3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Pendaftaran Kuliah Online

 


Tahukah kalian jika saat ini pendaftaran kuliah online semakin dipermudah bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan mereka. Tentu saja hal ini sangat jauh berbeda ketika saya kuliah di tahun 1999 lalu. Wah, sudah 23 tahun berlalu ternyata dan sistem pendidikan di Indonesia pun sudah banyak berubah sekarang ini.

Jadi ketika pandemi tahun lalu, bisa dibilang hampir seluruh jenjang pendidikan dialihkan metode pembelajarannya dari yang awalnya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh atau sekolah/kuliah daring. Tentu saja ada beberapa kelemahan dan kelebihan dari sekolah/kuliah daring.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kuliah online dikarenakan kebetulan beberapa teman yang lulusan SMU sangat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Beberapa teman saya beranggapan bahwa saat ini kesempatan untuk melanjutkan kuliah besar sekali, dikarenakan ada beberapa perguruan tinggi yang membuka kelas online bagi karyawan. 

Tentu saja teman-teman saya tertarik dikarenakan kesibukan mereka sebagai ibu rumah tangga, rasanya tidak memungkinkan apabila harus menghadiri kelas perkuliahan. Namun mereka beranggapan bahwa mengenyam pendidikan tidak perlu batasan usia, bahkan ketika menjadi ibu rumah tangga pun, teman-teman saya masih memiliki semangat untuk meraih gelar sarjana. 

Beberapa keunggulan dari kuliah online antara lain:
  1. Dapat dihadiri oleh mahasiswa dari tempat yang berbeda, dimanapun dan kapanpun.
  2. Lebih menghemat biaya transportasi ke kampus karena kuliah cukup dilakukan menggunakan laptop atau PC dari rumah.
  3. Kuliah lebih fleksibel karena mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan kepada dosen ketika sesi kuliah berlangsung atau melalui chat di grup WhatsApp kelas.
  4. Tida perlu melakukan pencatatan manual, karena materi perkuliahan sudah disimpan dalam satu file.
Namun tentu saja ketika kalian berencana untuk melakukan pendaftaran kuliah online, harus melengkapi berbagai persyaratan agar berkas yang sudah dimasukkan ke bagian pendaftaran universitas tidak ditolak hanya karena kurang satu atau dua berkas. Selain itu pula, kalian juga harus mempertimbangkan beberapa hal lainnya ketika sudah berniat untuk kuliah online.

Adapun 3 hal berikut yang harus diperhatikan saat melakukan pendaftaran kuliah online:

1. Pilih Jurusan Kuliah yang Diminati

Terkadang di awal hendak kuliah, kita masih gamang dengan jurusan yang akan ditekuni. Namun saran saya kalau bisa, semenjak kelas 3 SMU, kalian sudah tahu hendak masuk ke jurusan apa di perguruan tinggi. Hal ini bertujuan agar ketika sudah tiba waktunya mendaftar kuliah, tidak bingung dan menyebabkan rencana masa depan gagal.

Tidak ada istilah ikut-ikutan teman jika meneruskan pendidikan di perguran tinggi kelak, karena masa depan kita tidak ditentukan oleh teman atau orang tua. Saya pernah mendengar beberapa kisah dari teman sendiri, dimana mereka kuliah karena desakan orang tua. Orang tua juga yang memilihkan jurusan untuk anak. Namun ketika teman saya sudah lulus menjadi sarjana, dia malah bingung hendak bekerja dimana, karena sama sekali tidak menyukai dan mendalami ilmu yang dipelajari semasa kuliah.

2. Biaya Perkuliahan 

Apabila kalian hendak berkuliah dengan dana 100% dari orang tua, maka sebelum mengambil keputusan untuk berkuliah, sudah seharusnya berunding apakah orang tua mampu membiayai anak dengan jurusan yang ingin diambil kelak. Mengingat ada beberapa jurusan di perguruan tinggi memiliki biaya operasional yang mungkin lebih besar dibanding jurusan lainnya. Sebagai contoh jurusan teknik dan kedokteran.

Namun jika kalian seorang pegawai maupun ibu rumah tangga yang memang bertekad melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dengan biaya sendiri, maka hitung terlebih dahulu apakah biaya kuliah selama kurang lebih 4 tahun dapat dibayarkan sesuai dengan ekspektasi.

Perencanaan keuangan memang dibutuhkan sangat dibutuhkan ketika hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Kita ambil contoh ketika pandemi terjadi tahun 2020 lalu, dimana mungkin bagi sebagian orang harus mengatur ulang seluruh biaya kebutuhan sehari-hari dalam sebulan.

3. Kualitas Perguruan Tinggi Tujuan

Jangan karena hanya ingin kuliah, lalu kalian asal memilih perguruan tinggi. Setelah mendaftar dan resmi menjadi mahasiswa di perguruan tinggi tersebut, ternyata ada faktor yang membuat kecewa, seperti akreditasi program jurusan yang dituju masih C, fasilitas di perguruan tinggi tersebut tidak memadai dan berbagai kekecewaan lainnya.

Cek terlebih dahulu apa saja yang ditawarkan sebuah perguruan tinggi. Kalian bisa mengunjungi website perguruan tinggi yang bersangkutan, atau jika berada di satu kota, bisa datang langsung ke gedung sekretariat dan bertanya ke Layanan Pelanggan di kampus.

Zaman sudah berubah, kemudahan informasi pun bisa kita dapatkan hanya dalam genggaman. Smartphone sudah menyediakan fasilitas berupa informasi yang akurat, salah satunya mengenai perguruan tinggi mana yang menyediakan sistem pembelajaran dengan online learning.

Saya ingin memperkenalkan perguruan tinggi yang bisa menjadi pilihan kalian yang ingin berkuliah namun juga tetap aktif bekerja maupun menjalalankan tugas sebagai ibu rumah tangga. Adalah Binus Online Learning yang merupakan perguruan tinggi dimana menawarkan kuliah secara online namun dengan pendidikan yang berkualitas. Berikut akan saya jelaskan mengenai sistem perkuliahan di Binus Online Learning.

Berkenalan Dengan Binus Online Learning: Kuliah Online Bagi Karyawan dan Ibu Rumah Tangga

Binus University merupakan lembaga pendidikan berbasis teknologi informasi. Menerapkan sistem pembelajaran Multi Channel Learing sejak tahun 2001, Binus University telah membuat ratusan konten mata kuliah digital yang mampu melayani sekitar 24 ribu mahasiswanya.

Beberapa keunggulan yang bisa kalian dapatkan apabila berkuliah di Binus University, antara lain:
  • Pembelajaran Global
Binus University menawarkan Online Learning sehingga mahasiswa yang ikut tidak hanya dikhususkan di Indonesia saja. Warna negara lintas negara juga dapat berkuliah di Binus University. 
  • Fleksibel
Karena menggunakan online learning, maka interaksi antara mahasiswa dan dosen tidak terbentur oleh batasan waktu. Adanya sistem modular yang diterapkan oleh Binus University menjadikan kampus ini semakin fleksibel bagi para mahasiswanya. Sistem modular sendiri merupakan sebuah kebebasan agar para mahasiswa bisa memilih jumlah mata kuliah yang ingin diambil sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Selain itu pula, biaya kuliah akan menjadi lebih fleksibel karena mahasiswa pun cukup membayar biaya kuliah sesuai dengan total jumlah mata kuliah yang diambil per semester.
  • Berkualitas
Binus University menggunakan metode Learning Management System (LMS) yang terintegrasi agar interaksi mahasiswa dengan para dosen pengampu  dan juga dosen pembimbing akademis dapat berjalan dengan baik tanpa kendala komunikasi. Saya jadi ingat ketika zaman saya berkuliah dimana teknologi belum berkembang. Saya harus beberapa kali menemui dosen pembimbing skripsi dikarenakan beliau sedang tidak ada di kantor. Belum lagi ketika saya harus menunggu berjam-jam dosen pembimbing untuk meminta revisi. 

Bersyukur sekarang kalian berada di zaman teknologi maju, dimana komunikasi dengan dosen dapat dilakukan melalui sistem yang sudah terintegrasi di perguruan tinggi tersebut.

Binus University juga bisa menjadi pertimbangan kalian untuk bergabung karena telah meraih penghargaan berupa Anugerah E-Pendidikan 2009 untuk e-learning dengan kategori Inovasi dan Kreativitas, Kualitas Bahan Pembelajaran, dan Penggunaan Bahasa Indonesia.

Program Studi yang ditawarkan oleh Binus University, meliputi:
  1. Akuntasi
  2. Business Management
  3. Sistem Informasi
  4. Teknik Industri
  5. Teknik Informatika
Tersedia juga bagi kalian yang merupakan lulusan D3 dan ingin meneruskan ke jenjang Strata 1 (S1), maka di Binus University, kalian bisa melakukan online learning dengan masa kuliah yang lebih cepat.



Bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi di Binus, maka berikut prosedur dan syarat pendaftaran yang harus dilakukan:
  1. Membayar formulir pendaftaran Binus Online Learning sebesar Rp, 250.000
  2. Kalian bisa melakukan pendaftaran dengan datang langsung ke admisi Binus Unversity atau mendaftar secara online
  3. Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup
  4. Pas foto ukuran 3 x 4 yang terbaru
  5. Scan asli kartu identitas, bisa berupa KTP atau Passport
  6. Scan asli akte kelahiran calon mahasiswa yang mendaftar
  7. Bagi lulusan SMA/SMK, sertakan scan asli ijazah Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional
  8. Bagi lulusan D3, sertakan scan asli ijazah dan transkrip nilai
  9. Scan Surat Keterangan Bekerja bagi kalian yang sedang atau sudah bekerja 
  10. Bagi kalian lulusan D3, sebelum memutuskan untuk membeli formulir pendaftaran, pastikan data sebagai lulusan D3 sudah tercantum di Dikti. Hal ini dikarenakan data mahasiswa D3 harus terdaftar di dalam website PDDIKTI tersebut.
Jika kalian sudah melengkapi beberapa persyaratan seperti yang sudah saya sebutkan di atas, maka bisa dipastikan tak lama lagi kalian akan menjadi mahasiswa Binus University.

Penutup

Pendaftaran kuliah online saat ini sangat mudah bagi kalian yang tetap ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, walau mungkin tidak berada di kota yang bersangkutan. Apalagi ketika kalian memutuskan untuk kulian di Binus University, maka prosedur dan syarat pendaftarannya sangat mudah.

Jadi tunggu apa lagi, yuk persiapkan diri kalian untuk penerimaan mahasiswa baru di Binus University tahun depan. Lengkapi segala persyaratan agar jangan sampai ada yang terlewatkan untuk menjadi mahasiswa baru.

Raih impian cita-cita setingi langit dengan berkuliah di Binus University.


Referensi:

https://onlinelearning.binus.ac.id/
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Pendaftaran Kuliah Online"