Prinsip 4D dari Brian Tracy Tentang Kebebasan Keuangan

 
Digibank By DBS
Sumber Gambar: Pexels


Tahukah Anda bahwa digital banking bisa membantu mewujudkan kebebasan keuangan yang Anda impikan? Perbankan digital umumnya menyediakan layanan investasi di luar layanan umum perbankan. Fitur inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk mengelola keuangan dengan cara tepat seperti yang telah diajarkan Brian Tracy melalui Prinsip 4D.

Di kalangan pengusaha dan bisnis, kebebasan keuangan atau financial freedom merupakan hal yang biasa dibicarakan. Kebebasan keuangan merupakan kondisi di mana seseorang tidak lagi bekerja untuk mendapatkan uang, tapi menggunakan aset yang dimiliki untuk terus menerus menghasilkan uang. Pengelolaan aset yang tepat yang akan membuat seseorang mencapai level kebebasan keuangan. 

Prinsip 4D Brian Tracy tentang Kebebasan Keuangan

Seorang ahli ekonomi dan motivator asal Amerika bernama Brian Tracy memaparkan Prinsip 4D yang akan membawa Anda mencapai kebebasan keuangan yang diimpikan. Prinsip tersebut didapat sebagai hasil perjalanan dan pengalamannya serta analisa terhadap orang-orang yang telah berhasil mendapatkan kebebasan keuangan. Dalam mengaplikasikan Prinsip 4D, kebebasan keuangan dapat diraih melalui pengelolaan keuangan dengan cara investasi. Menggunakan teknologi seperti digital banking, juga merupakan penerapan tepat menggunakan prinsip 4D, berikut ini penjelasannya:

1. Desire (Prinsip Keinginan)

Tetapkan suatu keinginan yang kuat di dalam diri Anda untuk mencapai kebebasan finansial. Jadikan keinginan tersebut kotor penggerak dan semangat tak tergoyahkan dalam mencapai target yang telah Anda tentukan. Ubahlah pola-pola lama yang menjauhkan Anda dari kebebasan finansial, seperti gaya hidup konsumtif dan hedonisme, membeli barang hanya karena takut dianggap ketinggalan zaman atau istilah kerennya terkena sindrom FOMO, fear of missing out. Anda bisa mulai mempelajari konsep pengelolaan keuangan melalui investasi dan mencari tahu apa itu digital banking serta apa saja manfaatnya. Capai target kebebasan finansial dengan keinginan, tekad, dan semangat sekuat baja!

2. Decision (Prinsip Keputusan)

Kondisi keuangan Anda di hari ini merupakan hasil keputusan Anda di hari yang lalu. Oleh karena itu, buatlah keputusan yang bijak di hari ini, agar kehidupan Anda di masa depan jauh lebih baik. Bulatkan tekad dalam menentukan keputusan untuk masa depan. Keputusan membawa Anda pada komitmen yang kuat. Berani membayar harga sebuah keinginan dengan kerja keras dan semangat pantang menyerah. Jauhi gaya hidup hedonisme dan kekang kebiasaan buruk menghamburkan uang tanpa perencanaan matang. Langkah selanjutnya, Anda perlu merumuskan strategi dalam mencapai target kebebasan keuangan. Jalani strategi tersebut satu demi satu hingga langkah Anda semakin mendekati target dan impian. 

3. Determination (Keteguhan Hati)

Tidak ada target atau impian yang dicapai dengan mudah atau dengan cara  bermalas-malasan. Hambatan atau masalah pasti akan datang, untuk menggoyahkan semangat Anda. Namun jika prinsip keteguhan hati telah Anda yakini, maka Anda pasti akan menemukan jalan keluar untuk mengatasi masalah-masalah yang menghambat. Jangan biarkan hambatan  menghentikan langkah Anda, termasuk juga jika hambatan itu datang dari diri Anda sendiri. Bukankah musuh terbesar yang berusaha menjauhkan impian adalah diri sendiri? 

Misalnya saja dalam menggunakan digital banking untuk pengelolaan aset investasi. Semua fitur yang ada dibuat untuk memudahkan perjalanan investasi Anda, bahkan jika Anda seorang investor pemula. Namun jika Anda tidak mau memanfaatkannya dan membiarkan kemalasan menghentikan langkah Anda menuju kesuksesan, tentu tidak akan ada hasilnya. Sudah saatnya Anda meneguhkan hati dan menaiki semua anak tangga yang membawa Anda menuju kebebasan keuangan yang diimpikan. 

4. Discipline (Prinsip Disiplin/Tertib)

Tiga prinsip di atas menjadi sempurna dengan prinsip terakhir yaitu disiplin. Sekali lagi, tidak ada jalan mudah menuju  target yang Anda cita-citakan. Satu-satunya cara adalah membuat rencana kerja dan strategi mendetail untuk dapat mencapai target kebebasan keuangan. Setelah itu, Anda hanya perlu berdisiplin dalam menjalaninya. Lakukan rencana kerja Anda setiap hari, terus menerus, tanpa mengeluh. 

Persistensi dan konsistensi merupakan bentuk kedisiplinan yang dibutuhkan dalam mencapai target kebebasan keuangan. Jangan mudah lengah atau cepat merasa lelah. Buang jauh keputusasaan ketika menghadapi masalah yang terus datang. Percayalah pada kebahagian yang akan Anda rasakan ketika berhasil mencapai target kebebasan keuangan. 

Mencapai Kebebasan Keuangan dengan Aplikasi digibank by DBS 

Untuk mencapai kebebasan keuangan, selain menerapkan empat prinsip di atas, Anda juga harus punya kendaraan yang bisa membawa Anda lebih cepat tiba di tujuan. Kendaraan yang dimaksud adalah aset investasi serta tabungan. Anda bisa menggunakan digital banking untuk memudahkan perjalanan mencapai target kebebasan keuangan.

Sebenarnya, apa itu digital banking? Ini merupakan pelayanan perbankan yang memanfaatkan teknologi dan internet. Di zaman serba digital, tentu menggunakan platform perbankan online menjadi pilihan yang memudahkan pengelolaan keuangan Anda. Contohnya adalah Aplikasi digibank by DBS yang dapat diunduh di smartphone Anda.

Aplikasi digibank by DBS menyediakan bermacam layanan perbankan dan investasi hanya di satu aplikasi saja. Anda tidak perlu repot datang ke bank, juga tidak perlu memenuhi smartphone Anda dengan mengunduh berbagai macam aplikasi investasi. Semua sudah tersedia di satu aplikasi yang lengkap dan menawarkan banyak fitur layanan perbankan dan investasi. Fitur-fitur yang tersedia ditujukan untuk mengelola aset serta membantu Anda mewujudkan kebebasan keuangan, antara lain:
  • Transaksi lengkap, mudah dan aman
  • Pilihan asuransi dan investasi beragam
  • Tersedia produk kartu kredit dan pinjaman
Digital banking merupakan solusi jitu yang melancarkan usaha Anda menuju kebebasan keuangan. Ingat, keputusan yang Anda ambil hari ini adalah perwujudan masa depan Anda. Tunggu apa lagi? Segera dapatkan informasi lebih lanjut Aplikasi digibank by DBS di sini.

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Prinsip 4D dari Brian Tracy Tentang Kebebasan Keuangan"