Cara Mudah Cek Kesehatan Anak di SehatQ

SehatQ

Memiliki buah hati merupakan anugerah terindah yang dimiliki oleh ayah dan bunda. Bagaimana tidak, anak hadir untuk melengkapi sebuah keluarga. Anak juga yang akan meramaikan suasana di rumah. Selain itu pula, anak memiliki nilai kebanggaan tersendiri bagi orang tua yang memilikinya. 

Namun ternyata, memiliki anak tak semuda yang diperkirakan oleh orang tua pada umumnya. Berbagai kebutuhan yang harus diperjuangkan oleh orang tua untuk buah hati tercinta, antara lain:
  1. Memberikan nutrisi yang seimbang dan menjaga agar gizi anak tetap baik.
  2. Berusaha mencegah anak agar jangan sampai terkena penyakit
  3. Membiayai anak dari lahir sampai mereka dewasa dan sudah mampu bekerja untuk memenuhi nafkah sendiri.
  4. Melimpahi anak dengan curahan kasih sayang layaknya orang tua kepada buah hatinya.
Sebagai orang tua pastinya Anda pernah mengalami fase menegangkan dalam hidup ketika anak jatuh sakit. Yang namanya orang tua, mau sakit ringan pun tetap saja dibuat tegang karena yang menderitanya itu adalah buah hati tercinta. Bahkan pernah saya dengar perkataan dari seorang ibu, "Jika boleh, lebih baik saya saja yang sakit. Jangan sampai anak saya sakit." 

Begitu besarnya pengorbanan seorang ibu sehingga rela membiarkan dirinya yang terserang penyakit, dibanding anaknya. Namun saya sarankan apabila anak Anda terserang penyakit, maka ada hal-hal yang harus dilakukan, yaitu:
  • Jangan panik
Wajar jika sebagai orang tua, khususnya Ibu menjadi panik di saat anak sakit. Apalagi jika ibu muda yang belum berpengalaman menghadapi anak sakit. Saran saya adalah usahakan Anda tidak panik ketika anak menunjukkan tanda-tanda sakit. 

Edukasi kesehatan untuk orangtua itu memang penting adanya. Karena saat ini zaman sudah canggih, sehingga informasi mudah didapat, maka Anda bisa melihat bagaimana pertolongan pertama yang harus dilakukan terhadap anak yang sakit. Apalagi jika anak sakit di malam hari, dimana tidak memungkinkan Anda untuk bepergian di malam hari. 

Dengan adanya pertolongan pertama, setidaknya anak sudah ditangani dengan baik dan penyakit yang diderita bisa diatasi.
  • Lengkapi persediaan obat-obatan di rumah
Beberapa obat-obatan pereda sakit anak bisa kita beli di apotek atau toko obat terdekat. Segera lengkapi kotak P3K di rumah Anda dengan obat-obatan untuk si kecil. Hal ini bertujuan untuk antisipasi manakala anak sakit di waktu-waktu yang tidak memungkinkan kita untuk pergi ke luar rumah.

Kondisi cuaca pun kadang menjadi faktor anak jatuh sakit, sehingga tidak bisa diprediksi kapan anak akan terserang penyakit. Kita sebagai orangtua yang harus peka terhadap hal tersebut.
  • Unduh aplikasi penyedia layanan kesehatan
Karena teknologi sudah canggih sekarang ini, maka kita tak boleh menyia-nyiakannya. Berbagai layanan kesehatan online sudah bisa diunduh melalui smartphone. Kita harus memanfaatkannya untuk tetap terhubung dengan dunia kesehatan. Dengan menggunakan aplikasi kesehatan online, kita bisa berkonsultasi dengan dokter anak misalnya, apabila anak terserang sakit tiba-tiba.
  • Bawa ke dokter atau rumah sakit apabila kondisi kesehatan anak semakin parah
Misalkan anak Anda terserang demam, dan belum sembuh juga walau sudah diberi obat penurun demam, maka langkah selanjutnya yang paling penting adalah bawa ke rumah sakit terdekat. Hal ini dikarenakan adanya kekhawatiran anak terkena infeksi sehingga harus mendapatkan perawatan medis lanjutan.

Tentunya sebagai orang tua kita tidak ingin terjadi hal-hal serius jika anak sakit. Namun membawanya ke dokter sebagai salah satu penanganan medis juga penting untuk mengetahui kondisi kesehatan anak.

SehatQ: Layanan Kesehatan Online Solusi Untuk Anak Sakit

Karena kesehatan anak itu penting dalam menunjang pertumbuhan motoriknya, maka sebagai orangtua kita harus sigap dalam menjaganya. Salah satu penyedia layanan kesehatan online yang ada saat ini yaitu SehatQ dapat kita manfaatkan untuk cek kesehatan anak.

Di SehatQ sendiri ada beberapa layanan online yang bisa Anda manfaatkan, sebut saja:
  1. Konsultasi dengan Dokter secara online
  2. Membeli obat secara online
  3. Mengetahui rumah sakit terdekat dengan tempat tinggal
  4. Membeli produk kecantikan secara online
  5. Booking dokter secara online
Dengan menggunakan aplikasi SehatQ, tentu saja kita sangat dipermudah dalam mengakses layanan kesehatan. Selain itu pula, sebagai member SehatQ banyak keuntungan yang bisa didapat yaitu:
  • Tidak perlu antri ketika membeli obat, karena obat akan diantar langsung ke rumah
  • Data kita terjadai kerahasiaannya
  • Dapat memilih dokter untuk berkonsultasi secara online.
  • Layanan konsultasi secara 24 jam.

Penutup

Jangan sepelekan jika anak sakit, karena anak berada dalam masa pertumbuhan. Segera bawa ke dokter apabila anak terserang sakit, atau Anda dapat konsultasi online terlebih dahulu untuk pertolongan pertama. Anda dapat konsultasi online dengan dokter di SehatQ jika anak sakit, untuk mengetahui diagnosa selanjutnya.

Semoga bermanfaat.

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

1 komentar untuk "Cara Mudah Cek Kesehatan Anak di SehatQ"

  1. Berguna banget ya aplikasi SehatQ untuk mengecek secara dini penyakit yang di derita sebelum ke RS dan digunakan secara online tanpa harus antri ya

    BalasHapus