Personal Statement LPDP, Arti dan Fungsinya Untuk Pencari Beasiswa

Personal Statement LPDP,
Credit Photo: Desain by Canva

Jika Anda merupakan individu pemburu beasiswa yang memiliki motivasi untuk bisa produktif dalam menuntut ilmu, ada banyak tahapan dalam mendapatkan beasiswa yang harus diketahui. Salah satunya adalah Personal Statement LPDP. LPDP sendiri merupakan kepanjangan dari Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan, dimana program beasiswa ini dibiayai oleh Pemerintah Indonesia memanfaatkan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional serta dikelola oleh LPDP.

Sementara istilah Personal Statement LPDP sendiri mengacu pada karya berupa esai yang dibuat oleh calon penerima beasiswa LPDP yang akan disertakan dalam pengajuan beasiswa ke luar negeri.

Di dalam esai yang ditulis oleh calon penerima beasiswa nantinya berisi mengenai motivasi, prestasi serta alasan mengapa calon mahasiswa tersebut ingin mengambil jurusan dari perguruan tinggi luar negeri yang dipilihnya.

Personal Statement LPDP ini sangat penting bagi penerima beasiswa, karena nantinya panitia penyelenggara akan memutuskan apakah Anda layak atau tidak menerima beasiswa ke luar negeri tersebut berdasarkan dari Personal Statement LPDP yang ditulis.

Ternyata tidak semua kampus di luar negeri mensyaratkan adalahnya Personal Statement LPDP ini. Namun kalian jangan bernafas lega terlebih dahulu. Mana tahu ternyata kampus impian kalian justru mensyaratkan calon penerima beasiswa membuat Personal Statement LPDP.

Berikut daftar kampus yang mensyaratkan adanya Personal Statement LPDP:
  1. Monash University, Australia
  2. Wageningen University & Research (WUR), Belanda
  3. University College London, UK (Inggris)
  4. The University of Melbourne, Australia
  5. The University of Edinburgh, UK (Inggris)
  6. The University of Manchester, UK (Inggris) 
Tentu saja kalian tidak boleh asal dalam menulis Personal Statement LPDP. Selain ditulis antara 1.500 sampai 2.000 kata, Personal Statement LPDP juga nantinya akan menunjukkan seberapa besar keinginan kalian untuk mendapatkan beasiswa ini.

Cara Jitu Membuat Personal Statement LPDP

Mungkin saja jadwal pendaftaran beasiswa ke luar negeri masih lama, namun saya sarankan untuk mempersiapkan sebaik mungkin, salah satunya menyusun Personal Statement LPDP. Berikut beberapa tips dan cara jitu membuat Personal Statement LPDP yang menarik:
  • Buat draft terlebih dahulu
Jangan terburu-buru ketika akan menulis Personal Statement LPDP. Sebelum memulai, ada baiknya Anda buat draft berisi point-point yang akan ditulis. Bisa diawali dengan biodata diri Anda dan motivasi yang ingin diraih ketika berhasil mendapatkan beasiswa yang diinginkan.
  • Tulis apa yang menjadi prestasi dan pencapaian
Jangan lupa tonjolkan kompetensi yang Anda miliki melalui pencapaian dan juga prestasi di dalam Personal Statement LPDP. Ini bukan bentuk pamer atau rasa sombong, namun panitia penyelenggara beasiswa harus tahu apa saja prestasi Anda. Hal ini bertujuan agar panitia penyelenggara tidak salah memilih ketika meloloskan Anda sebagai peserta penerima beasiswa.
  • Tulis latar belakang memilih jurusan dan perguruan tinggi tersebut
Memilih jurusan serta negara tempat melanjutkan studi tentu tidak asal pilih. Ada banyak pertimbangan yang harus Anda lalui ketika memutuskan untuk memilih jurusan studi dan negara penerima beasiswa.

Jangan lupa untuk menuliskan latar belakang memilih jurusan tesebut dan kenapa negara tujuan tersebut yang Anda pilih di Personal Statement LPDP. Jawaban yang masuk akal akan menjadi nilai tambah bagi Anda sebagai calon peenrima beasiswa.
  • Minta pendapat dari orang lain
Setelah selesai menulis Personal Statement LPDP, jangan lupa untuk meminta kritik dan saran dari orang yang benar-benar berpengalaman menerima beasiswa luar negeri. Atau juga mintalah kritik dan saran dari orang yang berkompeten di bidangnya atas Personal Statement LPDP yang telah Anda tulis. 

Kalian yang masih bingung bagaiana menulis Personal Statement LPDP, maka jangan khawatir karena Kobi Education bisa memberikan konsultasi sekaligus mentoring kepada calon penerima beasiswa yang saat ini sedang mengajukan pendaftaran.

Kobi Education, Platform Informasi Seputar Beasiswa Beserta Mentoring

Saya yakin di luar sana, bukan hanya Anda yang memiliki mimpi mendapat beasiswa  ke luar negeri. Ada banyak individu yang juga menginginkan untuk bisa menuntut ilmu di luar negeri. Untuk mengatasi kebingungan para calon penerima beasiswa itulah, akhirnya Kobi Education terbentuk.

Tidak hanya sekadar membuka program kursus TOELF ITP dan IELTS Preparation, Kobi Eduation juga menerima konsultasi dari para calon penerima beasiswa seputar persyaratan pendaftaran beasiswa dan juga termasuk pembuatan Personal Statement LPDP.

Ada banyak testimoni dari para mahasiswa yang sudah diterima menjadi peserta beasiswa di luar negeri. Sebelum mendaftar, mereka bergabung bersama Kobi Education untuk mendapatkan mentoring dan juga konsultasi lengkap terkait beasiswa ke luar negeri.

Jadi untuk kalian yang memang memiliki mimpi bisa belajar di luar negeri menggunakan program beasiswa, saat bergabung bersama Kobi Education untuk mendapatkan mentoring terbaik dari para ahlinya.

Semoga bermanfaat.


Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

14 komentar untuk "Personal Statement LPDP, Arti dan Fungsinya Untuk Pencari Beasiswa"

  1. Terima kasih sharingnya kak, sangat bermanfaat sekali. Bisa sebagai panduan untuk adik-adik yg mendaftar LPDP agar berhasil dan lolos seleksi.

    BalasHapus
  2. Wah, ini impianku waktu masih zaman muda dan single. Sayangnya, dulu mimpi hanya sekadar mimpi karena kurang informasi. Zaman sekarang enak, ya, ada yang siap membimbing, contohnya Kubi Education ini.

    BalasHapus
  3. Mendapatkan pendapat orang lain, terlebih kepada mereka yang namanya sudah kenal baik, dan memiliki reputasi bagus, jelas bukan perkara yang mudah. Untuk kamu yang lagi berusaha, sebisa mungkin untuk jaga nama baik pemberi pendapat tersebut.

    BalasHapus
  4. Bagus banget panduan dan informasinya ini Mbak Maria. Ngebantu banget buat yang lagi mau nyari beasiswa ke luar negeri lewat LPDP.

    BalasHapus
  5. Terima kasih sharingnya, Kak. Untuk penulisan essai sebelum masuk universitas itu sendiri sudah diterapkan negara2 asing sih ya apalagi Amerika (kebiasaan nonton film hollywood jadi tahu ehehe). Buat yang nggak terbiasa nulis essai gini, bisa minta dibimbing sama Kubi Education ya. Mantaap.

    BalasHapus
  6. Pas baca linknya bertanya2 apa itu LPDP, akhirnya dapet jawaban lengkap. Ternyata ada alurnya ya untuk beasiswa LN. Aku baru tau ini. Dari dulu cuma penasaran tanpa nyari tau lebih lanjut. Sekarang jd pham berkat artikel ini

    BalasHapus
  7. Kebetulan lagi cari-cari informasi seputar LPDP untuk anakku yang setahun lagi lulus SMK, jadi tahu kalau sudah ada platform yang membantu memberikan informasi seputar beasiswa dan persyaratannya seperti Kobi Education ini.

    BalasHapus
  8. Info ini bermanfaat banget nih bagi pencari beasiswa LPDP. Mudah-mudahan nanti anak-anakku bisa ikutan dapat beasiswanya juga kalau mereka sudah besar. Membuat personal statement yang bagus memang butuh tips dari orang-orang yang berpengalaman. Karena kadang tulisan yang menarik saja belum tentu terpilih ya. Perlu alasan yang kuat juga untuk dapat diterima.

    BalasHapus
  9. Aku pernah nonton video orang yang sharing pengalaman dia Lulus beasiswa lpdp ini dan dia menjelaskan juga tentang personal statement. Cuma Kalau Bahasa inggris perlu usaha banget ya mbak bikinnya

    BalasHapus
  10. Info yang bermanfaat banget nih buatbyang mau dapat beasiswa luar negeri, prepare dari lama berarti ya

    BalasHapus
  11. Jadi tahu kalau LPDP itu kudu ada seperti ini
    Hmm tapi usiaku sudah lewat hiks
    Andai anak ketiga belum muncul mungkin langsung cuss

    BalasHapus
  12. Ada beberapa jenis beasiswa yang dapat diperoleh ya, tidak ada salahnya kan menyiapkan diri untuk membuat personal statement barangkali kampus yang dituju mensyaratkan personal statement LPDP ini

    BalasHapus
  13. Wah bermanfaat sekali ini kak maria. Terima kasih sharingnya Bisa sebagai panduan untuk adik-adik yg mendaftar LPDP agar berhasil dan lolos seleksi.

    BalasHapus
  14. Beasiswa Lpdp ini memang salah satu beasiswa yang banyak diincar mereka yang mau kuliah ke luar negeri ya, mbak. Tentunya biar bis lulus kita harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya termasuk dalam membuat personal statementnya

    BalasHapus