6 Tips Memilih Ban Mobil Awet dan Terpercaya

Tips Memilih Ban Mobil


Tanggung jawab pemilik kendaraan adalah merawat kendaraan dan komponen-komponennya. Bagi pemilik kendaraan mobil, merawat mobil dan memilih ban mobil termasuk adalah hal yang krusial karena hal tersebut berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang. Bila ban mobil dirasa sudah tidak nyaman lagi digunakan, Anda bisa menggantinya lewat aplikasi bengkel bengkel. Namun, penting juga bagi Anda mengetahui tips memilih ban mobil.

Tips Memilih Ban Mobil

Berikut beberapa tips memilih ban mobil yang bisa Anda terapkan 

1. Pilih sesuai Kebutuhan

Seperti tujuan awal Anda membeli sebuah mobil, yaitu untuk memenuhi kebutuhan. Maka memilih ban untuk mobil juga demikian. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan penggunaan mobilmu. Apabila Anda suka travelling di medan penuh bebatuan terjal dan harus melewati medan berlumpur, maka tipe ban yang cocok untuk mobil adalah M/T atau Mud Terrain yang memiliki tipe ban kuat dan kokoh bahkan ketika menempuh medan paling sulit sekalipun.

Begitu juga jika daerah tempat tinggal Anda merupakan daerah langganan banjir, maka tipe All Terrain atau A/T cocok untuk digunakan. Atau jika Anda hanya menggunakan mobil untuk berangkat ke kantor di sekitar perkotaan, maka ban mobil yang Anda gunakan cukup dengan tipe H/T atau High Terrain yang bertipe nyaman serta tidak berisik. Dilihat dari kebutuhan inilah, Anda menjadi tahu jenis dan tipe ban seperti apa yang dibutuhkan.

2. Pilih sesuai Ukuran

Salah satu tips memilih ban mobil yang bagus adalah ban yang tepat ukurannya. Ukuran ban bisa diketahui dari kode-kode ukir di permukaan samping ban. Dalam memilih ban mobil, Anda juga bisa membedakannya berdasarkan konstruksinya. Selain itu, setiap ban memiliki kode yang berbeda seperti, S, Q, H, Z, V, dan lainnya. Kode V menunjukkan batas kecepatan maksimum. 

3. Pilih Berdasarkan Tahun Pembuatan Ban

Tips memilih ban mobil berikutnya yaitu didasarkan pada tahun pembuatan ban. Pilihlah ban dengan tahun pembuatan yang masih baru. Karena tentunya kualitasnya akan beda dengan ban lama. Hal ini terlihat dari kode ban, biasanya terdapat empat digit angka misalnya kode 0313.

Kode tersebut berarti 03 sebagai waktu dibuat ban di minggu ketiga. Kemudian, angka 13 menunjukkan pada tahun berapa ban tersebut diproduksi. Selain itu, proses penyimpanan juga bisa menjadi salah satu pertimbangan yang penting untuk Anda dalam menyimpan ban mobil. 

Ketika lama disimpan akan berpotensi menimbulkan masalah seperti jika tempat penyimpanan terlalu lembab atau justru terkena sinar matahari langsung.

4. Pilih Ban dengan Ketebalan yang Sesuai

Ketika memutuskan untuk membeli ban baru yang harus Anda perhatikan adalah ketebalannya. Sebab ketebalan ini akan menentukan keseimbangan suatu kendaraan dengan begitu semakin baik keseimbangan ban maka akan semakin meningkat pula performa mobil Anda. 

Umumnya, ban yang baik memiliki ketebalan 50. Sedangkan, jika Anda membeli ban tanpa profil (ketebalan) yang baik, maka performanya bisa sangat menurun. Tak dapat dipungkiri, makin tinggi performa ban harganya pun makin mahal. 

5. Pilih sesuai dengan Desain Alur/Motif yang Tepat

Pemilihan ban yang disesuaikan dengan pola desain alur juga tak kalah penting dalam tips kali ini, karena alur/motif yang tepat dapat memperbesar gesekan ban dengan jalan. Apabila gesekan yang terjadi kecil, maka risiko terpeleset atau tergelincir di jalan pun semakin besar. Biasanya, untuk pengguna jalan basah, yang tinggal di daerah dengan intensitas curah hujan tinggi maka disarankan memilih pola desain V. 

Namun, jika Anda lebih sering melewati jalanan bergelombang, maka ban dengan desain alur tapak bulat, bisa dipilih karena sangat cocok. Sementara untuk mobil yang sering digunakan pada kondisi jalanan aspal di gurun, sebaiknya hindari menggunakan desain ban dengan guratan yang banyak.

6. Pilih Merk Ban Mobil Terpercaya

Tips memilih ban mobil selanjutnya adalah dengan memilih ban berdasarkan merk ternama dan terpercaya. Karena merk ban mobil yang terpercaya telah terjamin kualitasnya. Berbagai merek mobil berkualitas dapat dengan mudah Anda temui di pasaran mulai dari harga terjangkau sampai dengan yang mahal. Adapun merk mobil yang berkualitas, awet, tepat, dan aman untuk mobil Anda diantaranya:
  • Bridgestone
  • GT Radial
  • Yokohama
  • Hankook
  • Toyo
  • Falken
  • Achilles
  • Continental
  • Dunlop
Untuk itu, memilih ban mobil tidak boleh sembarangan. Anda dapat menerapkan tips memilih ban mobil di atas untuk mendapatkan ban mobil yang tepat. Karena kesalahan dalam memilih ban mobil bisa berakibat buruk bagi mobil Anda seperti berkendara menjadi tidak nyaman, konsumsi bahan bakar membengkak, risiko kecelakaan jadi lebih tinggi, dan lain sebagainya.

Untuk membantu Anda mendapatkan ban mobil yang berkualitas, Anda bisa percayakan pada Otoklix yang akan menghubungkan Anda dengan bengkel-bengkel umum terpercaya yang memiliki ban-ban berkualitas dan awet. Saat ini Otoklix tengah mengadakan promo PAKOTO yang akan memberikan Anda potongan Rp100 ribu setiap booking service lewat aplikasi Otoklix. 
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "6 Tips Memilih Ban Mobil Awet dan Terpercaya"