Buka Wawasan Akan Literasi Keuangan Bersama FWD Insurance

FWD Insurance


Berbicara mengenai perempuan, seolah tidak pernah ada habisnya. Selalu ada saja tema menarik yang membahas mengenai perempuan. Terlebih lagi saat ini perempuan memegang peranan penting di beberapa sektor pekerjaan dan juga di keluarga. 

Perempuan dengan kemampuan multitaskingnya hampir di setiap sektor kehidupan mampu bersinergi dengan kaum Adam untuk menjadikan hidup lebih berwarna dan produktif. Coba kita lihat, saat ini banyak perempuan yang memegang peranan penting di berbagai jabatan fungsional yang ada di masyarakat.

Masih dalam rangka memperingati Women International Day, FWD Insurance sebagai perusahaan yang bergerak di bidang asuransi meluncurkan program literasi keuangan FWD Women Inspirational Talk dengan tema Merayakan Hidup Penuh Percaya Diri bersama FWD Insurance yang dilakukan secara online melalui webinar.

Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2022 yang menghadirkan narasumber hebat. Kenapa saya bisa mengatakan hal demikian, karena narasumber yang mengisi webinar tersebut merupakan para pimpinan di FWD Insurance dan semuanya adalah para perempuan yang menginspirasi kita untuk dapat lebih produktif dalam berkarya di masyarakat.

Para narasumber yang dimaksud antara lain:
  1. Ibu Maria Magdalena, menjabat sebagai Chief Governance Officer dan Direktur Kepatuhan)
  2. Ibu Desy Widjaya, menjabat sebagai Chief Financial Officer
  3. Ibu Aling Suhaid, menjabat sebagai Chief Bancassurance Officer)
  4. Ibu Widaningrum, menjabat sebagai Head of Marketing and New Business Model.
Seperti yang kita ketahui bahwa FWD Insurance adalah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi yang menyediakan beberapa jenis produk, diantaranya asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. FWD Insurance juga memiliki kepedulian terhadap perempuan Indonesia dan sejak tahun 2021 bekerja sama dengan komunitas blogger meluncurkan program FWD Bebas Berbagi – Women Community. 

Tujuan diselenggarakannya program FWD Bebas Berbagi – Women Community adalah untuk mendukung program literasi keuangan seperti apa yang dihimbau oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kita semua tahu bahwa literasi keuangan sangatlah penting bagi kita para perempuan dalam mengelola keuangan lebih baik lagi, baik di lingkungan keluarga maupun untuk diri sendiri.

Ada banyak insight yang saya dapatkan setelah mengikuti FWD Women Inspirational Talk, terlebih setelah mendengar pemaparan dari para narasumber yang sangat berkompeten di bidangnya. Berikut pemaparan insight para narasumber. 

Ibu Desy Widjaja

Perempuan yang menjabat sebagai Chief Financial Officer di FWD Insurance ini sebelumnya sudah pernah mengisi talkshow dalam rangka peluncuran Event HERoic 2022 yang juga saya ikuti pada tanggal 8 Maret 2022.

Perempuan yang menyukai diskusi dengan lingkungan kerjanya memperhatikan ada tipe orang yang lebih suka menuangkan ide melalui coretan di atas kertas agar lebih dapat mengingat apa yang didapat dalam setiap presentasi yang diikuti. Namun karena pandemi mengakibatkan seseorang tidak bisa melakukan hal tersebut sehingga harus beradaptasi dengan dunia digital. 

Dari sini Ibu Desy secara tak langsung ingin menyampaikan pesan bahwa kita harus mampu mengikuti perubahan zaman yang juga berdampak pada hidup kita. Jika tak mampu beradaptasi dengan perubahan zaman, maka bukan tidak mungkin kita akan tergilas dengan zaman itu sendiri.

Dalam pemenuhan kebutuhan hidup, Ibu Desy juga menyarankan agar setidaknya kita harus bisa mengalokasikan dana atau budget yang dimiliki secara rutin untuk asuransi maupun investasi, dan jadikan hal tersebut sebagai habit atau kebiasaan. Jika segala sesuatu yang baik menjadi kebiasaan dalam hidup, maka tidak akan menjadi beban.

Apalagi asuransi menurut saya saat ini menjadi sesuatu hal yang amat penting dikarenakan risiko hidup yang tak pernah diketahui kedepannya. Setelah pandemi yang disebabkan Covid-19 terjadi pada tahun 2020, kita jadi lebih sadar pentingnya memiliki asuransi kesehatan untuk mengcover segala ketidakpastian dalam hidup.

Begitu juga asuransi jiwa menurut saya pribadi penting dimiliki oleh kepala keluarga agar ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kematian dan kecelakaan kerja, maka anggota keluarga dapat menerima santunan asuransi.

Saran selanjutnya dari Ibu Desy agar sebaiknya kita juga dapat memetakan kebutuhan sehari-hari untuk apa saja agar bisa mengalokasikan budget dari penghasilan yang diterima. Idealnya alokasi pengeluaran 30-60% dari gaji yang diterima. Namun kembali lagi setiap orang memiliki standar yang berbeda-beda sehingga presentasi itu tidak bisa dijadikan patokan tetap. 

Hal yang paling mengena dari closing statement Ibu Desy adalah jangan cepat puas pada pencapaian diri sendiri serta mulailah menambah wawasan untuk pengembangan skill serta kompetensi. Banyak tantangan di luar sana yang harus dihadapi oleh para perempuan. Berusahalah untuk melihat segala sesuatu dari sisi positif namun jangan lupa untuk juga melihat sisi negatif dari suatu peristiwa, agar bisa melakukan antisipasi dalam kehidupan ini.

Open our self, open our self, begitu kata Ibu Desy Widjaya.

Ibu Widaningrum

Perempuan yang menjabat sebagai Head of Marketing and New Business Model di FWD Insurance ini member insight menyejukkan hati setiap perempuan yang mendengarnya. Bahwa sebagai seorang perempuan, kita harus pintar dalam mengatur keuangan. Perempuan bisa dikatakan sebagai menteri keuangan di dalam keluarga. Bagaimana lancarnya operasional sebuah keluarga ada di tangan perempuan yang pintar mengatur keuangan.

Tapi jangan lupa agar para perempuan sesibuk apapun tetap melakukan self love atau mencintai diri sendiri. Lakukan me time di tengah kesibukan bekerja dan mengurus rumah tangga. Semenjak pandemic, bisa jadi pola hidup menjadi sangat berubah total karena ada kebijakan seperti Work From Home, sekolah daring dan keterbatasan melakukan kegiatan di luar rumah.

Me time dilakukan oleh perempuan sebagai salah satu cara mengelola rasa stress. Walau perempuan sudah banyak mendapat kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam hal pekerjaan, namun kembali lagi kodrat perempuan sebagai istri dan ibu rumah tangga yang harus bertanggung jawab pada urusan domestic.

Tak berbeda dengan Ibu Desy, Ibu Widaningrum  mengingatkan agar perempuan bisa melakukan investasi dan juga memiliki asuransi untuk menghadapi berbagai risiko dalam hidup. Bagi sebagian perempuan bisa jadi rawan terserang penyakit karena beratnya tugas dan tanggung jawab, sehingga memiliki asuransi kesehatan bisa dipertimbangkan untuk dimiliki segera.

Jadilah perempuan yang bisa menginspirasi perempuan lainnya karena skill dan kompetensi Anda. Milikilah komitmen dan niat untuk berkembang dan niatkan hari ini harus lebih baik dari kemarin, begitu closing statement yang paling menyentuh keluar dari pernyataan Ibu Widaningrum.

Ibu Aling Suhaid

Ibu Aling Suhaid merupakan satu dari empat perempuan yang memiliki jabatan di FWD Insurance sebagai Chief Bancassurance Officer. Menjadi seorang perempuan yang membawahi karyawan sedemikian banyak selain bertanggung jawab pada diri sendiri, juga bertanggung jawab atas seluruh karyawan di perusahaan yang dipimpin.

Point penting yang disampaikan Ibu Aling ketika mengisi acara Women Inspirational Talk antara lain:
  1. Perempuan tidak boleh tergantung pada orang lain
  2. Perempuan harus memiliki kekuatan ekonomi sehingga dapat setara dengan laki-laki
  3. Perempuan harus memiliki kesempatan untuk membuat keputusan
  4. Perempuan harus berinvestasi ke dalam dirinya sendiri untuk pengembangan diri. 
Contohnya mengikuti komunitas, membaca buku dan berani mencoba sesuatu yang baru. Jangan lupa juga kita harus melakukan self love untuk fisik seperti berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat. 

Stop membandingkan diri sendiri dengan orang lain karena setiap individu sejatinya memiliki keunikan tersendiri. Kita juga harus dapat memegang kendali atas hidup ini. Dari Ibu Aling Suhaid saya terinspirasi untuk selalu menjadi manusia yang positif dalam memandang hidupnya dan tidak gampang menyerah jika diberi kesulitan hidup.


Meditasi Online Bersama Tsamara Fahrana

Pernah merasa stress dalam hidup? Wajar kok, saya pun pernah merasakannya apalagi ketika sedang burnout di kantor. Namun kembali lagi seperti yang dikatakan Ibu Widaningrum bahwa kita harus mampu mengelola stress menjadi suatu hal yang produktif. Jika stress, maka berhentilah sejenak. Menepilah sejenak, kalau perlu lakukan meditasi di keheningan agar pikiran Anda menjadi jernih untuk kemudian dapat kembali melakukan aktivitas sehari-hari.

Pada kesempatan webinar kali ini, FWD Insurance juga menghadirkan Tsamara Fahrana seorang Human Design Coach yang akan membantu seluruh peserta melakukan meditasi secara online. Perasaan saya pun merasa plong dan lebih tenang setelah dipandu oleh Coach Tsamara dalam melakukan meditasi online.

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh Tsamara Fahrana untuk membangkitkan motivasi para perempuan Indonesia, di antaranya:
  1. Goals atau tujuan hidup tidak selalu dalam kendali kita
  2. Goals bisa diubah menjadi niat
  3. Kadang goals dikalahkan oleh rasa malas
  4. Tulislah goals Anda di tempat yang sering terlihat dan dilewati, misalnya di depan pintu kamar atau ditempel di kulkas.

Penutup

FWD Insurance sebagai perusahaan asuransi tidak hanya memikirkan bagaimana memperkenalkan produk asuransinya kepada masyarakat luas, namun juga memiliki perhatian khusus kepada seluruh perempuan Indonesia agar lebih bisa menghargai diri sendiri dan tidak mudah menyerah dalam hidup.

Salah satu hal yang ingin FWD Insurance sampaikan kepada seluruh perempuan di Indonesia agar kita semua memiliki pemahaman luas terhadap literasi keuangan.
Untuk kalian yang ingin mendapatkan informasi tentang produk asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan milik FWD Insurance, bisa mengunjungi websitenya.

Semoga bermanfaat.

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

51 komentar untuk "Buka Wawasan Akan Literasi Keuangan Bersama FWD Insurance"

  1. Terimakasih info menariknya mbak, memang literasi keuangan sangat penting nih

    BalasHapus
  2. Asuransi kesehatan Dan asuransi jiwa ini memang Penting banget ya mbak buat Kita. Thanks ya mbak artikelnya membuatku jadi lebih terbuka lagi nih akan MANFAAT asuransi

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget Mbak Aisyah

      dengan memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, kita gak was-was lagi akan kebutuhan finansial di masa yang akan datang

      karenakita gak bisa menghindar dari sakit, kematian dan kecelakaan

      Hapus
  3. Setuju nih sama motivasi untuk perempuan dari narsum FWD mbak Tsamara Fahrana intinya goals yang menentukan ya diri sendiri ya mbak ..semangat lagi deh aku..

    BalasHapus
  4. Seru banget sih FWD yang sellau mendukung para perempuan untuk selalu mempunyai financial mandiri, proteksi diri dengan asuransi dan mementingkan dirinya sendiri jangan sampe lupaa. bekerja boleh namun tetep fokus sejenak me time yaa, kuuy aahh!!

    BalasHapus
  5. Perempuan Indonesia harus berdiri di kaki sendiri atau mandiri di semua bidang meskipun sudah menikah sekali pun. Perjuangan literasi keuangan menjadi kendala apabila perempuan masih belum memahami apa itu asuransi.

    BalasHapus
  6. Jadi perempuan harus pinter investasi biar pas kepepet bisa di manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

    BalasHapus
  7. Keren sekali, memang perempuan dan keuangan adalah dua hal yang begitu akrab ya, maka kegiatan seperti ini memang bagus sekali untuk mewujudkan generasi yang lebih melek sama literasi keuangan.

    BalasHapus
  8. perempuan-perempuan keren yaaaa.....

    berhasil sukses dalam dunia patriarki sungguh gak mudah lho

    mereka sangat menginspirasi dengan bukti nyata

    BalasHapus
  9. Setuju dengan Ibu Widaningrum ketika kita mengalami setress berhentilah sejenak dan lakukan meditasi.Ini yang seringkali aku lakukan dan berhasil melewati masa setress

    BalasHapus
  10. Jadi semangat bebenah diri dan keuangan karena masa depan kita yang menentukan.

    BalasHapus
  11. setuju nih, meski di rumah aja, jadi perempuan harus melek finansial dan bisa tetap produktif ya :) baru kerasa pas udah jadi ibu sih, jadi menteri keuangan di keluarga kecil kita aja udah kudu melek finansial ya

    BalasHapus
  12. Keren ya FWD ini, selalu mendukung masyarakat untuk lebih cerdas mengelola keuangan melalui literasi keuangan

    BalasHapus
  13. Mantap sekali ya materi-materinya. Benar2 memberdayakan perempuan secara fisik, mental, dan finansial.

    BalasHapus
  14. Sip markosipp banget nih FWD Insurance
    bener2 bisa memberikan wawasan maksimal utk kita semua.
    jadi makin paham ye kannn seputar literasi keuangan

    BalasHapus
  15. Perempuan sekarang harus mandiri dan paham dengan literasi keuangan agar pada situasi yg diluar perkiraan dan mendesak tetap memiliki cover yg baik, salah satunya melalui asuransi yg dimiliki ya.

    BalasHapus
  16. Salut nih dengan FWD Insurance yang tidak hanya memikirkan bagaimana kemajuan perusahaan, tapi juga memikirkan kondisi para perempuan sehingga bisa mandiri dan paham literasi keuangan ya

    BalasHapus
  17. Asiknya ada kegiatan meditasi online juga ya pasti buat makin rilex tuh. Hmm, belajar literasi keuangan ini tentunya perlu utk siapapun ya terutama perempuan juga yang banyak kelola keuangan.

    BalasHapus
  18. Soal asuransi ini aku masih 0 banget. Kepikiran buat beli asji tapi masih nyari produk yg cocok.

    BalasHapus
  19. Pasti seneng banget deh bisa berpartisipasi di event sebagus ini. Apalagi dengan menghadirkan perempuan-perempuan hebat sebagai pemateri. Topiknya juga bagus. Tentang literasi keuangan. Tema yang wajib kita kuasai dan pahami agar kemampuan mengelola keuangan pribadi/keluarga bisa lebih sehat lagi.

    BalasHapus
  20. literasi keuangan saat ini penting banget, apalagi soal kesehatan dan investasi ya. asuransi fwd ini salah satu asuransi yang bagus, aku juga pakai untuk proses klaimnya juga cepat.

    BalasHapus
  21. Sekarang emang sudah saatnya bagi perempuan untuk melek asuransi dan keuangan lainnya. Yuk yuk semangat belajar, hehe

    BalasHapus
  22. Literasi asuransi dan lembaga keuangan dari FWD akan membuat seru pengetahuan pembaca

    BalasHapus
  23. Kalau cepat puas akan sesuatu yang sedang diraih, tentunya gak akan membuat maju.
    Jadinya memang harus terus gali kompetensi diri

    BalasHapus
  24. Jaman sekarang perempuan juga harus melek keuangan, sebisa mungkin tetap menghasilkan biarpun hanya dari rumah.

    BalasHapus
  25. Yah. Perempuan harus mandiri secara finansial. Bahkan ketika sudah dewasa dan masih single. Nggak perduli meski seharusnya masih dalam tanggung jawab orang tua. Perempuan harus bisa mandiri secara finansial.

    BalasHapus
  26. Salut sama program FWD Insurance yang lebih menekankan juga pada edukasi, terutama untuk perempuan agar memahami literasi keuangan. Secara rata-rata, menteri keuangan di rumah tangga adalah perempuan. hehe.

    BalasHapus
  27. Senang ya klo ada yang memperhatikan seperti FWD insurance ini, jalani hidup jauh lebih tenang.

    BalasHapus
  28. Perempuan selalu diistimewakan kalau dalam hal keuangan. Karena mereka memang lebih ulet dan lebih teliti. Ya meskipun ada juga yang boros. Tapi overal memang perempuan yang paling mau belajar literasi keuangan dan paling perlu dibantu agar bisa berdaya.

    BalasHapus
  29. Sekarang udah terasa, eranya emansipasi wanita. Semakin banyak wanita yang memegang jabatan penting. Di tempat kerja saya juga banyak staff wanita yang memegang posisi penting...

    Pun termasuk dalam ranah urusan finansial keluarga, wanita atau seorang Ibu juga punya peranan yang sangat penting. Perlu mengetahui literasi keuangan yang memadai.

    Begitu juga dalam memilih produk asuransi perlu mengetahui yang terbaik, salah satunya FWD insurance ini. Mantap lah acaranya berbobot banget...

    BalasHapus
  30. Seru loh acaranya, jadi motivasi juga nih untuk terus semangat dan punya investasi untuk masa depan.

    BalasHapus
  31. Menarik ya, perusahaan asuransi yang mau memberikan edukasi terutama kepada perempuan, sallut buat FWD insurance.

    BalasHapus
  32. Semoga semakin banyak orang yang melek akan literasi keuangan termasuk soal pentingnya memiliki asuransi ya. Btw saya salfok sama profesi Tsamara Fahrana sebagai Human Design Coach. baru denger soalnya, jadi penasaran hehe

    BalasHapus
  33. Pengingat banget sih ini kak, biar sebagai perempuan bisa kelola keuangan dengan bijak. Soalnya karena sudah terkenal ya menteri keuangan di rumah adalah wanita hehe

    BalasHapus
  34. Talkshow nya menginspirasi banget ya mbak. Terutama yang meditasi. Saya sampai nangis.

    BalasHapus
  35. Wiih ..sekarang memang harus membuka pengetahuan ya tentang finance biar tidak terjebak secara personal ke dalam generasi sandwich...semiga kita semua selalu diberi kesehatan. aamiin, thanks for sharing.

    BalasHapus
  36. Goals sering kali dikalahkan oleh malas. Betul banget nih. Dalam beberapa goals yang aku tulis, banyak karena kemalasan, akhirnya tertunda atau batal. Menurutku sih investasi ini penting.

    BalasHapus
  37. Makin kesini memang pemahaman tentang literasi keuangan penting banget donk. Mengelola keuangan dengan tepat tentu berdampak baik untuk kondisi keuangan pribadi dan keluarga ya.

    BalasHapus
  38. perempuan perlu melek literasi keuangan nih, suka komunitas yang mendukung perempuan seperti ini

    BalasHapus
  39. Mengenal informasi literasi keuangan dan lembaga penting, fwd dengan sosialisasinya berperan penting

    BalasHapus
  40. Bancassurance itu apa Mbak? Wah ada meditasi online juga sama Mbak Tsamara, seru sekali~

    BalasHapus
  41. Acara yang penuh manfaat ini mbak bagi para perempuan untuk selalu menyemangati diri sendiri agar selalu mengembangkan kemampuan diri. FWD insurance ini kayaknya banyak banget punya program untuk perempuan

    BalasHapus
  42. Jarang-jarang ada perusahaan asuransi yang support dengan perempuan. Apalagi ini sampai memberikan edukasi literasi keuangan. Perempuan memang penting banget ya memahaminya, agar masa depan keluarga lebih cerah.

    BalasHapus
  43. Para perempuan hebat di jajaran manajemen FWD insurance, manjadi motor penggerak pemberdayaan perempuan di perusahaan asuransi tersebut. Salut pada mereka yang tak ingin sukses sendirian, tapi mengajak sebanyak mungkin perempuan lain untuk meraih kesuksesan juga

    BalasHapus
  44. jaman sekarang penting banget punya investasi keuangan plus asuransi jiwa, dan senengnya kalau ada komunitas yang bisa saling sharing seperti ini

    BalasHapus
  45. perempuan memang seharus bisa berdaya, khususnya tentang literasi keuangan. bukan untuk menyalahi kodratnya sebagai perempuan tetapi mampu berkolaborasi dengan laki-laki (suami)

    BalasHapus
  46. Semakin paham ttg literasi keuangan... tinggal konsisten mempraktekkannya... dan ini bagian yg tidak mudah...

    BalasHapus
  47. Waah betul sekali, perempuan harus cerfas dalam mengelola finansial, terlebih lagi melek dalam literasi finansial agar dana tetap terjaga dan terkelola dengan baik

    BalasHapus
  48. Senang karena FWD makin berinovasi dalam hal investasi apalagi selalu ada edukasi mengenai literasi finansial

    BalasHapus
  49. Menulis goals di tempat yang sering dilihat dan dilewati ini yang belum saya praktekkan padahal konon katanya impact-nya nyata banget ya ke diri kita. Kayak semesta tuh mendukung karena melihat goals kita

    BalasHapus
  50. Bener menurut penuturan Ibu Widaningrum, perempuan juga bisa berinvestasi dan memiliki asuransi untuk menghadapi risiko dalam hidup karena tidak semua laki-laki sanggup sebagai penyokong di keluarga, meski sudah kewajibannya

    BalasHapus