Sumber Inspirasi Saat Jenuh

 
Sumber Inspirasi

Setiap manusia tentu pernah donk mengalami kejenuhan. Kejenuhan bisa berasal dari mana saja, seperti rutinitas di kantor, rutinitas sebagai ibu rumah tangga bahkan jenuh yang tak beralasan pun ada juga lho.

Saya sendiri tipe pribadi yang gampang jenuh. Meski sudah melakukan liburan misalnya, ketika kembali ke aktivitas sehari-hari maka seringnya jenuh melanda kembali. Duh bener-bener manusia kurang bersyukur nih sepertinya saya.

Mengapa manusia bisa jenuh, berikut beberapa alasannya:
  1. Tidak ada variasi dalam aktivitas hidupnya
  2. Tidak mempunya waktu Me time 
  3. Keterbatasan dalam beberapa hal
  4. Dan masih banyak hal lainnya
Jika jenuh sudah telanjur datang makan tak ada yang bisa kita lakukan selain menghadapinya. Bagi saya pribadi ketika jenuh hadir dalam hidup, maka yang dilakukan adalah:
  • Diam sejenak
Diam disini adalah lebih baik tidak berkata-kata untuk melampiaskan kejenuhan. Mungkin dulu saya sering banget melontarkan kalimat "Duh, jenuh banget ya", "Bosan dengan hal ini-ini saja"

Tapi sekarang karena faktor usia saya lebih berusaha menahan diri tidak berkata apapun. Bagi saya jika terlalu banyak perkataan mengeluh jatuhnya tidak bersyukur.
  • Tinggalkan rutinitas harian
Kalau lagi jenuh maka saya akan meninggalkan cucian kotor, rumah berantakan agar hati semakin tidak terkotori dengan perasaan tak bersyukur.

Jenuh bagi istri dan juga wanita bekerja saya rasa tak jauh-jauh dari pekerjaan rumah tangga yang harus dihadapi. Dan bagi saya itu wajar kok.
  • Cari Aktivitas Pengusir Rasa Jenuh
Walau hanya jalan-jalan di sekitar rumah asal bisa menghilangkan kejenuhan, kenapa tidak. Atau jika punya sepeda misalnya bersepeda saja keliling komplek sambil melihat orang lalu lalang beraktivitas.

Kalau saya biasanya pergi ke minimarket yang ada nama bulannya aja sudah seneng, wkwkwk. Selain lihat berbagai macam barang, minimal beli teh kemasan aja sukacitanya minta ampun.
  • Merenung dan Instrospeksi
Bisa jadi rasa jenuh itu kita yang menciptakan akibat kurangnya rasa syukur. Nah, saatnya introspeksi atas semua yang pernah kita lalui selama ini. Jenuh boleh saja tapi jangan keseringan gaes nanti jatuhnya kalian jadi pribadi yang kurang  bersyukur 

Sumber Inspirasi di Saat Jenuh

Kalau saya pribadi di saat benar-benar jenuh maka sumber inspirasi untuk mengusirnya jauh-jauh antara lain:
  • Melihat Semangat Orang-Orang Berkebutuhan Khusus
Jadi saya merasa tertohok sendiri manakala mengetahui ada teman blogger yang ternyata seseorang dengan keistimewaan dari Allah SWT. Kami belum berkenalan sih namun saya mengetahui beliau dari acara kopdar di salah satu komunitas.

Subhanallah tulisan beliau bagus menurut saya. Apalah saya yang walaupun sempurna secara fisik namun masih suka mengeluh merasa jenuh yang tak beralasan.
  • Membuka Akun Instagram Inspiratif
Sebenarnya banyak akun Instagran Inspiratif yang menampilkan sosok orang-orang dengan keterbatasan fisik maupun ekonomi namun mereka tak ingin dikasihani.

Orang-orang istimewa ini rela berdagang walau usia sudah menua dan tubuh yang renta. Saya yakin mereka pasti jenuh dan lelah dengan keterbatasan mereka namun tak pantang menyerah demi sesuap nasi.

Lalu apa pantas saya masih juga jenuh dengan rutinitas yang masih memberikan kenyamanan. 
  • Dengerin Ceramah di Youtube
Ceramah dari seorang Ustad membuat hati tenang. Tidak perlu ceramah yang berat, biasanya saya suka menonton tema yang berkaitan dengan penyakit hati, sabar, ikhlas dan tawakkal.

Ceramah yang sudah lama pun tetap saya tonton asalkan sesuai dengan kondisi hati saya saat sedang jenuh demi mendapat jawaban bahwa tak sepantasnya saya jenuh berlebihan.


Kesimpulan

Saya sarankan jangan habiskan waktu kalian dengan hal-hal yang tak bermanfaat saat jenuh karena selain sia-sia, juga tidak ada pelajaran hidup yang dapat kita ambil. Yuk, mulai dari sekarang biasanya mencari sumber inspirasi di kala jenuh. Berjalan-jalanlah sejenak karena di sekeliling kalian pasti banyak menemukan peristiwa berharga untuk diambil hikmah.

Manfaatkan media sosial dalam mencari ilmu dan inspirasi sehingga tidak hanya berselancar untuk hal sia-sia, melainkan untuk mencari inspirasi dalam beramal sholeh.



Mariatanjungmenulis
Selamat Datang di Blog Saya. Selamat Membaca

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email