Arti Dari Istilah Plugin Ongkir yang Harus Anda Ketahui Sebagai Pedagang Online Shop

 
Plugin Ongkos Kirim

Memiliki online shop atau dikenal juga dengan istilah toko online merupakan impian saya yang sudah lama sekali ingin diwujudkan. Kenapa toko online dan bukan usaha lainnya, karena bagi saya memiliki usaha yang bisa dijalankan dari rumah itu bisa memiliki quality time tersendiri untuk keluarga.

Apalagi saya yang sudah 15 tahun bekerja sebagai seorang pegawai kantoran rasanya ingin sekali bisa rebahan namun juga sekaligus dapat penghasilan. Menjalankan toko online tentu saja solusi bagi saya yang senang berdagang sejak duduk di bangku SMP dan ingin mengembangkan sebagai sesuatu yang menghasilkan.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seseorang ketika berniat membuka toko online, diantaranya:
  • Pastikan ingin menjual produk atau jasa apa
Memiliki toko online tentu dari awal sudah Anda tentukan ingin menjual produk apa. Pilih produk yang sesuai passion Anda untuk dijual. Jangan sekadar ikuti trend namun Anda tidak mampu memasarkan produk tersebut.
  • Tentukan dan pilih provider yang akan Anda gunakan jasanya untuk membuat toko online. 
Ketika hendak membuat toko online tentu kita tak bisa bekerja sendiri dalam menciptakannya. Ada jasa pembuatan toko online yang dapat kita hire untuk menciptakan impian kita Tentu kita harus intens berkonsultasi dengan jasa pembuatan toko online tersebut demi tercapainya cita-cita sebagai pemiliki bisnis online.

Memilih provider jasa pembuatan toko online saat ini sangatlah mudah. Anda tinggal buka situs mereka dan lihat protofolio berapa banyak client yang sudah menggunakan jasa perusahaan tersebut. Jika sudah mengetahui, Anda pun bisa melihat seperti apa hasil karya provider tersebut, apakah layak untuk Anda jadikan partner dalam membuat toko online atau tidak.
  • Pilih desain yang menarik dan eye catching 
Tujuan kita mendirikan toko online tentu saja berharap agar barang yang kita jual dibeli sebanyak-banyaknya oleh pelanggan bahkan jika bisa mereka repeat order membeli barang tersebut. Nah, tentu saja untuk menarik minat pengunjung toko online kita maka harus memilih desain yang menarik juga eye catching agar pengunjung betah berlama-lama dan akhirnya melakukan checkout pembelian.
  • Last but not least, tentukan ekspedisi pengiriman yang sesuai dengan keinginan Anda dan juga sesuai jangkauan pelanggan. 
Jika ada pemilik toko online yang menjual frozen food tentu harus memilih kurir yang bisa satu hari sampai dalam mengirim barang pesanan pelanggan. Namun bagaimana jika barang di toko online Anda adalah pakaian dan pembeli berasal dari kota yang berbeda maka tidak mungkin memilih jasa kurir sehari sampai.

Pembeli merupakan sekumpulan orang-orang dengan karakter berbeda. Ada yang perfect ingin pesanan mereka sehari sampai namun ada juga pembeli yang akan memilih tarif ekspedisi paling murah sesuai kemampuan dan biasanya ekspedisi tersebut akan memakan waktu beberapa hari dalam proses pengantaran.

Sebagai pemilik toko online, Anda harus bisa mengakomodir keinginan seluruh pelanggan donk pastinya. Hal ini tentu saja agar jualan Anda semakin laris dan dipercaya oleh banyak pelanggan bahkan calon pelanggan sekalipun.

Untuk mempermudah Anda dalam mengakomodir jasa pengiriman apa yang sesuai dengan keingin para pelanggan, maka tidak ada salahnya menggunakan plugin ongkos kirim demi kelancaran penjualan berbagai produk online shop milik Anda.

Pernah dengar istilah plugin ongkir? Sebagai pedagang online shop harus tahu lho berbagai istilah di dalam dunia penjualan secara online ini karena tentu selain untuk mengupgrade knowledge, siapa tahu saja Anda bisa mempergunakan istilah yang mungkin tadinya asing ini menjadi suatu hal yang menguntungkan bagi bisnis online yang Anda miliki.

Istilah plugin ongkir sendiri sebenarnya masuk ke dalam ranah perdagangan online dan ada arti penting yang wajib Anda ketahui sebagai seorang pemilik bisnis online shop. Plugin ongkos kirim merupakan tools atau alat untuk melakukan pengecekan ongkos kirim di website atau online shop Anda. 

Guna dari plugin ongkir di sebuah website online shop adalah:
  1. Untuk melakukan pengecekan ongkos kirim
  2. Membandingkan ongkir antara ekspedisi satu dengan lainnya
  3. Memberi kebebasan kepada para pelanggan untuk memilih ekspedisi yang ada di kota tempat tinggal mereka. 

Gunakan Shipper API Sebagai Plugin Ongkos Kirim Toko Online Anda

Shipper API merupakan jasa penyedia plugin ongkir yang dibutuhkan oleh toko online Anda saat ini. Keunggulan yang akan Anda dapatkan apabila menghubungkan toko online ke Shipper API antara lain:
  1. Fasilitas penjemputan paket secara gratis
  2. Anda dapat melacak pengiriman barang sudah sampai dimana
  3. Dapat terintegrasi ke beberapa ekspedisi
  4. Tarif bersaing apabila menggunakan Shipper API.
Untuk kalian yang ingin bergabung sebagai memberi dari Shipper API maka ada 2 paket yang bisa dijadikan bahan pertimbangan, yaitu:

1. Paket STARTER

Paket ini sebaiknya Anda coba ketika belum mengetahui bagaimana sistem kerja plugin ongkir sekaligus menjawab kebingungan Anda sebagai pemilik toko online pemula. Biaya instalasinya cukup terjangkau yaitu Rp. 500,000 dan biaya bulanan sebesar Rp. 250.000 per bulannya.

Paket STARTER ini juga dikhususkan bagi Anda yang memiliki pesanan penjualan antara 500-1.500 setiap bulannya. Perlu dipahami ketika mengambil paket STARTER ini ada keterbatasan dalam fasilitas misalnya Anda tidak bisa memilih kurir same day seperti Gojek maupun Grab Express dan Anda belum bisa berkoordinasi dengan tim API Shipper menggunakan Whatsapp Group.

2. Paket Premium

Dengan berlangganan paket PREMIUM, Anda bisa terhubung dengan tim API Shipper melalui komunikasi di Whatsapp Group sekaligus bisa mengaktifkan layanan same day service menggunakan Gojek dan Grab Express.

Sebaiknya Anda yang memiliki bisnis online dengan orderan lebih dari 1.500 pesanan dapat mengambil paket PREMIUM agar bisa menikmati fasilitas yang saya sebutkan di atas. Biaya instalasi paket PREMIUM sebesar Rp. 1.500.000 dengan biaya bulanan yaitu Rp. 500.000 per bulannya. Paket PREMIUM juga menawarkan cashback yang lebih banyak untuk toko online Anda. Menarik bukan!

Penutup

Demikian penjelasan singkat saya mengenai istilah plugin ongkos kirim yang wajib Anda ketahui sebagai pemilik toko online. Sudah seharusnya toko online Anda terintegrasi dengan plugin ongkir untuk keleluasaan pelanggan dalam memilih ekspedisi yang mereka inginkan. Tentu saja keuntungan lain, toko online Anda akan semakin diperhitungkan di masyarakat dengan adanya fasilitas ini.

Jadi jangan ragu untuk makin mengembangkan bisnis online bersama 
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

20 komentar untuk "Arti Dari Istilah Plugin Ongkir yang Harus Anda Ketahui Sebagai Pedagang Online Shop"

  1. Jadi plugin ongkos kirim itu yang dipasangkan di website toko online gitu ya. Begitu ada pembeli bisa langsung terintegrasi buat ngehitung Ongkos kirim. Barubtau saya. Mungkin ini semacam plugin wordpress kali ya?

    BalasHapus
  2. Agak rumit sih mengaitkan plugin ongkir di website kita. Kudu benar-benar paham sama pluginnya. Jadi, kita bisa pakai Shipper API ya kak untuk plugin ongkirnya.

    BalasHapus
  3. Plugin ongkos kirim ini pasti mempermudah banget aktivita jual beli secara online ya mbak. Soalnya ribet kan kalau mesti ngecek satu-satu ongkir konsumen. Begitupun konsumen, bisa tahu berapa yang harus mereka keluarkan untuk ongkir saat berbelanja.

    BalasHapus
  4. oooo jadi emang ada plugin nya untuk pengecekan ongkos kirim ini. pantesan ya kalau belanja di marketplace tuh, begitu ganti alamat pengiriman, langsung ongkirnya juga ganti nilainya. Cepet banget dalam hitungan detik.

    Bagi pemilik onlineshop penting banget plugin ongkir ini ya, jadi nggak perlu repot jawab pertanyaan dan ngitung ongkos kirimnya

    BalasHapus
  5. Memang penting sih Mba kalau belanja online terus check out. Pasti bakal nyari2 pake ekspedisinya apa. Dengan adanya plug in jadi memudahkan konsumen, hehe

    BalasHapus
  6. Sebagai buyer, saya senang sekali kalo belanja online ke website penjual itu ada plug in ongkir ini. Sangat sangat membantu.

    BalasHapus
  7. Jadi tau nih plugin ongkos kirim, bagi pedagang online wajib tau nih dan ini sangat membantu, dan pakai Shiiper Api biat makin lancar berjualan 👍

    BalasHapus
  8. Betul nih plugin ongkir ini memang penting sih dipasang khusus untuk website jual-beli (e-coomers). Cocok buat UMKM yang punya bisnis mandiri dan kegiatan pembeliannya langsung via website.

    BalasHapus
  9. Punya online shop itu emang menyita waktu banget ya, makanya plugin ongkir semacam API Shipper ini wajib dipakai.
    Selamat tinggal manual-manual club yang merepotkan.

    BalasHapus
  10. mantab banget nih plannya Mbak, moga dilancarkan ya.
    ternyata web-web online shop pakai plugin ongkir gitu ya untuk memudahkan pelanggannya pilih ongkir yang diinginkan, jadi tahu nih sekarang.
    saya juga sebenarnya jualan online tapi sebatas dropshipper, jadi gak ngerti alurnya, cuma tahu jualan aja, yang disana yang kirim barang :D

    BalasHapus
  11. Jujur saya baru tahu tentang Plugin Ongkir ini. Ternyata ini to yang ada di online shop yang memudahkan kita memilih jasa pengiriman. Terima kasih artikelnya ya, sangat mengedukasi, terutama buat saya yang tahunya hanya belanja online.

    BalasHapus
  12. Penting banget emang plugin ongkir buat olshop. Aku juga biasanya sering bandingin dulu ongkirnya, biar tahu mana yang paling murah tapi juga cepet.

    BalasHapus
  13. Setahun terkahir ini saya berbisnis online dan baru tahu istilah plugin ongkir. Pastinya jadi praktis banget kalau pakek plugin ini karena saya merasakan sendiri lumayan repot kalau bolak-balik harus ngecek ongkir dari beberapa aplikasi pengiriman

    BalasHapus
  14. kupikir plugin itu buat blog aja, ternyata berbisnis online ada plugin buat ngitung ongkir ya. jadi tidak perlu cek ke situs jasa pengiriman lagi.

    BalasHapus
  15. Pastinya kalau ambil paket instalasi Plugin Ongkir yang premium, selain cashback, manfaat lainnya lebih banyak ya Mbak ketimbang paket yg Starter, misalnya, tfs Mbak

    BalasHapus
  16. Oalaah ternyata itu toh maksudnya plugin ongkir, semacam tools untuk ngecek ongkir ya. Wah kalau olshop pake ginian mah bikin pembeli nyaman dan ngga ribet sih ya

    BalasHapus
  17. Baru tahu soal plugin ini dan belum pernah juga gunakan saat belanja online. Bagus juga ya, pelanggan bebas memilih dan ngecek ongkir dan terutama bagi pebisnis online tidak repot lagi ngecek ongkir.

    BalasHapus
  18. Wah aku baru tahu ada istilah plugin ongkir. Para emak bakulan olshop kudu paham ini ya. Biar jualan lebih praktis, gak ribet dan hemat waktu. Sekarang mah apa aja mudah ya tinggal kita aja yg kudu cepet eksekusi nya

    BalasHapus
  19. Wah, dengan adanya plugin ongkir jadi lebih mudah ya Mba, pembeli tinggal check langsung di web toko online yang dipasang plugin ini berarti ya, dan ini pastinya khusus web WP ya

    BalasHapus
  20. Sebagai buyer, saya senang sekali kalo belanja online ke website penjual itu ada plug in ongkir ini. Sangat sangat membantu.

    BalasHapus