4 Cara Mengatasi Flu Sebagai Antisipasi Untuk Anda di Musim Pancaroba

 


Flu bisa dibilang suatu penyakit yang sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Apalagi jika flu mengakibatkan batuk dan pilek. Ada sebagian orang yang menganggap flu itu sama dengan pilek, namun ternyata tidak tepat lho.

Flu merupakan penyakit yang sebabkan oleh virus dimana dapat menyerang tenggorokan, hidung bahkan paru-paru. 

Biasanya flu menyerang sebagian orang dikarenakan sedang musim pancaroba atau pergantian dari musim hujan ke kemarau, begitu pula sebaliknya. Namun tidak selamanya penyakit flu muncul karena musim pancaroba. Daya tahan tubuh manusia yang sedang menurun juga menjadi salah satu penyebab datangnya penyakit ini.

Beberapa gejala seseorang akan terserang flu antara lain:
  1. Tenggorokan radang dan sakit
  2. Demam yang disertai sakit kepala
  3. Batuk-batuk 
  4. Badan lemas seperti tak bertenaga sama sekali padahal tidak sedang mengerjakan aktivitas fisik berat.
Penyakit flu merupakan salah satu penyakit menular. Anda bisa tertular dari orang terdekat yang memang sedang menderita flu di waktu yang sama. Hal ini dikarenakan virus influenza ini menyebar melalui udara serta tetesan air liur (menurut sumber Halodoc). 

Saya contohnya seperti saat ini dimana suami sedang flu dan baru saja sembuh. Namun akhirnya saya pun tertular penyakit flu dari suami. Bagaimana tidak, kami tinggal dalam satu rumah, tidur dalam satu kamar dan berbagi tempat tidur. Otomatis virus flu dari suami menyebar melalui udara dan percikan air liur ketika kami sedang berbicara.

Tapi kita semua tidak perlu kuatir, karena yang namanya penyakit selalu ada obatnya. Asalkan kita disiplin dalam minum obat serta menerapkan pola hidup sehat, maka flu akan pergi jauh dari tubuh kita.

4 Cara Efektif Atasi Flu Di Musim Pancaroba

Cara mengatasi flu sebenarnya cukup mudah apabila kita tahu caranya. Bersumber dari beberapa literasi yang saya baca, ada 4 cara efektif yang dapat saya ringkas untuk kalian semua untuk mengatasi flu.

1. Perbanyak Minum Air Putih Hangat

Saya pribadi kalau sedang terserang flu maka akan merasa badan greges kalau kata orang Jawa serta tenggorokan sakit. Walau sudah konsumsi obat namun saya juga memiliki untuk minum air putih hangat dalam insensitas yang lebih sering. Hal ini untuk memberi efek hangat di tenggorokan sehingga mengurangi gatal ataupun sakit.

Selain itu pula air putih memang memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh kita. Bukankah kita dianjurkan untuk minum air putih setiap hari setidaknya sebanyak 2 liter. Nah, jika sedang flu ada baiknya air putih hangat yang kita minum untuk meredakan sakit di tenggorokan.

2. Konsumsi Obat

Walaupun Anda terserang flu dikarenakan daya tahan menurun, minum vitamin saja tidaklah cukup. Anda harus tetap memeriksakan diri ke dokter dan minum obat sesuai resep dari dokter. Hal ini dikarenakan virus sudah masuk ke dalam tubuh dan Anda dinyatakan flu sehingga obat merupakan salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan flu. Tentu saja harus diperkuat dengan metode alami lainnya.

3. Tidur Cukup

Terkadang kita sebagai manusia kurang menyadari bahwa sakit yang menyerang tubuh ini penyebabnya adalah kurang istirahat. Apabila Anda terserang flu maka sebaiknya istirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari. Tidur selama 8 jam setiap hari secara teratur bisa mengembalikan kesehatan Anda.

Saya akui ketika terserang flu biasanya disebabkan oleh kurangnya istirahat dan tentunya tidak ada asupan makanan bergizi yang dikonsumsi oleh tubuh.

4. Makan Makanan yang Bergizi

Konsumsi makanan bergizi tentu saja yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Jargon itu tidak hanya sekadar bahasa iklan yang kita dengar sewaktu kecil saja, namun memang banyak manfaat ketika kita menerapkan makanan mengandung 4 sehat 5 sempurna.

Dengan makan makanan yang bernutrisi tinggi akan meningkatkan daya tubuh Anda, sehingga berenergi dalam beraktivitas sehari-hari.

Semoga artikel ini bermanfaat.


Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengatasi Flu Sebagai Antisipasi Untuk Anda di Musim Pancaroba"