Mudahnya Ajukan Klaim FWD Insurance, Ini Langkah yang Harus Anda Lakukan

Mudahnya Ajukan Klaim FWD Insurance
Credit Photo: Pexels


Percaya atau tidak bahwa saat ini kita hidup di era digitalisasi. Layanan yang semula diproses secara fisik, seperti menggunakan dokumen cetak dan mewajibkan untuk bertatap muka, kini mulai berubah dengan layanan digital, termasuk yang dihadirkan oleh FWD Insurance. Sebagai perusahaan asuransi jiwa berbasis digital yang berfokus pada nasabah, FWD Insurance memberikan kemudahan bagi para nasabah untuk melakukan klaim dengan memanfaatkan teknologi. Tentu saja dengan kemudahan yang diberikan oleh FWD Insurance, membuat kita menyasa tenang apabila suatu ketika mendapatkan risiko dalam kehidupan.

Bagi sebagian orang, memiliki asuransi kesehatan itu penting karena terkadang penyakit datang tanpa kita sadari. FWD Insurance juga menyediakan produk asuransi kesehatan untuk para nasabahnya, dan tentunya proses klaim mudah dan praktis, asalkan Anda sudah mempersiapkan berbagai berkas yang diperlukan untuk proses klaim.

Nasabah individu maupun kumpulan yang memiliki produk FWD Insurance dapat menikmati kemudahan dalam proses klaim lewat aplikasi FWD MAX, sebagaimana visi FWD Insurance untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi, 

FWD MAX adalah aplikasi bagi nasabah, baik perorangan maupun kumpulan, dan juga untuk masyarakat umum yang ingin mendapatkan produk asuransi, mengetahui informasi polis, pengajuan klaim, termasuk mendapatkan berbagai promo dan reward, yang bisa didapatkan lewat Google Play Store dan Apple App Store.

Melalui aplikasi FWD MAX, nasabah asuransi individu dapat mengakses fitur eServices untuk mendapatkan kemudahan seperti akses informasi polis, pembayaran premi, monitor hasil investasi, mengubah atau perbaharui data personal, dan mengajukan atau mengecek status klaim. FWD MAX dapat diunduh di Apple App Store dan Google Play Store. Tentunya hal ini sangat mempermudah kita sebagai nasabah, sehingga tidak perlu repot lagi harus datang ke kantor asuransi yang bersangkutan apabila ada yang ingin ditanyakan.

Bagi nasabah individu, pengajuan manfaat klaim melalui FWD MAX dapat dilakukan dengan: 
  1. Pilih fitur “eService”, “My Claims”, kemudian “Submit New Claim”
  2. Tulis/Pilih Nama pemilik Polis
  3. Pilih Tipe klaim
  4. Pilih jenis manfaat yang ingin diklaim
  5. Pilih ada/tidak ada tindakan Pembedahan
  6. Isi detail klaim, yaitu No polis, rumah sakit rekanan, dokter jaga, informasi bank pembayaran
  7. Upload dokumen pendukung sesuai type dokumen 
  8. Cek ringkasan klaim! Jika sudah sesuai, klik “Proceed”

Apabila semua dokumen telah diterima lengkap, FWD Insurance akan memproses klaim nasabah dalam waktu maksimal 14 (empat belas) hari kerja. Selain melalui FWD MAX, nasabah juga dapat menghubungi customer service melalui Whatsapp (+62) 8551500525.

Bagi nasabah asuransi kumpulan, FWD Insurance tentunya juga memberikan kemudahan dan fleksibilitas untuk memproses klaim. Nasabah layanan ini dapat memproses melalui fitur e-Friend di aplikasi FWD MAX dengan langkah-langkah sebagai berikut: 
  1. Pilih menu “e-Friend”
  2. Pilih fitur “Reimburse Claim”
  3. Isi “Claim Date Visit & Claim Date Discharge”
  4. Lengkap Data berupa Nama, “Benefit Type”, “Hospital/Clinic Reimbursement”, Jumlah nominal klaim dan “Doctor Name”, lalu klik “Next”.
  5. Foto kwitansi asli menggunakan kamera langsung, sebelum difoto tulis: “Sudah diklaim ke FWD pada tanggal dd/mm/yyyy” dengan menggunakan pulpen di atas kwitansi, kemudian pilih “Saya setuju” dan klik “Next”. 
  6. Upload semua dokumen medis dan disesuaikan dengan dokumen mandatori benefit yang akan diklaim. 
  7. Klik “Next”
  8. Dokumen medis yang telah di upload akan muncul sebagai list, jika sudah lengkap dan  sesuai klik “OK”. 
  9. Detail akun bank untuk pembayaran sudah otomatis terisi sesuai yang telah  didaftarkan.
  10. Jika sudah benar klik “Submit Reimbursement Claim”.
  11. E-claims berhasil di submit. Atau klik “Claim Tracking” untuk cari tahu sudah sampai mana status E-Claims.
Setelah selesai melakukan langkah-langkah di atas, nasabah dapat mengecek status terkini dari proses klaim yang diajukan dengan cara: 
  1. Klik “Notification” 
  2. Klik “My Claims” untuk mengetahui status terbaru dari pengajuan klaim.
Kemudahan proses klaim ini telah dirasakan oleh para nasabah FWD Insurance baik perorangan maupun peserta asuransi kumpulan. Berdasarkan Laporan Keuangan tahun 2022 (audited), FWD Insurance telah menjalankan komitmennya dengan membayarkan klaim sebesar Rp718.544.000.000,- (tujuh ratus delapan belas miliar lima ratus empat puluh empat juta Rupiah). Kini semua bisa bebaskan langkah bersama dengan FWD Insurance.

Penutup

FWD Max untuk Android memudahkan Anda yang ingin memiliki perlindungan namun ingin tetap praktis. Hal ini dikarenakan segala aktivitas yang berkaitan dengan asuransi cukup dilakukan secara terdigitalisasi. Jangan khawatir bagi Anda pengguna iPhone karena FWD Max untuk iPhone juga dapat diunduh di iPhone, sehingga hidup menjadi lebih tenang dengan adanya perlindungan asuransi dari FWD Insurance.

Rencanakan masa depan dengan bergabung menjadi nasabah FWD Insurance, maka hidup akan menjadi lebih berkualitas.






Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

11 komentar untuk "Mudahnya Ajukan Klaim FWD Insurance, Ini Langkah yang Harus Anda Lakukan"

  1. nasabah FWD wajib banget unduh apps FWD MAX supaya saat mau klaim langsung submit dokumen di sana. apps-nya juga tersedia di android maupun iPhone yah. So, ga panik lagi nih kalau urusan klaim asuransi.

    BalasHapus
  2. Ketika memilih asuransi, pasti proses klaim jadi salah satu pertimbangan utama. Karena sangat menjengkelkan bisa klaimnya dipersulit. Makanya memang penting untuk memilih asuransi yang bisa dipercaya

    BalasHapus
  3. Menguntungkan sekali ya jika untuk mengajukan claimnya mudah begini. Nggak perlu khawatir urus-urus dokumen yang njelimet. Terima kasih informasinya kak.

    BalasHapus
  4. wah hebat ya bisa semudah ini biasanya klaim asuransi kan susah a kalau fwd insurance ini mudah sekali

    BalasHapus
  5. Paling suka sama asuransi yang memberikan kemudahan bagi Nasabah nya untuk claim. Ngga diribetin dan prosesnya cepat.

    BalasHapus
  6. Inovasinya FWD enggak habis habis dan semua ditujukan untuk memanjakan nasabah setianya yang sudah bertahun tahun menikmati layanan FWD

    BalasHapus
  7. Punya asuransi untuk masa sekarang memang perlu ya kak. Kita punya proteksi untuk kesehatan keluarga

    BalasHapus
  8. Klaim asurasi yang mudah pastinya membuat para nasabah lebih tenang lagi. Dan itu yang membuat nasabah makin betah dengan service yang baik seperti ini

    BalasHapus
  9. Mudah ya Kak, udah bisa dilakukan dengan online, jadi gak perlu ragu, kalo mau pake asuransi FWD, karena vanyak kemudahan hingga saat mau ambil manfaatnya

    BalasHapus
  10. Senang ya kalau klaim asuransi dipermudah. Tandanya perusahaan asuransi memang benar benar memperhatikan nasabahnya. Seperti FWD yang hadir untuk membantu nasabahnya.

    BalasHapus
  11. Buat pilih asuransi itu salah satuunya cek kemudahaan saat klaim ya, apalagi FWD ini produknya bagus juga

    BalasHapus