Autonomous Electric Vehicle Dari Sinar Mas Land, Bus Otomatis Pertama di Indonesia

 

Pernah dengar mengenai transportasi listrik tanpa awak alias tanpa pengemudi di Indonesia? Dulu saya tak pernah terpikir dengan adanya hal tersebut. Ternyata transportasi listrik tanpa awak sudah hadir di Indonesia, tepatnya di Green Office Park, BSD City. Adapun transportasi listrik tanpa awak dikenal dengan sebutan Autonomous Vehicle

Adalah Navya Arma yang merupakan Autonomous Electric Vehicle pertama di Indonesia dari Sinar Mas Land. Sebagai Autonomous Electric Vehicle pertama di Indonesia, Navya Arma memiliki spesifikasi sebagai berikut:
  • Penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam.
  • Memiliki dimensi 4,7 m x 2,1 m 
  • Dapat memuat penumpang sebanyak 15 orang, dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri. 
Autonomous Electric Vehicle (AV) sendiri baru saja mengikuti acara Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali, dimana acara tersebut merupakan official side event dari G20, yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan pada tanggal 11 sampai dengan 16 November 2022 lalu.

Navya Arma dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.

Transportasi listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom.

Sinar Mas Land makin menegaskan komitmennya untuk terus memberikan kontribusi dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang dibuktikan dengan adanya berbagai inovasi untuk mengembangkan kota pintar berenergi hijau yang lebih ramah lingkungan

Salah satu bentuk kontribusi nyata dari Sinar Mas Land adalah dengan adanya Autonomous Electric Vehicles (AV) pertama di Indonesia dalam kawasan BSD City. Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation, didukung pendanaan dari JICA, Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc. 

Kehadiran teknologi ini sejalan dengan visi hijau kawasan Green Office Park (GOP) dimana merupakan mahakarya dari Sinar Mas Land, yaitu berlokasi di BSD City. Green Office Park sendiri telah tersertifikasi sebagai Green Mark District pertama di Indonesia dari Building Construction Authority (BCA) Singapura. Seluruh gedung perkantoran yang dibangun di dalam Green Office Park (GOP) juga telah mendapat sertifikasi sebagai green building dari Green Building Council Indonesia (GBCI).   

Seperti yang disampaikan oleh Bapak Irawan Harahap, Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, dimana beliau mengatakan:
“Perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanpa awak ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan." 

Dengan adanya kendaraan yang rendah emisi karbon tentu akan mengurangi polusi udara di kota besar seperti Jabodetabek.

Tentang Sinar Mas Land dan Kontribusi yang Telah Diberikan Untuk Indonesia

Sinar Mas Land merupakan perusahaan pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman selama 50 tahun. Sinar Mas Land telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di Indonesia. Keberhasilan Sinar Mas Land dengan mengembangkan properti & real estate di Indonesia diakui oleh lembaga yang kredibel dan independent di dunia dengan mendapatkan berbagai penghargaan internasional seperti MIPIM Award in France (2018), ASEAN Energy Awards (2019), Asia Pacific Property Award (2021), dan masih banyak lagi.

Sinar Mas Land dikenal sebagai pengembang kota mandiri (melalui BSD City Development), dan juga menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan kaster/concept- clustered residential. Inovasi lainnya yang dilakukan oleh Sinar Mas Land adalah sebagai pelopor pengembangan proyek inovatif Strata Mall/Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang properti berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyek yang dikerjakan. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, antara lain:
  • Pembangunan kawasan hijau Green Office Park, 
  • Sertifikasi Green Building, 
  • Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, 
  • Jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman 
  • Acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. 
Sinar Mas Land juga telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan. Selain itu juga Sinar Mas Land turut mengembangkan taman kota serta hutan kota. 

Sinar Mas Land memiliki komitmen dalam menjalankan program Corporate Social Resposibility (CSR) dimana salah satu program yang sudah terealisasi adalah memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan penyediaan tempat usaha untuk 3.000 pelaku UMKM di sejumlah pasar tradisional dan taman jajan kaki lima.

Bagaimana Bisa Naik Autonomous  Vehicle?

Untuk kalian yang tinggal di Jabodetabek, bisa banget mencoba Autonomous Electric Vehicle ini. Bus Otomatis pertama di Indonesia ini ada di The Breeze, BSD City. Kalian bisa naik dari Lobby Utama The Breeze. Cara untuk bisa naik Navya arma sangat mudah lho yaitu kalian hanya cukup memberikan pendapat mengenai AV melalui survei di aplikasi OneSmile. Aplikasi ini dapat kalian unduh di Google Playstore dan juga App Store.

Autonomous Electric Vehicle dapat dicoba oleh warga sekitar sampai tanggal 21 December 2022. Selain itu juga Autonomous Electric Vehicle akan dipamerkan di dalam area The Breeze mulai 22 Desember 2022 sampai 4 Januari 2023. Jika ingin mengajak anak-anak, pastikan tinggi badannya minimal 120 cm yah, karena ini merupakan salah satu syarat untuk dapat naik bus otomatis pertama di Indonesia yang ada di BSD City.

Jadi bagi kalian yang penasaran ingin mencoba untuk naik Navya Arma yuk datang saja ke The Breeze, BSD City. Bersama rombongan teman sejumlah 15 orang akan lebih seru tentunya, karena kalian bisa merasakan sensasi naik bus tanpa pengemudi. Atau ajaklah seluruh anggota keluarga di akhir pekan untuk naik Navya Arma, hitung-hitung sambil rekreasi gratis. 

Semoga bermanfaat.
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

29 komentar untuk "Autonomous Electric Vehicle Dari Sinar Mas Land, Bus Otomatis Pertama di Indonesia "

  1. Andai di Surabaya udah otw nyobain aku mba.. penasaran banget gimana rasanya naik bus tanpa sopir... Kayak deg deg an gitu . Tapi selama mengikuti aturan dan standar keamanan pastinya aman yaa . Insyaallah . Semoga kedepannya kendaraan listrik seperti ini bisa dinikmati di kota2 lain selain di ibu kota

    BalasHapus
  2. Mupeng deh pengin naik bus otomatis ini. Lucu juga tanpa sopir, ya

    BalasHapus
  3. Keren banget nih si nayva. Moga kesampaian aku nyobain naik ini

    BalasHapus
  4. Inovasi transportasi umum di Indonesia, pertama kendaraan listrik yang ramah lingkungan, kedua teknologi otomatis tanpa sopir. Terima kasih ulasannya

    BalasHapus
  5. Ooh..
    Aku baru tahu kalau ternyata Bos listrik tidak memiliki supir. Pastinya menyenangkan jika saja di kotaku sudah ada dan aku bisa menaiki bus tersebut.

    BalasHapus
  6. saya suka deg-degan kalau naik bus karena seringnya kebut-kebutan, tapi kalau lihat busnya secantik dan semungil ini sih ga bakalan seram, malahan penasaran pengen cobain bus listrik ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungil sekali ya busnya udah gitu warnanya biru cantik banget, penasaran pengen rasain sensasinya naik bus tanpa pengemudi ini

      Hapus
  7. Pingin nyoba nih kepo sama bis otonom Navya Arma ..agak deg2an jg ya g ada sopirnya, pasti seneng ya para warga BSD city

    BalasHapus
  8. Wah kalau lagi di Jakarta udah melipir ke BSD nyobain busnya. Penasaran naik bus otomatis tanpa sopir. Canggih yaaa.

    BalasHapus
  9. Tak sabar, pengen ada bus otomatis seperti ini juga di kota saya tapi pasti banyak yang perlu dibenahi.

    BalasHapus
  10. Tak hanya ramah lingkungan tapi juga memiliki visual yang lucu dan gemessh.
    Ga sabar buat nyobain juga.
    Semoga di Surabaya juga segera ada, aamiin.

    BalasHapus
  11. Inovasi yang keren ya, bus otomatis. Semoga semakin banyak daerah lain yang akan disediakan dengan armada ini sehingga bisa dinikmati layanannya oleh masyarakat luas.

    BalasHapus
  12. Mudah mudahan inovasi ini terus berlanjut dan tidak mandek di jalan..
    Siapa tabu saja bisa meniru suksesnya Tesla dengan mobil listriknya

    BalasHapus
  13. Pengen sih nyobain, tapi...hehe, ada tapiny aboleh ya, Kak. Tempatnya jauh banget. Saya hampir di ujung timur jawa timur. Semoga ke depan bisa ada yang dekat sini

    BalasHapus
  14. Waah BSD keren aku ajak anak2 naik inu pasti mlongo deh kereen bisa jalan sendiri (gusti yeni)

    BalasHapus
  15. Keren banget ini ya mba konsepnya. Semoga di kota-kota lainnya juga segera ada.
    Btw namanya cakep ya, Navya Arma

    BalasHapus
  16. Sinar Mas ini banyak konstribusi terhadap masyarakat dan inovasinya nggak main-main ya? Salah satunya Autonomous Vehicle Electric ini.

    BalasHapus
  17. Kereeenn
    Jadi inget kereta di Odaiba yg juga tanpa driver
    Cm kalau ini bus ya
    Ahh, semoga one day bisa merata ke seluruh wilayah Indonesiaa

    BalasHapus
  18. Keren konsepnya, karena lebih modern tanpa sopir dan ramah lingkungan ya. Semoga beberapa tahun ke depan semua moda transportasi dapat mengadaptasi sistemnya

    BalasHapus
  19. Jadi pengen cobain naik bus otomatis elektrik ini Mba. Kendaraan ini ramah lingkungan, dibandingkan bus berbahan bakar minyak. Moga aja bisa kesampaian nyobain bus Navvya Arma

    BalasHapus
  20. seru juga kali ya kalau bisa ikutan naik ke Electric Vehicle si bus otomatis ini, tapi gak berani deh kayaknya saya kalau naik sendiri, hihihh. Ini hanya sampai 4 Januari 2023 aja ya Mbak? padahal pasti banyak tuh yang pengen cobain.

    BalasHapus
  21. Keren, ya, ada bus otomatis seperti ini. Hal yang dulu tampak tidak mungkin, kini semua perlahan menjadi nyata.

    BalasHapus
  22. Keren nih, apalagi saat anak-anak liburan jadinya pengen nyobain bareng keluarga. Bagus juga buat menambah pengalaman dan wawasan anak-anak.

    BalasHapus
  23. Duh kirain ini ada di surabaya loh mbak🤪 seru nih kalau udah beroperasi. Kira kira tarifnya berapa ya

    BalasHapus
  24. Pengen nyobain jg bus otomatis ini nih, apalagi dipake jalan dengan pemandangan indah. Ngeri dikit sih kek.y klau pertama coba tapi nggak apalag

    BalasHapus
  25. Wuihh keren ya, jadi inget salah satu adegan drakor nih mbak, hehe.
    Cara bisa naik bus keren ini juga sangat mudah, ya mbak. Kita tinggal memberikan pendapat mengenai AV melalui survei di aplikasi OneSmile yang ada di Google Playstore dan juga App Store.
    Yukk, warga BSD cuzz ah ke sana.

    BalasHapus
  26. Salut sama Sinar Mas Land tidak hanya sebagai pengembang properti tapi peduli juga terhadap masalah pelestarian lingkungan.

    BalasHapus
  27. Keren banget Mba, ngga nyangka teknologi seperti ini bisa diadaptasi negeri tercinta kita. Semoga ngga sekadar dipakai di acara seremonial tapi bisa digunakan untuk membuat makin banyak orang meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih ke sarana transportasi publik.

    BalasHapus
  28. Asyik dan seru ya, ada bus otomatis pertama dengan teknologi yang keren. Terobosan inovatif yang bisa terus dinikmati publik.

    BalasHapus