Mengenal Apa Itu Acne Prone Skin, Penyebab dan Cara Mengatasinya

 
Mengenal Apa Itu Acne Prone Skin
Credit Photo: Pixabay


Kondisi kulit yang rentan berjerawat alias acne prone skin menjadi masalah yang umum terjadi. Jerawat menjadi masalah kulit yang umum dialami banyak orang. Jika terjadi sesekali mungkin bisa diatasi. Namun, jika muncul terus-menerus, bisa jadi itu adalah acne prone skin.

Apa itu acne prone skin dan produk apa yang bisa mengatasi kulit yang satu ini? untuk mengetahuinya, simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu Kulit Acne Prone?

Sederhananya, acne prone skin adalah kondisi di mana kulit wajah sangat mudah memiliki jerawat, tidak berhenti pada benjolan merah saja, kondisi ini bahkan bisa membuat kulit meradang.

Sebenarnya, terdapat dua jenis jerawat, yaitu jerawat non-inflamasi dan inflamasi. Jerawat non-inflamasi terjadi karena pori-pori yang tersumbat. Jerawat ini pada umumnya sering muncul di area hidung dan pelipis atau dikenal dengan komedo yang berwarna putih.

Sementara itu, jerawat inflamasi akan terlihat lebih mencolok karena warnanya merah dan seringkali disertai dengan peradangan. Jerawat jenis yang satu ini biasanya memiliki ukuran lebih besar, lebih dalam, dan di dalamnya terdapat nanah.

Penyebab Kulit Acne Prone.

1. Genetik

Faktor genetik dapat menyebabkan seseorang memiliki jenis kulit yang rentan terhadap jerawat. Apabila orang tua atau anggota keluarga memiliki riwayat kulit berjerawat, mungkin memiliki risiko yang cukup tinggi untuk mengalami kulit yang rentan berjerawat.

2. Penumpukan Sel Kulit Mati.

Sel-sel kulit mati yang tidak terkelupas secara efisien dapat menyumbat pori-pori dan memicu pembentukan jerawat. Itu sebabnya, pemilik acne prone perlu selalu menjaga kebersihan wajahnya.

3. Ketidakseimbangan Hormon.

Perlu diketaui bahwa, hormon adalah salah satu faktor terbesar dalam pembentukan acne prone skin. Apalagi saat memasuki masa haid, hamil dan menyusui, seorang wanita pasti akan sulit untuk mengontrol hormon nya.

4. Polusi Lingkungan.

Paparan terhadap polusi udara dan lingkungan yang kotor dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu peradangan kulit, menyebabkan jerawat. Maka dari itu, segera bersihkan wajah apabila telah terpapar polusi.

Rekomendasi Produk Suncreen untuk Kulit Acne Prone Terbaik.

Menjadi salah satu sunscreen untuk kulit acne prone, Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen SPF 30 PA++ memang tidak bisa diragukan lagi. SPF dari produk yang satu ini tidak terlalu tinggi yaitu 30 PA++, namun Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen SPF 30 PA++ dilengkapi dengan beberapa bahan-bahan yang merawat kulit rawan jerawat.

Ada asam salisilat yang dapat melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat, 1% zinc gluconate membantu mengontrol produksi sebum berlebih, propanediol yang menjaga kulit tetap terhidrasi, dan bisabolol yang menenangkan. Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen SPF 30 PA++ tabir surya hibrida yang terasa ringan di kulit dan tentunya tidak meninggalkan warna putih. Harganya juga sangat ramah dikantong, bisa mendapatkan produk ini di Darmiesclearme.co.id dengan harga Rp 70.000 untuk ukuran 30 gram, sudah bisa mendapatkan banyak manfaat untuk kalian yang memiliki kulit acne prone.

Cara Pakai Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen SPF 30 PA++.

1. Membersihkan Wajah.

Membersihkan wajah merupakan langkah pertama perawatan kulit untuk semua jenis masalah kulit. Sebelum menggunakan Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen SPF 30 PA++ perlu membersihkan wajah dengan lembut. Hindari menggosoknya secara kasar karena itu hanya dapat merusak jerawat.

Hindari pembersih dengan kandungan yang keras. Sebagai penggantinya, bisa menggunakan pembersih yang lembut.

2. Aplikasikan Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen SPF 30 PA++ secukupnya.

Cara menggunakan Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen SPF 30 PA++ agar hasil yang maksimal adalah dengan mengeluarkannya sepanjang 2 jari tangan, yakni 1 jari telunjuk dan 1 jari tengah.

Oleskan Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen SPF 30 PA++ ke seluruh permukaan wajah seraya memijat kulit dengan Gerakan memutar searah jarum jam secara perlahan. Namun, berhati-hati saat mengolesnya pada area sekitar mata. Beberapa bahan-bahannya bisa menyebabkan mata perih.

3. Gunakan Minimal 30 Menit Sebelum Beraktivitas.

Agar lebih efektif, oleskan Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen SPF 30 PA++ tiga puluh menit sebelum akan pergi ke luar rumah atau berada di bawah sinar matahari. Waktu tersebut ideal bagi sunscreen untuk dapat diserap oleh kulit dan mencegah luntur saat berkeringat.

4. Ulangi Pemakaian jika Diperlukan.

Pemakaian produk dari Dermies ini bukan hanya untuk digunakan pada pagi hari saja. Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen SPF 30 PA++ bisa digunakan secara rutin atau diaplikasikan kembali untuk memastikan perlindungan dari sinar UV tetap maksimal.
Pemakaian produk dari Dermies ini memang ditunjukan sebagai produk untuk reapply, agar tetap dapat perlindungan SPF-nya. Dengan begitu, dapat mengontrol minyak meski beraktivitas sepanjang hari.

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

1 komentar untuk "Mengenal Apa Itu Acne Prone Skin, Penyebab dan Cara Mengatasinya"

  1. alhamdulillahnya kulitku normal tanpa masalah paling komedo2 hidung ini aja ya yg pasti ada hihihi...menangani kulit dengan acne memang susah2 gampang ya mbaa..untuk ada SS Dermies Clear Me yg bermanfaat utk kulit acne :)

    BalasHapus