Bagaimana Cara Kerja Reksadana Saham? Begini Penjelasannya

 
Cara kerja reksadana
Sumber gambar: freepik


Reksadana adalah wadah terbaik yang digunakan untuk mengumpulkan dana investasi yang kemudian disalurkan ke berbagai instrumen, salah satunya saham. Reksadana Saham menjadi jenis investasi yang menguntungkan karena dana kelolaannya akan digunakan untuk investasi pada instrumen saham perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Reksadana Saham sangat berbeda dengan jenis Reksadana lainnya. Selain karena portfolionya yang berupa saham, Reksadana yang satu ini juga memiliki risiko yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan investasi lain. 

Meskipun terkenal sebagai investasi high risk, tetapi Reksadana Saham merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang karena menghasilkan keuntungan yang luar biasa asalkan Anda mengetahui bagaimana cara kerjanya seperti yang akan kami bahas di bawah ini. 

Cara Kerja Investasi Reksadana Saham

Sebelum terjun langsung melakukan investasi saham Reksadana, Anda wajib tahu bagaimana cara kerja dari Reksadana Saham itu sendiri. Tujuannya adalah agar nanti Anda bisa lebih paham langkah yang harus diambil selama berinvestasi di Reksadana yang satu ini.

Dana yang Anda kumpulkan nantinya akan disalurkan ke dalam bentuk portofolio saham. Portofolio saham ini akan dikelola langsung oleh Manajer Investasi dengan cara menjual atau membeli saham saat harga pasar sedang memungkinkan untuk melakukan transaksi. 

Biasanya proses penjualan akan dilakukan saat harga pasar di bursa efek sedang naik, sedangkan untuk membeli produk saham baru akan dilakukan saat harga turun. Hasil yang akan Anda dapatkan berasal dari selisih kenaikan atau turun harga jual beli Reksadana Saham.

Reksadana Saham hanya dapat dilakukan pada saham perusahaan yang telah memiliki badan hukum tercatat di bursa efek Indonesia maupun di luar negeri. Inilah kenapa Anda tidak bisa membeli saham di semua perusahaan yang ada. 

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya bahwa Reksadana Saham merupakan jenis investasi high risk yang menguntungkan. Agar investasi yang Anda jalankan bisa semakin memuaskan, maka Anda harus tahu kiat-kiatnya. 

Reksadana Saham
Sumber gambar: Freepik



Cara Menghasilkan Keuntungan Tinggi dari Reksadana Saham

Ada sejumlah cara yang harus Anda ikuti agar bisa menghasilkan keuntungan dari Reksadana Saham. Selain agar bisa menguntungkan, dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini juga akan membantu Anda agar bisa menghadapi segala risiko yang muncul selama proses berinvestasi.

1. Tentukan Tujuan yang Kuat

Melakukan investasi tidak bisa dilakukan tanpa ada tujuan yang kuat. Pasalnya dengan memiliki tujuan tersebut dapat membuat Anda terus termotivasi untuk rutin berinvestasi. Jika Anda tidak memiliki tujuan sama sekali, biasanya investasi akan gagal karena tidak konsisten.

Perlu Anda ketahui juga bahwa Reksadana Saham adalah investasi jangka panjang, sehingga tidak cocok untuk investor dengan target return kurang dari 5 tahun.

2. Lakukan Review Kinerja

Cara terbaik untuk mengetahui apakah produk investasi saham Reksadana yang akan Anda gunakan tersebut bagus atau tidak adalah dengan melakukan review kinerja. Jangan sampai Anda tergiur hanya dengan melihat laporan dari media massa saja, terlebih lagi jika laporan tersebut dievaluasi dalam jangka kurang dari satu tahun.

Akan lebih baik lagi jika Anda mengevaluasi kinerja sebuah produk Reksadana Saham dalam jangka 5 tahun terakhir. Pasalnya dengan mengetahui kinerja tersebut dapat menunjukan return yang sesungguhnya.

3. Alihkan Sebagian Aset

Apabila Anda memiliki rencana jangka pendek menggunakan dana investasi Reksadana Saham, maka tidak ada salahnya untuk mengalihkan sebagian dana ke instrumen investasi lain yang aman dan stabil.

Anda bisa mengalihkan dana tersebut ke Reksadana Pasar Uang yang lebih aman dan bisa menghasilkan return dalam jangka waktu 1 tahun. Selain itu, metode investasi yang satu ini juga dinilai cukup ampuh untuk menjaga aset investasi.

Nah jika Anda melakukan 3 cara melakukan investasi saham Reksadana di atas, sudah dipastikan return yang akan didapatkan bisa lebih optimal. Dalam berinvestasi saham ini diperlukan konsistensi yang kuat karena keuntungan yang didapatkan cukup lama.

Walaupun berjangka panjang, tetapi Reksadana Saham sangat cocok untuk investor yang ingin menghasilkan keuntungan optimal terlebih lagi jika Anda menggunakan produk digibank by DBS yang sudah terpercaya akan membantu Anda dalam berinvestasi.

Nikmati Investasi  Menguntungkan Bersama digibank by DBS

Investasi saham Reksadana adalah salah satu produk dari digibank by DBS, yang berpeluang memberikan Anda return maksimal. Melakukan investasi Reksadana bersama digibank by DBS, Anda akan merasakan kemudahan untuk menunjang semua proses investasi diantaranya adalah:

Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi

Hanya dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, Anda sudah bisa melakukan banyak transaksi investasi Reksadana lengkap mulai dari jual, beli, switching produk, dan bahkan melakukan registrasi SID (Single Investor Identification). Anda tidak perlu lagi menggunakan dua aplikasi atau lebih saat ingin bertransaksi.

Adanya Pilihan Kategori

digibank by DBS menyediakan tiga jenis kategori yang dapat Anda pilih sesuai dengan profil risiko, seperti kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik.

Fleksibel

Melakukan investasi Reksadana Saham di digibank by DBS merupakan pilihan terbaik karena penggunaannya sangat fleksibel seperti saat hendak melakukan pembelian berkala.

Menyediakan 50+ Produk

Tahukah Anda bahwa digibank by DBS memiliki lebih dari 50 produk investasi yang ditawarkan untuk Anda? Semua produk tersebut dapat dipilih secara bebas tetapi harus tetap disesuaikan dengan profil risiko Anda.

Modal Rendah

Anda bisa berinvestasi hanya dengan modal Rp100 ribu saja. Dengan modal rendah ini Anda dapat mempraktikan cara-cara yang sudah kami bahas di atas dengan leluasa. 

Sekarang jangan menunda lagi untuk melakukan investasi Reksadana Saham. Ayo segera dapatkan produk investasi yang diinginkan bersama digibank by DBS untuk menghasilkan keuntungan yang diharapkan. 

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Kerja Reksadana Saham? Begini Penjelasannya"