Hidup Minimalis Dengan Kontainer Box Dari SHINPO

 
Kontainer Box Dari Shinpo

Judul ini bukan click bait, hahaha. Hidup minimalis dengan Container box bukan berarti kita hanya punya kontainer box saja di dalam rumah, bukan begitu donk. Jadi begini ceritanya, memasuki usia yang tidak muda lagi saya pribadi tertarik dengan konsep hidup orang Jepang yaitu hidup minimalis.

Orang Jepang dikenal dengan kesederhanaan dalam hidup misalnya saja memiliki peralatan makan dan baju yang cukup dipakai sehari-hari serta tidak berlebihan. Jadi ceritanya saya baru saja menyelesaikan buku berjudul Goodbye, things: Hidup Minimalis Ala Orang Jepang yang ditulis Fumio Sasaki.

Buku tersebut sangat menginspirasi saya dalam memulai hidup minimalis karena saya merasakan barang  di rumah sudah sangat banyak, menumpuk serta tidak tertata dalam pengaturannya.

Alasan saya ingin menerapkan hidup minimalis dikarenakan:
  • Usia yang bertambah
Usia memang bukan jaminan seseorang menjadi lebih bijaksana namun setidaknya saya belajar untuk menjadi lebih memahami arti dari kehidupan dengan cara hidup minimalis yaitu memilih mana barang yang benar-benar dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari yang tentu saja bermanfaat dan vital.

Dengan bertambahnya usia tentu tenaga makin terbatas untuk membersihkan rumah, serta ada perasaan ingin hidup apa adanya tanpa banyak menghamburkan uang untuk membeli banyak barang yang tidak ada urgensinya.
  • Barang yang semakin banyak di rumah
Terkadang sebagai manusia ada rasa puas apabila memilih suatu barang hanya karena keinginan bukan kebutuhan. Demikian halnya dengan saya, kalau sudah addict ingin memperoleh suatu barang maka bagaimana caranya saya harus membelinya.

Yang terjadi adalah beberapa bulan kemudian barang tersebut tidak akan saya pergunakan lagi dengan berbagai macam alasan seperti bosan maupun tertarik dengan barang lain yang lebih trend. 

Tentu saja apa saya lakukan akan membuat sejumlah barang akan menumpuk di rumah tanpa tahu kapan dipergunakan lagi. Jika sudah demikian maka yang ada seisi ruangan di rumah nampak bagai gudang karena saking banyak barang yang tak terpakai.
  • Lebih mudah dalam membersihkan rumah
Sejujurnya entah saya yang pemalas atau memang karena banyaknya barang di rumah sehingga tidak pernah ada kata cukup waktu untuk membersihkan seluruh ruangan yang ada. Bisa jadi karena faktor keduanya sehingga saya tidak pernah merasa cukup hanya beberapa jam membersihkan rumah. Banyak barang di rumah sudah membuat saya bingung harus mulai darimana untuk beberes rumah.

Namun tentu saja itu semua butuh proses, tidak semudah itu saya langsung bisa menerapkan hidup minimali. Saya pun juga harus mempersiapkan beberapa hal sebelum mulai benar-benar hidup minimali. Persiapan tersebut antara lain:

1. Melakukan sortir barang-barang yang tidak diperlukan lagi

Saya mengakui untuk memulai hidup minimali itu tidak mudah. Saya sudah mencoba melakukan dengan cara memberi beberapa buku yang sudah tidak dibaca kepada teman satu komunitas yang berdomisili di Jember. Alhamdulillah teman saya ini masih mahasiswi jadi buku-buku yang saya hibahkan masih dia perlukan untuk kegiatan pembelajarannya.

2. Mengatur ulang tata letak rumah beserta isinya

Jadi beberapa minggu lalu rumah yang saya dan ibu tempati sedang dilakukan perbaikan karena memang rumah keluarga peninggalan almarhum Bapak sudah tua sekali usianya. Sama dengan manusia, rumah pun memerlukan perawatan agar nampak kokoh dan juga nyaman untuk dihuni.

Setelah para tukang selesai melakukan perbaikan di sana sini, saya dan Ibu pun mulai berbenah dengan melakukan perubahan tata letak ruangan. Ternyata banyak sekali barang dan perabotan dalam rumah kami yang tidak berguna sama sekali sehingga harus dibuang atau diberi kepada yang lebih membutuhkan. Alhasil rumah terasa sedikit lega dan tidak sempit.

Wah sepertinya keinginan saya untuk hidup minimalis hampir terlaksana donk.

3. Membeli Kontainer Box

Lah kok katanya mau mulai hidup minimalis, tapi saya malah beli kontainer box? Apa engga jatuhnya jadi maksimalis, hahaha. Tenang sodara-sodara, maksud saya membeli kontainer box jutsru ingin memisahkan beberapa barang yang memang penting untuk saya pergunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi bagi saya rencana hidup minimali itu memerlukan proses yang bertahap, tidak langsung asal jadi sebab dikhawatirkan saya akan mulai bosan dan kembali bergaya hidup boros. Pelan-pelan saya ingin  mengetahui seberapa banyak barang yang masih sangat diperlukan sehari-hari dan tentu harus saya pisahkan ke dalam sebuah kontainer box.

Container Box Sealfresh

Walau berniat hidup minimalis, namun saya tidak ingin meninggalkan kualitas terutama kuliatas dari kontainer box yang akan dibeli nantinya. Setelah menimbang-nimbang, akhirnya pilihan jatuh ke produk yang diproduksi SHINPO. 

SHINPO adalah nama brand yang didirikan oleh PT. Sahabat Intim Plasindo di tahun 1982. Dalam perkembangannya SHINPO banyak memproduksi berbagai macam perlengkapan rumah tangga yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

Visi yang diusung oleh PT. Sahabat Intim Plasindo adalah igin menjadi leader dalam memproduksi peralatan rumah tangga serta furniture plastik di Indonesia. Sedangkan misinya adalah dapat menjadi produsen perlengkapan rumah tangga dan furnitur plastik yang berkulitas dan dipercaya oleh seluruh masyarakat di Indonesia. 

PT. Sahabat Intim Plasindo selalu ingin memberikan inovasi dalam membuat produk yang aman, bermutu sekaligus juga praktis dalam rangka pemenuhan keebutuhan hidup konsumen dengan harga yang relatif terjangkau.

Salah satu alasan mengapa saya tertarik untuk memiliki produk kontainer box dari SHINPO karena produk ini buatan dalam negeri kita sendiri sehingga adalah bijaksana apabila kita sebagai konsumen cerdas mulai membeli produk dari SHINPO. Membeli berarti kita turut serta mendukung produk karya dalam negeri.

Jangan lupa follow akun Instagtam @shinpoplastics untuk mendapatkan update barang terbaru yang mungkin saja kalian butuhkan. Di masa pandemi seperti saat ini kita pasti membatasi keluar rumah untuk kegiatan yang tidak urgentWalau berada di rumah saja, kalian tetap kok bisa berbelanja produk SHINPO di 2 marketplace besar yang ada yaitu Lazada dan Shopee. 

Kalian bisa mengunjungi akun Lazada milik SHINPO di https://www.lazada.com/shop/shinpo/ dan atau akun SHINPO di Shopee yaitu https://shopee.co.id/shinpo.id.

Namun apabila kalian penasaran dan tetap ingin melihat produk-produk milik SHINPO, bisa kok datang ke agen SHINPO yang terdapat di kota kalian. Kalian kunjungi saja situs www.shinpo.co.id/partners lalu pilih kota domisili. Nanti kalian akan menemukan beberapa toko agen SHINPO.

Karena domisili saya kebetulan di Surabaya, maka saya dapat mengunjungi agen SHINPO di daerah Kenjeran, Kalianak, Kalibutuh dan juga Margomulyo. Sudah chek belum agen SHINPO di kota kalian ada dimana saja?

Kontainer Box Dari SHINPO: Sarana Untuk Memulai Hidup Minimalis

Pada bulan September 2021 ini SHINPO baru saja launching salah satu produk yaitu kontainer box sealfresh yang sepertinya cocok untuk menyimpan beberapa barang yang akan saya pilih guna hidup minimalis kelak.

Keunggulan dari kontainer box sealfresh - SIP 155 s & SIP 155 L antara lain:
  1. Terbuat dari bahan berkualitas.
  2. Bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang misalnya saja pakaian, makanan, mainan, perkakas serta perlengkapan rumah lainnya.
  3. Tidak mudah pecah, kedap udara serta anti bocor.
  4. Aman untuk menyimpan makanan (food safe), dan tidak berbau kimia.
  5. Kuat apabila ditumpuk dengan barang lain sehingga lebih menghemat tempat dan lebih rapi.

Penutup

Semoga sedikit cerita dari saya yang sedang berusaha untuk hidup minimali menjadi inspirasi kalian yah. Tentu saja memang perlu dipertimbangkan masak-masak apabila berniat hidup minimalis karena akan ada banyak barang yang harus disortir agar rumah menjadi lebih lapang dan terlihat luas.

Menggunakan kontainer box sealfresh dari SHINPO merupakan langkah awal bagi saya untuk berproses menuju hidup minimalis. Untuk kalian yang tertarik membeli produk dari SHINPO bisa mengunjungi situsnya di www.shinpo.co.id.

Yuk, dukung produk dalam negeri dengan membeli keperluan rumah tangga dari SHINPO ya!
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

21 komentar untuk "Hidup Minimalis Dengan Kontainer Box Dari SHINPO"

  1. Menarik banget ini Mbaaa
    Daku sekarang menempati rumah Ibunda, yg mana beliau tuh suka numpukin barang (biasanya dikasih sohib2nya)
    ini sebagian mau aku sortir, tapi bingung mulai dari mana :D
    Yappp, ada baiknya aku mulai dgn menyediakan SHINPO kontainer box dulu kali yes?

    BalasHapus
  2. Eh iya ya, kontainer box ini penting banget sih buat pilah pilah barang, biar lebih minimalis, karena lebih rapi.
    Menarik banget deh kontainer box dari SHINPO ini :)

    BalasHapus
  3. Memang penting banget ya merapihkan barang2 yang cukup banyak di rumah. Kadang saya pun memasukannya ke dalam box sendiri supaya lebih tersusun sesuai kategorinya masing2. Dan adanya kontainer box SHINPO ini pastinya akan jadi lebih mudah dalam pengaturan barang2 di rumah.

    BalasHapus
  4. Kontainer boks memang membantu banget bikin rumah lebih terorganisir. Aku jd ingat mau buang barang tak terpakai nih

    BalasHapus
  5. Saya punya beberapa box Shinpo ukuran besar. Saat pindah rumah membantu banget. Lebih praktis buat dibawa-bawa. Gak mudah lapuk juga kayak kardus

    BalasHapus
  6. saya juga pakai kontainer box sealfresh dari SHINPO, Mbak Maria

    karena bahannya bagus, kuat dan lentur

    dengan adanya kontainer, rumah jadi rapi

    BalasHapus
  7. Wah sama mbak ku juga menggunakan kontainer untuk rapikan barang. Btw kalau kontainer shipo yang terbesar bisa ga ya buat simpan peralatan makan gitu

    BalasHapus
  8. Oh kontainer box memang membantu keluarga untuk menata ruangan lebih indah dan nyaman menaruh barang.

    BalasHapus
  9. Membantu banget deh container box macam ini. Bikin rumah lebih rapi dan gampang cari barang

    BalasHapus
  10. Dirumahku banyak banget kontainer box gini mbak. Buat barang-barang, maklum kami nih keluarga nomaden. Jadi daripada saat pindahan sibuk nyariin kardus, mending pake box aja bisa dipakai bertahun-tahun.

    BalasHapus
  11. Kontainer box shinpo ini ada handle pegangannya di bagian tutupnya, jadi memudahkan untuk mengangkat dan memindahakannya.

    Saya pun kini sedang menyortir beberapa barang di rumah yang sudah nggak dipakai mbak, biar rumah lebih ringkas dan rapi. Eh tapi kalau mau mendonasikan koleksi buku-buku yang saya miliki, rasanya masih sayang

    BalasHapus
  12. Aku punya tuh banyak container box Shinpo di rumah. Pas pindahan kemarin buat nyimpan mainan anak, terutama lego-lego mereka yang masya Allah banyak dan nyampah bangetttt. Tempat nyimpan sepatu dan sendal juga. Pokoknya praktis deh pakai Shinpo.

    BalasHapus
  13. Saya termasuk pengguna aktif container box. Terutama untuk ruang kerja yang penuh dengan perintilan peralatan dan bahan craft. Kalo gak pake container, dah kebayang kacaunya. Mencari bahan yang dibutuhkan juga bakal makan waktu kalo gak pake container box. Ntar coba lihat-lihat ah yang merk SHINPO ini. Kelihatannya kokoh meski dari bahan plastik.

    BalasHapus
  14. Wah, pas banget nih... Aku memang lagi nyari container box. Pengen rumah terlihat lebih rapih, maklum efek sering pindah-pindah dan punya duo krucil juga hehehe...

    BalasHapus
  15. jadi makin pengen berbenar rumah deh bisa juga pakai SHINPO buat merapikan permainan dan buku yang numpuk ya.

    BalasHapus
  16. Di rumah juga pakai kontainer buat naro mainan anak-anak, juga buat simpan beras. Menurutku lebih simpel, apalagi Shinpo udah ketauan kualitas bahannya, gak mudah rapuh plastiknya

    BalasHapus
  17. Akupun punya beberapa container box shinpo dan itu bener2 membantu kamar lebih simple dan minimalis gak ngabisin space banyak.

    BalasHapus
  18. untuk memulai hidup minimalis itu gak mudah ya mbak. Butih tenaga, biaya juga niat. Dan yang terpenting, harus konsisten ��

    BalasHapus
  19. Aku butuh nih kak ini makasih rekomendasinya asik shinpo ini terkenal kok ya banyak yang pake. Alokasikan simpen dana dulu ah.

    BalasHapus
  20. Shinpo box ini berguna banget ya mbak buat Kita agar menjaga rumah lebih terlihat tapi Dan Bersih juga pastinya

    BalasHapus
  21. Barang menumpuk bisa bikin sesek jg. Jadi dengan menerapkan hidup minimalis justru buat hidup lbh plong ya mbak. Jd pngen beberesan nih.

    BalasHapus