Tips Semangat Olahraga Saat Berpuasa

 
Tips semangat berolahraga

Saya punya sedikit tips semangat olahraga di saat puasa. Mungkin bagi sebagian orang akan menekan segala aktivitasnya selama bulan Ramadan agar tidak terlalu lelah.

Sebenarnya hal itu juga tidak ada salahnya dan saya pun juga melakukannya namun alangkah lebih baik jika kita tetap melakukan olahraga ringan demi kebugaran tubuh. Manfaat berolahraga banyak sekali, diantaranya:
  • Menyehatkan Badan
  • Meningkatkan kesehatan Jantung
  • Membuat Tidur lebih Berkualitas
  • Tulang dan Otot Menjadi Lebih kuat
  • Menghasilkan hormon Endorphin yang menimbulkan rasa bahagia.
  • Mengurangi stress dalam jiwa seseorang.

Saya pribadi sejujurnya sangat menghemat energi ketika berpuasa. Maklum semenjak pindah ke kota Pahlawan yang cuacanya sangat panas, terkadang ada rasa tidak kuat ketika berpuasa. Alhamdulillah saya bisa terus berpuasa sampai tiba azan Maghrib walau cuaca panas menyengat.

Puasa Namun Tetap Semangat Olahraga


Tentu kalian tidak ingin suasana Ramadan menjadi berbeda hanya karena diwajibkan menahan lapar dan haus.

Big no banget kan ya. Saya pribadi pun ingin seperti itu walau pada kenyataannya saya merasa kadang tidak kuat berpuasan di kota Pahlawan karena faktor cuaca.

Bagi kalian yang ingin tetap badan bugar selama puasa tentunya harus berolahraga donk ya seperti hari-hari di luar Ramadan.

Namun bagaimana caranya agar selama berpuasa kita tetap semangat dan bukannya malah loyo.

Kalau saya, berikut tips sederhana ketika hendak berolahraga dalam keadaan berpuasa:
  • Berolahraga ketika sore hari
Tujuan berolahraga ketika sore hari adalah agar ketika sedang lelah-lelahnya berolahraga maka tak lama lagi waktu berbuka puasa tiba. Kita tidak perlu menunggu lama untuk minum karena memang sudah waktunya berbuka.

Lagipula dengan berolahraga mendekati azan Maghrib seperti tersugesti hingga akhirnya menjadi semangat melakukan olahraga. Sugestinya sih karena sebentar lagi bedug Maghrib donk ya. Saya pernah lho menguras tandon rumah yang berada di bawah tanah ketika hampir tiba waktu berbuka. Capek sih pasti iya, namun tidak lama terdengar azan Maghrib jadi ya saya langsung aja minum, hehehe.
  • Jangan berolahraga berlalu berat
Setiap manusia pasti punya ukurannya masing-masing dalam menilai apakah tubuhnya mampu berolahraga berat atau tidak. Namun saya pribadi tidak merekomendasikan untuk berolahraga berat ya, meskipun dilakukan mendekati waktu berbuka.

Hal ini dikarenakan nanti tenaga kita akan terkuras habis. Walaupun tidak lama kita juga akan berbuka puasa namun yang ada justru rasa letih berkepanjangan akibat olahraga yang terlalu ditekan. Ujung-ujungnya nanti ibadah bisa tidak maksimal dan bukan tidak mungkin sahur juga kebablasan saking ngantuk akibat lelah berolahraga.
  • Berolahraga Sambil mendengarkan musik
Saya rasa hampir sebagian orang senang mendengarkan musik sambil berolahraga. Hal ini agar tidak menimbulkan rasa bosan dan jenuh ketika berolahraga. Apalagi jika kita berolahraga dalam keadaaan beramai-ramai dengan teman tentu akan jadi sangat menyenangkan. Lelah dan capek pun tidak terasa karena bersama teman olahraga menjadi lebih menyenangkan.

Kesimpulan

Jangan jadikan moment berpuasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Saya sendiri pun mungkin awalnya seperti ini dan bisa jadi masih seperti ini. Namun Insha Allah jika masih ada umur panjang, saya ingin benar-benar menjadikan puasa sebagai ajang untuk melakukan produktivitas salah satunya dengan berolahraga.

Jangan lupa selain bulan Ramadan juga sebaiknya rutin berolahraga agar sehat tidak diraih di saat bulan puasa saja namun di bulan-bulan lainnya tubuh pun menjadi bugar. Yuk, mari kita berolahraga agar badan tetap sehat dan bugar. 
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Tips Semangat Olahraga Saat Berpuasa"