Bernyanyi Bersama Hoala dan Koala: Lagu Animasi Anak Indonesia

 
Bernyanyi Bersama Hoala dan Koala

Lagu anak Indonesia saat ini seakan sudah hampir tidak pernah terdengar lagi di berbagai media, baik itu televisi, radio maupun media sosial. Miris sih melihat fenomena yang ada saat ini. Anak-anak seakan "dipaksa" untuk mendengar lagu-lagu dengan genre dewasa saking minimnya lagu anak saat ini. 

Karena sejatinya anak hanya seseorang yang akan menduplikasi orang tua dan lingkungan sekitar. Jika lingkungan sekitar hanya memutarkan lagu-lagu dewasa maka mau tak mau anak pun akan meniru tanpa bisa memilih.

Saya jadi teringat puluhan tahun lalu lagu anak Indonesia sangatlah banyak, tinggal kita mau memilih judul lagu apa yang menjadi favorit untuk dinyanyikan. Beberapa lagu favorit saya sebut saja Paman Datang ciptaan A.T Mahmud yang dinyanyikan oleh penyanyi cilik kala itu yaitu Tasya.


Hoala dan Koala


Selain lagu Paman Datang, A.T. Mahmud dikenal dengan berbagai lagu ciptaannya yang sangat digemari anak-anak di era 90an. Belum lagi lagu-lagu ciptaan Ibu Soed yang terkenal antara lain Tik-Tik Bunyi Hujan, Nenek Moyangku, Naik-Naik ke Puncak Gunung dimana saya masih ingat sekali saya suka banget mengulang-ngulan nanyian itu di masa SD. Sungguh pengalaman yang tak bisa dilupakan.

Lalu kemudian era berganti dimana saya berada di tahun 2020 dan hampir tidak pernah mendengar lagu-lagu untuk anak. Betapa kagetnya saya ketika kedatangan dua orang keponakan ke rumah dan mereka hanya tahu lagu-lagu yang ditayangkan melalui aplikasi sosial media yang ngetrend dengan jogetnya,

Duh, duh... langsung saja saya mengelus dada karena ternyata anak zaman sekarang hampir tidak diperkenalkan lagu-lagu anak di sekolah mereka. Padahal saya merasakan manfaatnya ketika kita mulai diperkenalkan dengan beragam lagu anak. Adapun manfaat seorang anak mendengarkan lagu yang sesuai usia mereka antara lain:
  1. Memperkenalkan dan memperbanyak perbendaharaan kosa kata
  2. Melatih berhitung dengan beberapa judul lagu yang mengandung edukasi seperti contohnya pada lagu Satu Ditambah Satu yang dinyanyikan oleh Puput Melati
  3. Melatih kecerdasan emosi pada anak
  4. dan berbagai manfaat positif lainnya
Hoala dan koala

Atas dasar keprihatinan akan minimnya lagu-lagu anak Indonesia di era saat ini, maka tercetuslah ide dari seorang pemimpin perusahaan PT. Amnar Awandi Kazoku untuk menciptakan dua tokoh anak dalam animasi 3D yang gemar menyanyi dalam keseharian.

Kedua karakter tokoh anak dalam bentuk animasi 3D tersebut bernama Hoala dan Koala beserta tokoh lain yang mendukung serta memperkuat karakter Hoala dan Koala, sebut saja Ayah, Ibu dan juga Miss Jeruk.

Hoala dan Koala: Channel Lagu Anak Indonesia Berkualitas Dengan Pesan Moral Mendidik

Nah, akhirnya saya juga menonton channel Hoala dan Koala untuk dapat memperkenalkan dengan detail kepada para keponakan dan anak dari para teman di kantor yang hobinya nonton channel tidak jelas di media sosial. 

Tujuan saya tentu saja ingin mengajak kepada kebaikan bahwa masih ada lho channel musik anak berkualitas yang layak ditonton oleh buah hati dan orang tua pun bisa mendampingi sambil memberi edukasi kepada anak.

Saya mengambil contoh pada lagu Di Rumah Saja dan Cuci Tangan yang dinyanyikan Hoala dan Koala tentu memberikan edukasi bahwa selama pandemi sebaiknya kita semua berada di rumah saja demi keamanan dari terpapar virus dan jangan lupa mencuci tangan ketika selesai melakukan berbagai aktivitas.

Hoala dan Koala ternyata sudah mengeluarkan 5 album dan di dalamnya ada lebih dari 45 lagu anak yang dapat Anda serta buah hati tonton di Youtube, Spotify hingga iTunes. Keren bukan! 

Ohya, keunggulan dari program Hoala dan Koala lainnya adalah keseriusan dalam mengaransemen musik yang dinyanyikan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya berbagai instrumen musik yang digunakan antara lain terompet, trombon, klarinet, cello, harpa, saxophone, double bass, hingga alat musik tradisional Indonesia lho! Alat musik tradisional Indonesia seperti angklung dan gamelan turut serta mewarnai lagu yang dibawakan oleh Hoala dan Koala.


Penutup

Demikian ulasan singkat saya mengenai saluran Youtube lagu dan animasi anak Hoala dan Koala yang dapat Anda saksikan bersama buah hati. Jadikan moment bersama buah hari sebagai pengalaman yang tak terlupakan dengan cara menonton Hoala dan Koala bernyanyi di channel favorit.

Kecanggihan teknologi sudah sepatutnya kita pergunakan untuk mengedukasi anak-anak sesuai usia mereka yang sebenarnya. Mari didik anak-anak kita dengan lagu yang memiliki pesan moral positif.

Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

13 komentar untuk "Bernyanyi Bersama Hoala dan Koala: Lagu Animasi Anak Indonesia "

  1. Hoala Koala channel recommended untuk anak nonton video lagu yang sesuai umur. Berkualitas dari segi gambar, dan lainnya secara keseluruhan. Bagus buat belajar bernyanyi. Pasti mudah disukai oleh anak-anak. Semoga jadi favorit para keluarga!

    BalasHapus
  2. Bagus nih buat rekomendasi ponakan daku. Memang miris ya kak, tapi hadirnya Hoala & Koala bisa jadi penyejuknya

    BalasHapus
  3. Aku pernah ada di asa bingung kasih lagu anak ke anak-anakku. Karena memang terbatas, duh..Senangnya PT. Amnar Awandi Kazoku menciptakan dua tokoh anak dalam animasi 3D yang gemar menyanyi dalam keseharian. Jadi solusi ini Hoala Koala buat lagu anak Indonesia

    BalasHapus
  4. Nah, gini dooongg ada channel yg cocok utk anak2 Indonsia.
    jangan sampe mereka terpapar konten yg ga sesuai umur.

    BalasHapus
  5. Hoala dan Koala jadi oase yang menyegarkan untuk anak-anak dalam mendengarkan lagu yang sesuai usianya. Animasinya juga menarik. Semoga banyak ibu yg memilihkan tontonan seperti ini untuk anak2nya.

    BalasHapus
  6. Sebagai ibu muda aku kudet soal channel ini dan makasih mak maria buat rekomendasi channel koala hoala nya yg menarik dan edukatif. Lagu anak harus sesuai usianya bukan lagu dewasa dinyanyikan oleh anak🤩👍

    BalasHapus
  7. saya sering nih buka youtube dan klik link channel hoala koala

    karena lagu yang ceria bikin pendengarnya happy :D

    BalasHapus
  8. Menemukan chanel lagu sesuai pertumbuhan anak perlu didukung semua komponen, konon dahulu masih mudah menemukan penyanyi cilik dan lagu anak.

    BalasHapus
  9. Harapan saya semoga dengan adanya animasi lagu anak hoala dan koala ini maka lagu2 anak Indonesia semakin bangit seperti era 90-an. Aamiin.

    BalasHapus
  10. Asyik ya buat menambah perbendaharaan lagu anak2 yang edukatif. Dengan animasi jadi semakin menarik.

    BalasHapus
  11. Seneng baca artikel ini setelah sekian lama hanya mengikuti Nusa dan Rara. Semoga Hoala dan Koala tersosialisasi dengan lebih luas dan mampu membangkitkan kecintaan akan lagu anak-anak.

    BalasHapus
  12. Bagus ya mbak Hoala Koala ini krna bisa jadi konten edukatif buat anak2 lucu lagi animasinya hehehe

    BalasHapus
  13. Jadi favorit anak-anak saya nih, dan bikin kegiatan nonton Youtube jadi lebih berfaedah, senang juga sih karena anak-anak bsia tahu lagu anak Indonesia yang memang lebih pas untuk usia mereka :)

    BalasHapus