Cara Efektif Pesan Tiket Lebaran Untuk Mudik

 


Apakah Anda sudah pernah memesan tiket kai lebaran untuk rencana mudik di tahun ini? Jika belum, maka saya sarankan untuk segera membeli tiket mudik tersebut, karena tahun ini Pemerintah Indonesia memberi kelonggaran bagi para warga yang ingin melakukan tradisi mudik lebaran.

Seperti yang kita ketahui bahwa tiket lebaran kereta pada umumnya sudah dipesan oleh sebagian besar masyarakat jauh-jauh hari sebelum hari raya Umat Islam tersebut. Bahkan di saat awal bulan Ramadan pun, di berita televisi saya sering melihat tiket kereta api ludes terjual oleh para penumpang yang terbiasa mudik dengan menggunakan moda transportasi kereta api.

Pesan tiket lebaran memang sebaiknya jangan terlalu mepet dengan hari H, karena pengalaman yang sudah-sudah banyak orang yang kecewa karena tidak berhasil mendapatkan tiket mudik tersebut. Teman saya pernah mengalami hal tersebut sehingga, berbekal pengalaman itu teman jadi antisipasi membeli tiket bahkan sebulan sebelum hari raya.

Namun kembali lagi, bahwa kemampuan ekonomi setiap orang berbeda antara satu dengan lainnya. Ada yang mampu membeli tiket jauh-jauh hari sebelumnya, namun ada juga orang yang masih harus menunggu tunjangan hari raya untuk dapat membeli tiket kereta api. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin memberi sedikit tips bagaimana memesan tiket lebaran untuk mudik secara efektif tanpa takut kehabisan.

Pesan Tiket Lebaran Untuk Mudik: Lakukan Hal Ini Agar Tidak Kehabisan

Momen hari raya Idul Fitri bisa jadi merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di Indonesia. Hal ini dikarenakan umat Islam di Indonesia merupakan mayoritas dan suasana lebaran akan terasa kental di daerah-daerah,

Bisa jadi kota besar akan sepi dari warganya karena mayoritas akan melakukan tradisi mudik yang sampai saat ini masih dilakukan. Mudik sendiri menurut Wikipedia memiliki arti sebagai kegiatan para perantau pulang ke kampung halamannya. Adapun waktu yang tepat untuk mudik biasanya ketika menjelang perayaan hari besar keagamaan.

Tujuan mudik sendiri dimaksudkan untuk:

1. Mengunjungi Kampung Halaman

Pada umunya mudik dilakukan oleh seseorang yang memang telah merantau dalam jangka waktu lama dan tidak memungkinkan untuk kembali ke kampung halaman. Mudik tidak hanya dilakukan di dalam negeri saja, namun orang yang kembali ke tanah air pun bisa dikatakan mudik juga lho.

Tentunya berpisah dari kampung halaman tempat kelahiran kita akan memunculkan rasa rindu tersendiri setelah bertahun-tahun tidak pulang. Apalagi jika di kampung halaman itu masih ada sanak saudara yang cukup dekat seperti orang tua, kakak atau adik maka mudik bisa merupakan moment bertemu dengan anggota keluarga.

2. Berilaturahmi Dengan Anggota Keluarga Besar

Tradisi mudik merupakan suatu hal yang positif apalagi bagi masyarakat Indonesia dengan budaya timurnya yang suka akan silaturahmi. Moment mudik dapat kita jadikan sebagai ajang mempererat persauaraan bukan hanya dengan anggota keluarga melainkan dengan kerabat lain yang mungkin memiliki ikatan pertemanan yang cukup dekat.

3. Sarana Refreshing

Bisa dibilang, libur hari raya khususnya Idul Fitri merupakan libur terpanjang yang dapat kita dapatkan ketika sedang bekerja. Tentunya kesempatan emas bagi kita ini tidak akan disia-siakan dan mudik merupakan tujuan terbaik dalam rangka liburan sekaligus silaturahmi dengan keluarga. 

Untuk melakukan mudik, kita bisa melakukan beberapa cara yaitu melalui jalan darat, udara dan laut. Semua jalur bisa ditempuh sesuai dengan kemampuan kita sebagai pemudik. Ada plus minus dari jalur perjalanan yang kita tempuh, misalnya saja dari segi harga, kenyamanan dan lama di perjalanan. 

Jika Anda berniat menggunakan kereta api untuk melakukan mudik, maka ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan agar tidak kehabisan, yaitu:

1. Persiapkan Dana Jauh-jauh hari

Tidak dipungkiri setiap orang memiliki kemampuan dana yang berbeda-beda. Ada yang mampu membeli tiket kereta untuk mudik mendekati hari raya atau ada yang harus menabung berbulan-bulan demi mendapatkan tiket pulang kampung.

Untuk Anda yang memang setiap tahunnya selalu mudik ke kampung halaman, usahakan untuk selalu menyisihkan dana mudik setiap bulan ke dalam satu tabungan khusus. Nantinya tabungan mudik itu bisa digunakan untuk membeli tiket agar tak kehabisan.

2. Pesan Tiket Sebulan Sebelum Mudik

Terkadang ada tiket yang memang dijual tepat hari H jadwal berangkat. Namun biasanya untuk perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri, pemerintah akan membuka penjualan tiket H-45 atau H-30 sebelum keberangkatan.

Menurut saya hal ini cukup efektif untuk menghindari menumpuknya penumpang di stasiun kereta api misalnya. Apalagi sekarang

3. Pastikan Tanggal Keberangkatan

Jangan mendadak dalam menentukan tanggal kapan akan mudik. Kalau bisa jauh hari sebelum mudik, pastikan kapan Anda sudah mulai cuti bersama, serta kesiapan anggota keluarga lainnya untuk mudik.

Hal ini untuk menghindari terjadinya pembatalan di tengah-tengah rencana mudik yang mungkin sudah dijadwalkan dengan matang.

Dengan menjadwalkan tanggal keberangkatan mudik, Anda bisa langsung memesan tiket pesawat dan tidak perlu khawatir kehabisan tiket.

4. Pesan Tiket Melalui Platform yang Bekerja Sama Dengan Kereta Api

Langkah terakhir agar bisa merencanakan mudik tanpa takut kehabisan tiket kereta adalah, memesan tiket melalui platform marketplace atau aplikasi yang bekerjasama dengan Kereta Api Indonesia. 

Tentunya dengan memesan tiket di marketplace, Anda bisa mendapat berbagai promo seperti diskon misalnya. Dengan diskon yang ditawarkan, maka biaya perjalanan Anda akan lebih hemat tentunya.

Penutup

Demikian sedikit tips dari saya agar Anda dapat membeli tiket lebaran tanpa takut kehabisan. Jangan jadikan moment hari raya menjadi tidak bermakna hanya karena Anda kehabisan tiket kereta sehingga tidak bisa bertemu dengan keluarga tercinta.

Mari kita bersuka cita menyambut hari raya di tahun 2022 ini dengan memesan tiket untuk mudik bertemu dengan keluarga tercinta.

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Cara Efektif Pesan Tiket Lebaran Untuk Mudik"