3 Manfaat Menggunakan Software Payroll Untuk Perusahaan

 
Software Payroll


Saya ingin menjelaskan mengenai pentingnya menggunakan software payroll dalam sebuah perusahaan demi kelancaran operasional kantor. Sebuah perusahaan tentu ingin agar lebih rapi dan terstruktur dalam pengelolaan manajemen kantornya.

Seperti yang kita ketahui, sebuah usaha didirikan dengan tujuan untuk mendapatkan profit yang sebesar-besarnya. Di dalam sebuah perusahaan pasti ada tenaga kerja yang dipekerjakan di beberapa posisi yang sudah ditentukan.

Para tenaga kerja tersebut nantinya di akhir atau awal bulan akan menerima gaji yang besarannya sudah ditentukan berdasarkan kontrak kerja yang telah mereka tanda tangani. Proses pemberian gaji di masing-masing perusahaan memang berbeda-beda sesuai dengan peraturan kepegawaian perusahaan itu sendiri.

Saya ambil contoh di kantor tempat saya bekerja, gaji karyawan masih ditransfer secara manual ke rekening masing-masing pegawai. Tentu saja hal tersebut akan memakan waktu lama dan kurang efisien. Selain itu pula transfer gaji karyawan rawan akan kesalahan data dari staf yang melakukan transfer.

Namun jika suatu perusahaan memiliki jumlah karyawan sampai ratusan, maka bagian personalia tidak mungkin membayar gaji secara manual kepada seluruh karyawan. Biasanya bagian personalia suatu perusahaan akan menggunakan sistem payroll untuk penghitungan gaji karyawan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kesalahan dalam melakukan pembayaran.

Namun apa sih definisi dari Payroll itu sendiri? Melalui artikel ini, saya akan sedikit mengulas mengenai sistem beserta software Payroll yang mungkin suatu saat akan Anda gunakan dalam menggaji karyawan apabila perusahaan Anda sudah berkembang pesat.

Software Payroll: Penting Digunakan Untuk Mengelola Gaji Karyawan

Payroll merupakan sistem pemberian gaji suatu perusahaan kepada karyawannya dimana tanggal pemberian gaji serta besarannya sudah ditetapkan. Dengan kata lain Payroll dapat disebut juga dengan proses penghitungan gaji karyawan.

Dalam melakukan perhitungan payroll tentu tidak lepas dengan yang namanya software. Software sendiri merupakan perangkat lunak berisi informasi yang dapat kita akses melalui perangkat digital yang dimiliki, seperti personal computer (PC) maupun laptop. Di dalam software itu nantinya akan terdapat banyak data yang bisa kita baca untuk kemudian dioleh menjadi laporan yang diinginkan.

Software Payroll sendiri merupakan perangkat lunak yang bisa membantu divisi personalia untuk menghitung gaji karyawan dengan berbagai komponen pendukungnya. Komponen pendukung di sini sebut saja lama jam lembur, jumlah kehadiran karyawan, bonus, tunjangan bahkan potongan pinjaman apabila karyawan tersebut memiliki pinjaman di kantor.

Software payroll sendiri memiliki berbagai keunggulan serta manfaat apabila kita menggunakan untuk menggaji karyawan setiap bulannya. Manfaat menggunakan software payroll antara lain:

1. Menghemat Biaya Operasional Kantor

Pada dasarnya perhitungan gaji bisa dilakukan oleh internal perusahaan, namun ada beberapa kasus manajemen bekerja sama dengan pihak ketiga dalam melakukan pembayaran gaji karyawan. Tentu saja karena tidak ingin ribet dalam menghitung gaji karyawan.

Hal ini sah-sah saja dilakukan namun dampaknya adalah terjadi pembengkakan budget perusahaan. Jika perusahaan tersebut telah menyiapkan budget kerja sama dengan pihak ketiga untuk mengurus pembayaran gaji, maka tak masalah. Namun bagaimana dengan perusahaan yang memiliki tidak cukup dana untuk itu, maka software payroll bisa menjadi solusi untuk pembayaran gaji karyawan.

2. Menghindari Terjadinya Kesalahan Hitung  

Kantor saya beberapa tahun lalu membayar gaji karyawan secara manual dan memang kelemahan sistem manual adalah sering terjadi human error. Hasilnya adalah banyak komplain dari beberapa divisi khususnya teknisi karena jumlah lembur yang diterima tidak sesuai.

Yah, namanya saja manual kan jadi human error sering terjadi karena kurang teliti dalam memeriksa absensi misalnya. Menggunakan Software Payroll adalah langkah efektif dalam menghindari terjadinya kesalahan hitung pembayaran gaji karyawan.

3. Sebagai Tempat Penyimpanan Data

Software Payroll tidak hanya sekedar perangkat lunak yang bisa membantu kita untuk perhitungan gaji karyawan. Di dalam software tersebut, bagian personalia juga dapat menyimpan segala hal yang berkaitan data para karyawan, mulai dari identitas pribadi karyawan, lama bekerja hingga hal lain yang berkaitan dengan kepegawaian. 

Hal ini tentu saja bermanfaat bagi perusahaan untuk dapat melakukan monitoring seluruh karyawannya tanpa terkecuali.

Penutup

Demikian sedikit penjelasan dari saya mengenai manfaat serta pentingnya menggunakan software payroll untuk suatu perusahaan. Tentunya diharapkan dengan menggunakan software, dapat meringankan beban kerja divisi personalia sehingga bisa fokus untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat.
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "3 Manfaat Menggunakan Software Payroll Untuk Perusahaan"