Apa Arti Lasik dan Manfaatnya Untuk Mata



Sebagai seorang individu yang sudah tidak muda lagi, saya memiliki permasalahan dengan mata. Mata saya baik itu kira dan kanan saat ini tidak bisa melihat benda dari jarak jauh. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan kacamata untuk membantu penglihatan yang sudah mulai memudar dalam melihat benda di jarak jauh.

Namun ternyata menggunakan kacamata terkadang sering merepotkan saya. Menggunakan kacamata rawan hilang dan juga pecah jika tidak diletakkan dengan benar. Selain itu juga disarankan setiap 2 tahun sekali, kita harus melakukan pemeriksaan kembali ke dokter mata. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengukur kembali ukuran kacamata, apakah minus, plus atau silinder bertambah atau tetap. 

Saat ini teknologi semakin berkembang dengan pesat, termasuk salah satunya di dunia kedokteran. Salah satu bentuk perkembangan teknologi di dunia kedokteran adalah dengan munculnya teknik lasik sebagai salah satu metode operasi untuk bisa mengembalikan fungsi mata kita.

Pengertian Lasik dan Manfaat untuk Mata

Lasik merupakan salah satu metode di dunia kedokteran yaitu operasi mata yang dilakukan untuk mengobati rabun jauh, rabun dekat dan astigmatisma. Dalam dunia kedokteran, astigmatisma merupakan gangguan pada penglihatan dikarenakan ketidak sempurnaan (cacat) pada kornea mata.

Teknik operasi lasik sendiri menggunakan metode laser dimana akan mengikis lapisan kornea mata, agar penglihatan menjadi lebih baik sehingga nantinya kita akan terbebas dari pemakaian kaca mata. 

Operasi lasik sendiri memiliki beberapa manfaat yang bisa dirasakan pasien yang menggunakan kacamata, antara lain:
  • Tidak lagi ketergantungan menggunakan kacamata. 
  • Mata dapat berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu dapat melihat benda dari jarak jauh maupun dekat.
  • Tidak perlu 2 tahun sekali memeriksakan kondisi mata ke dokter mata.
Tentu saja ketika hendak melakukan operasi lasik, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan, misalnya saja:
  • Cari tahu berapa harga lasik mata. Tentu saja harga lasik mata di rumah sakit satu berbeda dengan rumah sakit lainnya. Sebagai pasien yang ingin melakukan tindakan lasik, kalian harus cari informasi dengan detail berapa harga lasik mata di beberapa rumah sakit. Tentu saja hal ini bertujuan agar Anda siap secara finansial ketika memutuskan untuk melakukan operasi lasik.
  • Operasi lasik hanya bisa dilakukan oleh pasien yang telah mencapai usia 18 tahun ke atas. Oleh karena itu, jika ada anak-anak yang masih berusia di bawah 18 tahun namun sudah menggunakan kacamata, maka harap bersabar sampai usia 18 tahun agar bisa melakukan operasi lasik.
  • Tidak memiliki riwayat penyakit tertentu yang bisa menghambat apabila ingin melakukan operasi lasik. Untuk ibu hamil dan menyusui apabila memiliki rencana operasi lasik, maka sebaiknya ditunda dahulu karena tindakan ini tidak diperbolehkan untuk ibu hamil dan menyusui.

Penutup

Mata merupakan indera penglihatan yang sangat vital dalam menunjang aktivitas keseharian. Memiliki mata yang berfungsi baik, maka kita akan mampu melakukan segala pekerjaan tanpa hambatan.

Oleh sebab itu, sebaiknya apabila memiliki gejala sakit di mata ataupun penglihatan yang mulai kabur, segera periksakan ke dokter mata terdekat. Dengan memeriksakan mata ke dokter spesialis mata terdekat, maka akan mempercepat diagnosa sehingga kita bisa tahu tindakan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Apabila prosedur lasik harus dilakukan, maka Anda harus siap secara fisik, mental dan juga finansial agar pengobatan dapat berjalan lancar.

Semoga bermanfaat.

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Apa Arti Lasik dan Manfaatnya Untuk Mata"