3 Tanda Anda Terserang Neuropati Diabetes yang Wajib Untuk Diketahui

 
Neuropati Diabetes



Sudah pernah mendengar penyakit neuropati diabetes? Saya sendiri belum familiar dengan penyakit tersebut namun jika sakit diabetes sendiri sudah sering saya dengar apalagi almarhum bapak mertua saya menderita diabetes sudah sepuluh tahun terakhir sebelum beliau berpulang.

Neuropati diabetes memiliki pengertian suatu penyakit yang menyebabkan gangguan saraf terutama di bagian kaki dikarenakan penyakit diabates. Sedangkan diabetes sendiri merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan kelebihan kadar gula darah dalam darah seseorang.

Bagi sebagian individu, diabetes tidak dirasakan sebagai sakit yang menimbulkan efek samping. Namun jika Anda sering buang air kecil dalam jumlah banyak, cepat lelah, mudah sekali merasa haus dan adanya penurunan berat badan secara drastis tanpa melalui proses diet maka patut diwaspadai terserang diabetes. 

Untuk membuktikan apakah Anda terserang diabetes atau tidak maka harus dibuktikan melalui medical check up untuk mengetahui berapa kadar gula dalam darah Anda. 

Bagi seseorang yang terserang diabetes maka besar kemungkinan juga akan mengalami neuropati diabetes jika tidak ditangani lebih lanjut secara medis.

Adapun 3 tanda Anda terserang neuropati diabates wajib untuk diketahui yaitu:
  • Gangguan penglihatan seperti kabur atau penglihatan menjadi ganda
  • Mengakibatkan lumpuh pada ssebagian wajah
  • Jantung terasa berdebar-debar
Sebenarnya 3 tanda tersebut di atas hanya merupakan sebagian kecil dari gejala neuropati diabetes yang dialami oleh penderita diabates. Saya sebutkan 3 teratas karena jika terjadi terus menerus dapat mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya.

Untuk gejala lain dari neuropati diabetes lainnya adalah menurunnya hasrat seksual pada laki-laki maupun perempuan, mengalami gangguan keseimbangan, adanya peningkatan produksi keringat dan mengalami kesulitan dalam menelan.

Adapan cara mengobati orang dengan gangguan neuropati diabetes antara lain:
  • Menjaga pola hidup sehat melalui makanan
  • Menjaga agar kadar gula darah tetap dalam batas normal
  • Banyak minum air putih 
  • Mengonsumsi obat

Walau telah mengonsumsi obat-obatan sesuai resep dokter namun neuropati diabetes tidak dapat sembuh total hanya saja gejalanya dapat dikurangi dengan mengontrol agar kadar gula dalam darah tidak tinggi. Beberapa cara agar gula darah tidak melambung tinggi selain mengonsumsi obat antara lain:
  • Kurangi atau batasi mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah besar.
Karbohidrat merupakan musuh terbesar bagi penderita diabetes hingga dianjurkan untuk mengurangi dengan melakukan diet karbo yang benar. Salah satu diet karbohidrat misalnya dengan mengganti konsumsi nasi putih ke nasi merah atau ubi.
  • Rutin minum air putih 
Sesuai anjuran bahwa minum air putih maksimal 2 liter per hari karena air putih dapat membantu Anda dalam membuang kelebihan gula darah melalui urine yang dikeluarkan setiap hari.
  • Rajin berolahraga 
Dengan melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari maka otot secara tidak langsung akan menggunakan gula darah untuk energi ketika Anda berolahraga.
  • Rutin mengonsumsi bahan rempah tradisional 
Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah alaminya. Salah satunya adalah kayu manis yang diyakini mampu menurunkan kadar gula darah secara alami. 


Kesimpulan

Demikian penjelasan singkat saya mengenai gejala ketika Anda mengalami neuropati diabetes yang wajib untuk diketahui. Meskipun Anda merupakan pasien dengan pengobatan rutin namun hendaklah untuk selalu menerapkan pola hidup sehat agar penyakit tersebut dalam diminimalisasi.

Hidup sehat merupakan keharusan walau Anda mungkin penderita diabetes. Bukan bagaimana cara menyembuhkan penyakit diabates namun bagaimana tetap mengontrol agar kadar gula dalam darah tetap berada di batas normal.

  
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "3 Tanda Anda Terserang Neuropati Diabetes yang Wajib Untuk Diketahui"