Belajar Fotografi Ala Maria Tanjung

 
Belajar Fotografi


Kalau ditanya apa hobi terbaru saya saat ini ya pasti akan saya jawab dengan mantap kalau menulis adalah hobi paling anyar. Sebenarnya hobi menulis sudah berlangsung 2 tahun lebih dan menurut saya sudah jadi kegiatan sehari-hari. Ya gimana lagi, lha wong sudah menjadi pekerjaan saya walau masih freelance.

Jadi ceritanya saya yang sudah berkecimpung di dunia blogging mulai mendapat tawaran review beberapa produk dan menuliskannya di blog.

Tentu saja harus ada beberapa foto dari produk tersebut yang diambil dari kamera di smartphone pribadi saya.

Smartphone saya bukanlah tipe yanh canggih sehingga saya harus mengandalkan posisi produk, pencahayaan serta properti pendukung untuk mempercantik produk yang akan diulas nantinya.

Hobi Baru Belajar Fotografi

Karena sudah ada beberapa produk yang harus segera tayang di blog, maka saya berdiskusi bersama sahabat blogger  bagaimana sih teknik mengambil foto produk yang baik dan benar.

Alhamdulillah ketiga sahabat blogger saya semuanya mau membantu ketidakmampuan saya dalam hal fotografi.

Sempat stress juga nih saya ketika hasil foto tidak sesuai dengan ekspektasi. Namun saya pantang menyerah, hingga akhirnya menurut pengamatan pribadi hasil foto produk tersebut cukup lumayanlah.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika kita hendak mengambil foto sebuah produk, antara lain:
  • Latar belakang atau background
  • Properti pendukung
  • Pencahayaan
  • Posisi produk
Sementara ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari ketika sedang mengambil foto sebuah produk diantaranya:
  • Properti yang tidak matching
Gimana ceritanya kalau foto piring berisi makanan tapi alasnya karpet bulu. Ih ga matching banget kata sahabat bloggerku kala itu. Oh iya bener juga ya. Aku harus belajar dari sahabat bloggerku agar ketika mengambil gambar barang harus teliti dalam segala hal termasuk pernak pernik yang melengkapi kegiatan fotografi tersebut.
  • Warna yang tidak padu padan
Masak barangnya warna putih, backgroundnya juga warna putih. Kan jatuhnya mati donk. Nah, ini saya belajar juga agar tidak terjadi tabrak lari dalam pengaturan warna. Belajar teknik fotografi sederhana melalui Youtube merupakan cara ampuh bagi saya yang sedikit malas baca. 
  • Tidak fokus pada produk
Saya sering banget nih foto produk namun tidak fokus pada barangnya, justru fokusnya melebar ke pernak-pernik dimana sebenarnya tidak perlu untuk ditonjolkan. Ada cara untuk membuat gambar yang kita ambil fotonya menjadi fokus dan itu saya lakukan bolak balik demi mendapatkan hasil sempurna (versi saya).

Bagi saya pribadi selama masih ada niat maka disitu akan ada jalan. Dunia fotografi yang akan saya jalani tentu bukan fotografi profesional. Pastinya tidak jauh-jauh dari dunia blogger donk. Ya kali kalau dapat job review barang, saya ga ambil gambar barang yang saya terima. Kan ga profesional.

Maka dari itu saya harus mempersiapkan beberapa benda sebagai property untuk mempercantik sekeliling objek foto yang akan diambil. Beberapa benda pendukung antara lain:
  1. Bunga plastik
  2. Karpet Bulu
  3. Wallpaper
Ketiga benda tersebut tidak harus sama dengan saya ya gaes karena kalian bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. 

Kesimpulan


Demikian sekilas penjelasan tentang aktivitas belajar fotografi yang saat ini sedang saya pelajari secara otodidak.

Ada serunya, ada stressnya manakala hasil foto tidak sesuai yang saya harapkan. Mau beli smartphone sultan masih mikir seribu kali karena sedang pandemi dimana harus mengencangkan ikat pinggang.

Alhasil saya gunakan properti yang ada dan berusaha semaksimal mungkin walau sedikit akrobat demi menghasilkan foto yang berkualitas (menurut saya).

Bagaimana dengan kalian ? Adakah pengalaman menjajal dunia fotografi walau masih taraf melayani diri sendiri? Yuk bagikan cerita kalian di kolom komentar.

Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Belajar Fotografi Ala Maria Tanjung"