Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol: Konsumsi Teratur Agar Tetap Hidup Sehat

 
Picture Source: Pexels


Kesehatan sangatlah penting bagi setiap manusia. Sebisa mungkin kita jangan sampai sakit agar tetap bisa melakukan aktivitas keseharian. Bayangkan jika sakit, maka bisa dibilang seluruh pekerjaan akan kacau balau. Contohnya adalah saya sendiri dimana saya merupakan seorang anak dari ibu yang sudah memasuki masa lansia, seorang istri dan juga seorang pekerja kantoran.

Suatu ketika kondisi kesehatan saya drop sehingga harus tidak masuk selama 3 hari. Alangkah kacaunya hari-hari di saat saya tidak masuk. Banyak pekerjaan yang tidak terselesaikan dan sempat stress saya dibuatnya.

Lalu saya pun berinisiatif untuk pergi di dokter untuk memeriksakan apakah ada yangs alah dengan tubuh ini. Oleh dokter, saya pun diminta untuk melakukan cek darah lengkap, salah satunya kolesterol. Betapa terkejutnya saya ketika hasil kolesterol berada di atas ambang normal, yaitu di atas 200. Tentu saja ini merupakan pukulan bagi saya dikarenakan selama ini saya merasa sudah hidup sehat.

Kemudian saya pun flash back ke belakang, apakah sudah benar pola hidup yang saya jalankan. Tiba-tiba saya teringat bahwa kebiasaan konsumsi gorengan bisa jadi merupakan penyebab kolesterol selama ini. Gorengan bisa jadi merupakan makanan yang paling mudah ditemukan di kaki lima apabila kita sedang lapar. Dengan harga yang relatif terjangkau, makan gorengan bisa dikatakan lebih efektif ketika kita tak punya waktu banyak.

Beberapa gejala ketika kita mulai terserang kolesterol antara lain:
  • Kesemutan pada pergelangan tangan dan kaki
  • Nyeri pada kaki ketika berjalan
  • Pada beberapa orang, secara tak disadari kolesterol dapat membuat lebih cepat mengantuk dari biasanya.
  • Rasa pegal pada pundak dan bahu
  • Sakit kepala
Gejala di atas tentu saja bagi sebagian orang sering disepelekan, dan hanya dianggap sebagai dampak akibat kelelahan beraktivitas. Namun jika gejala di atas terjadi terus menerus maka harus mendapat penanganan dari dokter.

Simak Beberapa Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

Jika Anda sudah didiagnosa dokter mengidap kolesterol, maka sesegera mungkin untuk mengubah pola makan dengan konsumsi makanan yang dianjurkan. Tentu saja selain untuk menurunkan kadar kolesterol, juga melatih pola hidup sehat. Hal ini dikarenakan kolesterol dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya seperti penyakit jantung dan stroke.

Makanan untuk menurunkan kolesterol yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Oatmeal

Komposisi oatmeal dari gandum dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Anda bisa rutin konsumsi oatmeal ketika sarapan sebagai asupan energi ketika mengawali 

2. Kacang-kacangan

Kandungan fitosterol pada kacang-kacangan diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah Anda. Kacang-kacangan dapat Anda temui di kacang almond, kacang polong dan kacang merah.

Anda tidak harus memakan kacang dalam bentuk aslinya, namun dapat diolah menurut selera. Seperti kacang polong dapat Anda campur ke sup yang akan dimasak.

3. Sayuran

Sayuran yang kita konsumsi tidak hanya dapat menurunkan kolesterol namun juga memiliki manfaat baik lainnya. Brokoli, asparagus dan tomat diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah Anda.

Tentu saja Anda bisa membuat sayuran tersebut menjadi hidangan yang lezat dan penuh selera, sehingga selain bisa mengenyangkan juga bisa menyehatkan.

4. Buah-buahan
  
Buah-buahan merupakan antioksidan yang bisa menyehatkan tubuh kita. Di antara buah-buahan tersebut ada yang efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah kita. Pisang, tomat dan apel merupakan buah-buahan yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah pasien kolesterol. Anda dapat konsumsi 3 buah tersebut saat sarapan atau sebagai pencuci mulut ketika selesai makan siang ataupun makan malam.

Penutup

Demikian sedikit penjelasan dari saya beberapa makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Pola makan sehat merupakan jalan terbaik untuk tetap menjaga kesehatan di saat sekarang ini.

Jangan sampai kita terlambat menyadari bahwa kesehatan merupakan hal yang sangat berharga di dunia ini. Pilih makanan yang memiliki nutrisi tinggi dan tidak berefek pada kesehatan kita sebagai manusia.

Semoga bermanfaat.
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol: Konsumsi Teratur Agar Tetap Hidup Sehat"