3 Jenis Olahraga di Rumah yang Tak Kalah Menyehatkan

 
Olahraga di Rumah
Sumber Gambar: Pexels


Saya punya rekomendasi beberapa olahraga di rumah yang dapat Anda lakukan. Tentunya olahraga di rumah juga sama efektifnya dengan ketika kita melakukan olahraga di luar ruangan (outdoor). Olahraga sendiri memiliki arti sebagai suatu kegiatan fisik yang dilakukan oleh manusia dengan tujuan untuk menyehatkan badan.

Selain untuk menyehatkan badan, beberapa manfaat lain dari olahraga antara lain:
  • Untuk membantu menurunkan berat badan secara optimal. Tentu saja bagi Anda yang ingin atau sedang menjalankan program penurunan berat badan, harus diimbangin pula dengan pola makan yang sehat.
  • Menghilangkan stress
  • Menyehatkan fungsi kerja jantung
  • Membantu bagi mereka yang memiliki gangguna tidur atau insomia.
Tentu saja bagi beberapa orang, berolahraga lebih menyenangkan apabila dilakukan secara beramai-ramai. Saya pribadi pun menyadari bahwa ketika olahraga sendirian di rumah terkadang lebih banyak rasa malas yang datang ketimbang motivasi untuk sehat. Namun sesegera mungkin kita harus menghilangkan mindset tersebut dan mulai mencoba untuk berolahraga sendiri di rumah apabila tidak memungkinkan untuk beramai-ramai bersama teman.

Olahraga di Rumah yang Tak Kalah Menyehatkan

Baiklah, pada kesempatan kali ini saya ingin mengajak Anda semua untuk hidup sehat dengan berolahraga secara rutin. Minimal seminggu 2 kali agar badan tetap sehat dan bersemangat menjalani aktivitas keseharian. Olaharag di rumah tersebut antara lain:

1. Yoga

Mungkin bagi Anda yang menyukai olahraga dengan gerakan dinamis, akan kurang menyukai olahraga Yoga dikarenakan gerakannya yang minimalis. Tapi tahukah Anda bahwa Yoga merupakan salah satu olahraga yang dapat dilakukan di rumah dimana memiliki banyak manfaat bagi yang rutin melakukannya.

Olahraga Yoga memiliki manfaat positif diantaranya:
  • Dapat menghilangkan stress
  • Meningkatkan kualitas hidup sehingga lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari
  • Memperbaiki postur tubuh bagi beberapa orang yang memiliki masalah dengan tubuh mereka
Namun tentu saja Yoga merupakan olahraga yang tidak dapat dilakukan tanpa instruksi dari orang yang sudah berpengalaman. Anda dapat melihat berbagai tutorial Yoga melalui media sosial ataupun channel Youtube.

2. Skipping

Skipping  merupakan alat olahraga berbentuk tali panjang yang dapat Anda gunakan untuk olahraga di rumah. Cara melakukannya sangat mudah, yaitu Anda harus mengayunkan pergelangan kaki ke arah belakang lalu jangan lupa untuk memutar tali skipping secara terus menerus sesuai kemampuan melompat.

Lakukan olahraga skipping di rumah dan dapatkan hasil maksimal untuk menyehatkan badan. Skipping sendiri kurang lebih sama dengan beberapa jenis olahraga kardio lain. Menurut saya, skipping merupakan olahraga ekonomis karena harga tali skipping sangat terjangkau dan mudah kita beli di toko alat tulis maupun berbagai toko lainnya.

3. Latihan Beban

Jika di rumah Anda tidak ada peralatan olahraga layaknya di gym, maka bisa diakali dengan membeli beberapa peralatan olahraga seperti dumbel, barbel dan kettlebell. Ketiga perlengkapan olahraga di rumah tersebut dapat Anda simpan di ruang penyimpanan yang ada di rumah.

Dumbel merupakan peralatan olahraga yang berupa beban dengan berat tertentu, dimana bisa Anda angkat dengan satu tangan sebagai latihan beban. Manfaat angkat dumbel yaitu untuk memperkuat otot tubuh, membentuk kepadatan tulang dan tentu saja membantu menurunkan berat badan.

Barbel merupakan peralatan olahraga berbentuk tongkat besi yang kedua ujungnya terdapat piringan beban dengan berat tertentu sebagai pemberat. Sebenarnya kegunaan olahraga barbel ini tak jauh berbeda dengan dumbel, yaitu untuk melatih kekuatan otot. Namun olahraga barbel dapat Anda lakukan dengan kedua tangan. Bahkan barbel dapat digunakan untuk melatih beban di kaki.

Penutup

Berolahraga sebaiknya dilakukan secara rutin setiap ada kesempatan. Kalian akan merasakan perbedaan manakala telah melakukan olahraga secara rutin. Jangan sia-siakan waktu luang Anda dan pergunakan untuk menyehatkan badan dengan olahraga.

Yuk lakukan olahraga mulai dari sekarang.


Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

2 komentar untuk "3 Jenis Olahraga di Rumah yang Tak Kalah Menyehatkan"

  1. Haduuuhh 33nya perasaan kok ya berat banget dilakuin, magernya itu loh, wkwkwk.. Kayanya aku lebih suka outdoor atau kalopun dalam rumah aku lebih suka ngikutin youtube utk plank aja kali ya. Huhuhu alesan bgt malas olahraga

    BalasHapus
  2. Olahraga menggunakan skiping asyik juga tuh. Kalo awal memang 5x lompat pun udah bikin sesak nafas hehe. Tapi lama kelamaan juga akan terbiasa dan jumlah lompatan skiping pun bisa bertambah.

    BalasHapus