebagian besar waktunya dihabiskan di rumah saja selama pandemi.
Tentu saja dengan perubahan aktivitas selama pandemi akan membuat ibu rumah tangga merasakan perbedaan yang mencolok. Adaptasi harus donk dilakukan agar seluruh anggota keluarga bisa saling berinteraksi tanpa konflik.

Suami yang Work From Home (WFH) bahkan ada yang terpaksa diPHK tentu bisa mengalami stress tersendiri apabila belum menemukan pekerjaan lagi. Anak-anak yang mulai bosan terlalu lama di rumah tentu akan menunjukkan perubahan sikap sehingga bisa membuat ibu menjadi stress bahkan tertekan.

Pertemuan anggota keluarga yang setiap hari harus dilakukan selama pandemi tentu akan mudah menimbulkan konflik diantara pasangan suami istri, anak dan orang tua maupun antar anak-anak dalam suatu keluarga.

Lalu bagaimana agar ibu tetap bahagia selama pandemi? 

Tips Tetap Jadi Ibu Bahagia di Saat Pandemi

Kita semua harus bahagia ketika lebih banyak beraktivitas di rumah saja selama pandemi. Demikian pada ibu rumah tangga yang memang selama 24 jam penuh berada di rumah membersamai anak dan juga melakukan tugas sebagai ibu dan istri,

Beberapa tips sederhana dari saya agar tetap jadi ibu bahagia di saat pandemi antara lain:

1. Lakukan Me Time sesekali

Me time tidak harus selalu berada di luar rumah dengan shopping ke mall atau salon kok. Me time di rumah saja juga bisa bagi para ibu yang merasa stress selama pandemi. Ada banyak cara me time seperti membaca buku, mendengarkan musik, dan juga merawat diri dengan skin care atau luluran.

Mintalah kepada suami dan anak untuk memberi waktu bagi ibu meluangkan waktu sejenak beristirahat menikmati waktu sendirinya. Suami mungkin bisa didelegasikan tugas dalam mengasuh anak selama beberapa hari.

2. Berkomunikasi secara terbuka dengan seluruh anggota keluarga

Berkomunikasilah dengan suami dan anak jika Anda sebagai ibu juga merasa lelah bukan hanya secara fisik namun secara mental juga memerlukan sedikit relaksasi agar tidak stress. Tumpahkan semua uneg-uneg agar menjadi healing atas semua beban kerja rumah tangga yang mungkin sudah over load.

Dengan melakukan komunikasi dari hati ke hati, saya rasa semua anggota keluarga memahami bahwa Anda sebagai Ibu rumah tangga juga membutuhkan didengar oleh anak dan juga suami. Diharapkan setelah berbicara dari hati ke hati, perasaan Ibu akan lega sehingga terasa ringan ketika melakukan kegiatan di rumah selama pandemi.

3. Lakukan meditasi online

Ada sebagian orang yang mengatakan meditasi merupakan aktivitas mahal namun ternyata tidak juga. Meditasi dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi kecemasan, menjadi bahagia serta agar dapat selalu berpikiran positif.

Saat ini meditasi juga dapat dilakukan secara online terutama bagi Anda ibu rumah tangga yang seibuk dengan rutinitas keseharian. Ambillan waktu sejenak untuk bermeditasi dalam mengurangi berbagai overthingking dalam hidup ini. 

Aplikasi Riliv



Meditasi Online Menggunakan Riliv: Cara Agar Ibu Tetap Bahagia Selama Pandemi

Kali ini saya ingin memperkenalkan aplikasi konseling dan juga meditasi online yaitu Riliv. Anda bisa install langsung dari smartphone https://bit.ly/rilivsekarang untuk mengetahui bagaimana Riliv ini bekerja.

Di Riliv Anda bisa memilih paket meditasi berdasar suasana hati yang sedang dirasakan. Misalnya ada meditasi menikmati hari libur, akan ada pembimbing yang akan berbicara sebelum meditasi dimulai. Akan ada musik yang mengiringi meditasi Anda, tinggal pilih musik mana yang Anda sukai.

Selain itu Anda juga bisa menulis jurnal di Riliv dengan beberapa tema yang berbeda antara lain:
  1. Bangkit dari Cemas dan Takut
  2. Mengenali Diriku Hari Ini
  3. Keluarga yang Harmonis
  4. Berdamai dengan Pikiran
  5. serta tema-tema lainnya yang bisa Anda pilih di menu JOURNAL
Gimana, masih bingung ga dengan cara kerja Riliv? Saya sudah mencobanya lho dan terbukti efektif dalam memberi rasa tenang ketika sedang beristirahat serta melepaskan energi negatif di pikiran.

Yuk, install aplikasi Riliv sekarang juga bagi Anda para ibu rumah tangga dan dapatkan berbagai manfaat positif terutama tetap terjaga kesehatan mental selama pandemi.
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

11 komentar untuk "3 Tips Tetap Jadi Ibu Bahagia di Saat Pandemi"

  1. Me time tu emang hiburan buat emak-emak cantik kek kita ni ye kan...
    hehehe
    Apalagi bisa rileks meditasi.. wuihhh

    BalasHapus
  2. penting bangget nih ibu bahagia biar seisis rumah juga ikut bahagia hehe..

    BalasHapus
  3. Kereeeen.. ada meditasi online seperti riliv ini. Membantu banget nih pertolongan pertama kali butuh healing ya kak Maria. Aku rekomendasi nih ke emak lain biar tetap happy di masa pandemi

    BalasHapus
  4. Iya sih ya, banyak yang beranggapan kalau menyewa instruktur meditasi itu lumayan mahal harganya. Ternyata kemajuan teknologi mempermudahnya dengan kehadiran Riliv.

    BalasHapus
  5. Hoho saking sibuknya menjadi ibu suka melupakan bahwa dirinya juga butuh istirahat dan quality time untuk diri sendiri. Nomor dua tuuuh yang seringnya menjadi setitik solusi karena untuk menguraikan apa yang mengganjal di hati dan kepala, selain itu jadi bonding dengan anggota keluarga lainnya hihi. Sending love to all mothers <3

    BalasHapus
  6. Ternyata udah ada yah meditasi online,, dan kayaknya efektif jugaa kayak meditasi offline,
    Smoga aja pandemi cepat usai dan semua kembali normal

    BalasHapus
  7. Terkadang seorang ibu merasa sungkan untuk berkata kepada suaminya dan anak-anaknya bahwa ia lelah. Padahal, insya Allah, keluarganya akan membantunya memberikan waktu untuk rileks sejenak.

    BalasHapus
  8. Meditasi online belum pernah coba sih, tapi untuk komunikasi dan me time Alhamdulillah kami sekeluarga saling mendukung. Meskipun pasti ada capek2nyaa wkwk, mau coba ah kapan2

    BalasHapus
  9. Banyak loh para ibu yang galau saat pandemi terutama anaknya yang sudah sekolah.Kebanyakan curhat cukup stres turut andil mengajarkan anak belajar dari rumah. Hmm,kayaknya memang tips ini bermanfaat deh agar para ibu bisa juga nikmati me time dan gak stres lagi deh.

    BalasHapus
  10. Riliv ini bagus banget di masa pandemi gini ya Mbak... Di mana banyak orang mulai stres karena kekurangan pemasukan dan terkena penyakit. Selain me time dan bermeditasi, bs kulik soal meditasinya di Riliv ini ya

    BalasHapus
  11. Wih wih boleh dicoba nih, buat aku kalau stres di hari jumat karena senin sampai kamis harus berjuang demi cuan. Meditasi online, cara baru menikmati waktu untuk diri sendiri

    BalasHapus