5 Fungsi Jantung yang Perlu Anda Ketahui

 
Fungsi Jantung
Picture Source: Pexels

Jadi beberapa bulan lalu, saya merasa ada yang aneh dengan kondisi dada sebelah kiri. Tidak ada gejala apapun, tiba-tiba saja dada sebelah kiri terasa sakit sehingga sulit untuk bernafas. Saya tentu saja takut sekali, karena menurut literatur yang dibaca, jantung itu terletak di rongga dada sebelah kiri. Alangkah takutnya saya ketika mengetahui kalau ada kemungkinan jantung saya sedang bermasalah.

Akhirnya saya pun berinisiatif untuk memeriksakan kesehatan jantung ke dokter. Atas instruksi dari dokter, saya diminta untuk melakukan rontgen thorax untuk mengetahui kondisi jantung saya. Bersyukur sekali ternyata setelah melihat hasil rontgen, tidak ada yang salah dengan kondisi jantung saya. Hanya saja, semenjak saat ini dokter menyuruh saya untuk melaksanakan pola hidup sehat salah satunya dengan menjaga berat badan.

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang fungsinya sangat penting dan vital sekali. Jantung bekerja sebagai pemompa darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi di dalam tubuh manusia.

Apabila seseorang terkena serangan jantung, itu artinya terhalangnya aliran darah ke jantung. Karena terhalangnya aliran darah ke jantung bisa menyebabkan rusaknya otot-otot jantung. Apabila seseorang mengalami serangan jantung dan tidak mendapat penanganan khusus oleh dokter di rumah sakit, bukan tidak mungkin orang itu akan kehilangan nyawanya.

Oleh karena itu, sebaiknya sejak dini kita harus menjaga kesehatan jantung diri sendiri. Hal ini tentu saja agar tak mudah terserang penyakit fatal seperti yang saya sebutkan di atas. Beberapa cara dalam menjaga kesehatan jantung antara lain:
  1. Tidak minum minuman beralkohol
  2. Rutin melakukan olahraga
  3. Menjaga berat badan tubuh berada di angka ideal
  4. Makan makanan dengan kandungan gizi yang tinggi
  5. Hindari makanan yang memicu kadar kolesterol dalam darah, karena kolesterol merupakan penyakit yang dapat memicu serangan pada jantung.
Setalah kita mengetahui tentang kesehatan jantung, serta cara menjaga agar jantung tetap sehat, maka perlu juga untuk mengetahui fungsi jantung di dalam tubuh manusia. Pastinya jantung memiliki fungsi yang vital sehingga ketika seorang manusia mengalami gagal jantung akan dapat menyebabkan kematian, apabila tidak ditangani dengan serius.

3 Fungsi Jantung Dalam Hidup Manusia yang Wajib Anda Ketahui

Berikut ini merupakan fungsi jantung dari beberapa bagian jantung yang harus Anda ketahui, agar lebih berhati-hati dalam mengonsumsi setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh.

1. Bilik

Bilik pada jantung memiliki sisi kanan dan kiri, dimana terletak di bawah jantung. Adapun fungsi antara bilik kanan dan bilik kiri memiliki perbedaan.

Bilik kanan berfungsi untuk melakukan proses pompa darah kotor dari jantung ke paru-paru. Sementara bilik kiri memiliki fungsi melakukan proses pompa darah bersih dari jantung ke seluruh tubuh.

2. Perikardium 

Sebagai salah satu organ tubuh manusia, bisa dikatakan jantung memiliki peranan yang cukup penting. Di dalam tubuh, jantung terletak di sebuah rongga yang berisi cairan. Rongga itulah yang disebut perikardial. 

Sementara perikardium sendiri merupakan dinding dan lapisan dari rongga tempat jantung berada. Fungsi utama dari perikardium adalah memberi pelumas pada jantung selama bekerja sebagai salah satu organ tubuh.

Perikardium sebagai rongga tenpat jantung berada juga berfungsi menopang dan menahan jantung agar berada pada posisinya sedemikian rupa. 

3. Katup

Katup di dalam jantung sendiri terbagi empat bagian, dimana semua katup memiliki fungsi menjaga aliran darah mengalir ke satu arah.

Katup yang dimaksud antara lain:
  • Katup Mitral
  • Katup Aorta
  • Katup Pulmonal
  • Katup Trikuspid
4. Serambi

Serambi yang terdapat di dalam jantung terdiri dari bagian kiri dan kanan. Serambi juga dikenal dengan sebutan atrium. Setiap bagian jantung pastinya memiliki fungsi masing-masing. Begitu juga dengan serambi kiri yang berfungsi menerima darah bersih dari paru-paru. Sementara serambi kanan berfungsi menerima darah kotor dari tubuh yang dibawa oleh pembuluh darah.

5. Pembuluh Darah

Di dalam tubuh hampir semua bagian terdapat pembuluh darah. Begitu juga dengan organ jantung yang memiliki pembuluh darah. Adapun 3 pembuluh darah yang terdapat di jantung antara lain:
  • Arteri 
  • Kapiler 
  • Vena

Penutup

Demikian sedikit penjelasan dari saya mengenai fungsi jantung yang perlu Anda ketahui. Tentu saja informasi ini berguna agar ke depannya kita semua dapat lebih menjaga kesehatan jantung.

Hal ini dikarenakan jantung merupakan organ tubuh yang vital, sehingga apabila ada sedikit kelainan di dalamnya, bisa berakibat fatal bagi manusia khususnya berkaitan dengan nyawa.

Semoga bermanfaat.



Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "5 Fungsi Jantung yang Perlu Anda Ketahui"