Penyebab Pucat yang Perlu Anda Waspadai

 

Penyebab Pucat

Pernah merasa pucat ketika sedang bercermin dan mengatakan Anda masih baik-baik saja. Jangan diremehken lho ya karena bisa jadi pucat pada kulit Anda merupakan indikasi sedang terserang suatu penyakit namun tak dirasakan.

Pucat sendiri memiliki definisi sebagai suatu perubahan warna kulit normal milik manusia. Biasanya kulit yang pucat ditandai dengan warna kulit yang berbeda dari biasanya dan itu bisa terjadi di seluruh tubuh ataupun hanya beberap area saja misalkan bibir dan wajah.

Jika zaman sekarang ada gaya dandanan pucat yang sedang ngetrend namun jangan remehkan jika ternyata pucat pada kulit Anda dikarenakan kesehatan tubuh yang sedang menurun. 

Seperti yang kita ketahui bahwa pandemi saat ini sedikit menimbulkan rasa khawatir namun memang sebaiknya tidak perlu berlebihan. Anda sebagai pemilik tubuh harus mengetahui kapan tubuh memerlukan istirahat dan asupan nutrisi yang bergizi.

Beberapa perubahan kondisi tubuh yang perlu diwaspadai diantaranya:
  1. Badan mudah lemas dan lesu
  2. Sering sakit pada beberapa anggota tubuh 
  3. Sering mengalami pucat pada wajah 
Penyakit tidak melulu nampak pada perubahan menonjol pada kondisi fisik maupun mental. Secara tak kasat mata pun seorang individu yang nampak sakit dapat dikatakan terlihat sehat apabila dia tidak merasa ada perubahan pada dirinya.

Sama halnya dengan pucat dimana mungkin ternyata berbahaya bagi sebagian orang misalnya saja yang memiliki tekanan darah rendah. Oleh karena itu saya akan sedikit menjelaskan penyebab pucat yang perlu diwaspadai oleh seluruh golongan usia.

Penyebab Pucat yang Perlu Anda Waspadai

Berikut beberapa hal yang menyebabkan kulit menjadi pucat, diantaranya:
  1. Kondisi shock yang dialami seseorang akibat suatu peristiwa seperti misalnya jatuh dari sepeda motor dan yang lainnya.
  2. Seseorang dengan tekanan darah yang sangat rendah atau disebut juga anemia
  3. Kulit pucat bisa dikarenakan kita sedang mengalami pendarahan yang disebabkan oleh banyak faktor, misalnya saja keguguran atau juga kecelakaan kendaraan. Kehilangan banyak darah tentu mengakibatkan kadar hemoglobin dalam tubuh menurut drastis juga donk hingga akhirnya secara tak sadar membuat kulit menjadi pucat.
  4. Faktor lain yang tidak berhubungan dengan penyakit misalnya saja karena pigmentasi dan keturunan genetik.
  5. dan berbagai sebab lainnya.
Jika kulit pucat Anda terjadi karena sedang dalam kondisi yang tidak fit maka ada beberapa langkah untuk mengembalikan hal tersebut. Anda bisa mencoba cara sederhananya yaitu:
  • Berolahraga secara teratur
Melakukan olahraga tak harus selalu mahal kok. Dengan berjalan kaki selama 30 menit sehari mengitari komplek perumahan saja sudah membuat Anda menjadi sehat dan bugar.
  • Rutin minum air putih minal 2 liter setiap hari 
Kadang ini adalah hal remeh yaitu minum air putih. Namun sadarkah Anda apabila mungkin masih kurang dalam memenuhi kebutuhan air putih setiap harinya.
  • Minum vitamin penambah darah
Minum vitamin penambah darah mungkin memang dikhususkan bagi penderita anemia saja namun untuk kita yang tidak memiliki masalah dengan anemia bukan berarti tidak boleh meminum vitamin tersebut.
  • Memberi tubuh asupan nutrisi yang seimbang serta bergizi.
Hidup di era sekarang memang menuntut segala sesuatu yang cepat termasuk pola makan. Ada orang yang senang makan fast food untuk kepraktisan namun ternyata jika dimakan terlalu sering dampaknya tidak baik untuk kesehatan. Maka penuhi nutrisi Anda dengan makanan bergizi mulai sekarang yuk.

Kesimpulan

Demikian sedikit penjelasan dari saya mengenai penyebab pucat yang perlu Anda waspadai. Semoga bisa membantu Anda di saat menemukan gejala tersebut di atas naik pada diri sendiri maupun orang-orang terdekat.

Pandemi tentu membuat hampir semua orang berhati-hati dalam menjaga pola hidup dan juga pola makan. Jangan sampai Anda tidak merasa bahaya penyakit sedang datang sementara belum diberi pengobatan yang jelas.

Yuk, mari jaga kesehatan mulai dari sekarang juga agar hidup kita makin berkualitas ke depannya.

Sumber referensi: Website www.sehatq.com
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Penyebab Pucat yang Perlu Anda Waspadai"