5 Tema Buku Favoritnya Maria Tanjung

 
Buku favorit

Berbicara mengenai buku favorit, sebagai blogger pastinya kita masing-masing punya kesukaan sendiri akan tema buku yang akan dibaca. 

Seorang blogger tentu harus banyak membaca buku agar cakrawala semakin luas dan juga banyak memiliki diksi dalam menorehkan kata menjadi sebuah kalimat yang akan dituangkan ke dalam blognya.

Tujuan kita membaca buku menurut saya pribadi antara lain:
  1. Menambah perbendaharaan kata
  2. Memperluas wawasan
  3. Mengisi waktu luang
  4. Memperkaya ilmu 
Mungkin tujuan kalian membaca buku sedikit berbeda dengan saya, tak apa. Justru akan semakin menambah semangat kita dalam membaca buku. Ingatlah kalau Indonesia termasuk negara yang tingkat literasinya rendah lho. Saya pribadi baru tertarik membaca buku ketika terjun ke dunia blogging.

5 Tema Buku Favoritnya Maria Tanjung 


Lalu bagaimana dengan saya nih, apa sih buku favoritnya Maria Tanjung. Saya pribadi sebenarnya sangat senang membaca buku bertema motivasi. Entah kenapa saya merasa hidup saya harus banyak mendapat motivasi.

Saya termasuk pribadi yang gampang down jika gagal melakukan sesuatu. Walau sebenarnya tindakan saya itu tidak seharusnya namun kenyataannya seperti itu. Saya mudah down sebelum dulu mengenal buku.

Sejujurnya saya tidak punya buku favorit namun saya ingin menuliskan 5 tema terfavorit bagi saya dalam membaca buku yaitu :
  • Tema Motivasi
Entah kenapa dari dulu saya suka banget baca buku motivasi. Semacam charge ketika hati sedang lelah oleh peristiwa duniawi. Membaca motivasi bagaikan air sejuk yang masuk ke dahaga selama musim kemarau di Surabaya, wkwkwk.

Beberapa buku motivasi yang saya suka adalah dari kisah inspirasi pengusaha besar yang dulunya pernah di masa sulit seperti Bob Sadino, Dahlan Iskan maupun Chairul Tanjung. Bagi saya jangan melihat ketika seseorang itu telah sukses di masa sekarang namun lihatlan perjuangan yang mereka lakukan dalam rangka mencapai kesuksesan.
  • Tema Agama
Sejujurnya sudah lama sekali saya tidak membaca buku agama. Biasanya hanya seputar blog teman-teman yang menulis tema agama. Bagi saya charga energi batin ilmu agama tidak ada habisnya. Saya paling senang dengan tema ikhlas dan rasa syukur.

Sepertinya saya belum bisa menjadi pribadi yang ikhlas dan bersyukur sehingga jika tidak sering-sering disentil oleh buku-buku agama dengan teman tersebut rasanya bisa jadi tiap hari bawaannya tidak ikhlas dan bersyukur atas cobaan yang mungkin pernah saya terima.
  • Tema Komunikasi
Saya yang memiliki latar belakang pendidikan dari fakultas Komunikasi sehingga saya suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan cara seseorang dalam berkomunikasi untuk mencapai suatu tujuan.

Bagi saya komunikasi itu merupakan seni dimana setiap orang memiliki caranya masing-masing. Komunikasi buka tentang benar atau salah tapi tentang bagaimana seseorang bisa menyampaikan tujuannya kepada lawan bicara dengan cara yang tepat.
  • Tema Travelling
Tema Travelling merupakan obat untuk saya ketika pandemi ini tidak bisa pergi libura, wkwkwk. Ternyata main saya kurang jauh karena baru menemuka buku tentang travelling yang seru punya nih.

Salah satunya buku karangan Claudia Kaunang yang berjudul 101 Travel Tips & Stories Indonesia dimana kita seakan-akan berada di kota yang digambarkan oleh penulis dalam bukunya.
  • Tema Psikologi
Dulu ketika remaja, beberapa teman sering curhat kepada saya mengenai masalah pribadi mereka. Bahkan sampai saat ini pula masih ada satu atau dua teman yang berkeluh kesalah pada saya jika sedang memiliki masalah.

Sebenarnya saya tidak bercita-cita menjadi seorang psikolog tapi semacam ada kepuasan batin tersendiri apabila saran saya diterima dan dikerjakan oleh teman yang sedang memiliki masalah dalam kehidupan pribadi mereka, and IT'S WORK!

Saya berusaha tidak ingin mencampuri urusan pribadi teman yang curhat, maka dari itu saya berusaha memberi solusi yang menyejukkan dan juga syukur-syukur diterima mereka sih.  

Yang pasti saya lebih menyukai non fiksi dibanding fiksi ya saudara-saudara karena lebih mudah dicerna otak saya, wkwkwkw.

Kesimpulan

Demikian sedikit cerita dari saya mengenai 5 tema buku favorit yang selalu saya sempatkan untuk baca walau hanya 2 lembar saja per hari. Tak menutup kemungkinan saya akan membaca buku lainnya untuk memperkaya diksi dan wawasan juga selama saya suka dengan tema tersebut.

Saya sarankan mulai saat ini kalian mulai mengenal dan belajar untuk suka membaca buku. Banyak manfaat yang saya dapatkan ketika rutin minimal 2 lembar per hari membaca buku. Salah satunya saya lebih mudah mendapatkan ide menulis.


Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "5 Tema Buku Favoritnya Maria Tanjung "