Pelatihan Prakerja yang Banyak Diminati di Saat Pandemi


Pelatihan prakerja

Pelatihan prakerja saat ini banyak diminati oleh sebagian masyarakat khususnya para lulusan perguruan tinggi maupun sekolah menengah dalam rangka meningkatkan skill dan kompetensi agar dapat diterima bekerja di perusahaan yang mereka lamar.

Pandemi yang sedikit banyak mengguncang perekonomian di Indonesia sehingga beberapa perusahaan terpaksa merumahkan bahkan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebagian karyawannya. Menurut survey yang dilakukan bahwa usia produktif yaitu rentang antara 18 sampai 24 tahun justru banyak yang terkena PHK akibat pandemi COVID-19 ini. 

Hal ini tentu membuat sebagian masyarakat khususnya anak muda berusaha mencari peluang lain agar bisa tetap bekerja. Namun berbekal pengalaman kerja dari perusahaan sebelumnya saja tidak cukup. Anak muda yang ingin mendapat pekerjaan atau justru menciptakan peluang kerja setidaknya harus memiliki skill dan kompetensi agar dapat bersaing dan jutaan tenaga produktif lainnya di luar sana.

Untuk itu beberapa platform online membuka banyak program pelatihan prakerja dengan tujuan mempersiapkan angkatan kerja yang produkti agar dapat terjun ke masyarakat dengan modal skill yang dimiliki.

prakerja Course net

Salah satu platform online yang sedang gencar memberikan kursus prakerja adalah Course-net, dimana sangat cocok untuk kalian yang ingin mendapat kompetensi agar bisa bersaing di dunia kerja maupun di dunia usaha. 

Course-Net: Platform Pelatihan Prakerja yang Banyak Diminati

Banyak sekali program kursus prakerja yang ditawarikan oleh Course-net. Course-net sendiri terdiri dari 3 kategori, antara lain:
  • Kategori IT/Data, terbagi ke dalam 5 pelatihan prakerja yaitu:
  1. Teknik Coding Dasar untuk Menjadi Apps Developer
  2. Strategi  Praktis Menjadi Network Admin & IT Support
  3. Tips and Tricks Belajar Menjadi Java Apps Developer
  4. Strategi Praktis Menjadi Database Admin yang Handal
  5. Dasar Pembuatan Aplikasi Android
  • Kategori Bisnis/Jualan Online yang terbagi ke dalam 6 bidang pelatihan prakerja yaitu:
  1. Strategi Praktis Jago Jualan Online dengan Google Ads
  2. Strategi Praktis Memulai Bisnis Online dengan Google dan SEO 
  3. Cara Cepat Dapatkan Omzet 50 juta pertama Hanya Modal Website
  4. Dapat Income Puluhan Juta Hanya Lewat Instagram
  5. Jualan Laku di Tokopedia
  6. Jualan Laku di Shopee
  • Kategori Staf Admin dimana kalian bisa mendapatkan 3 materia kursus prakerja yaitu:
  1. Membuat Dokumen Rapi dengan Ms. Word
  2. Mahir Ms. Excel dalam 3 jam
  3. Jago Bikin Presentasi Ms Power Point 


Course-net

Teknisi di Kantor yang Masih Minim Pengetahuan Program Komputer

Saya ingin bercerita sedikit mengenai kondisi para teknisi di kantor yang sama sekali tidak bisa dan bahkan tidak paham mengoperasikan program Microsoft Office di komputer. Jika bisa pun, maka yang bisa mengoperasikan program di komputer hanya sampai level Team Leader teknisi. Menyedihkan bukan!

Suatu ketika pimpinan meminta kepada para teknisi untuk melakukan presentasi dengan menggunakan Ms Power Point karena pimpinan ingin membuat program untuk merefresh knowledge teknisi mengenai masalah hama yang menjadi bisnis jasa di kantor kami. Namun tak ada satupun yang bisa melakukan presentasi karena memang tidak ada yang bisa menjalankan program Microsoft Power Point tersebut. 

Karena pimpinan juga update mengenai platform online pelatihan prakerja maka direkomendasikanlah Course-net sebagai tempat belajar teknisi agar ketika diminta melakukan presentasi mereka tidak gagap teknologi alias gaptek.

Dengan mengambil pelatihan prakerja Jago Bikin Presentasi Ms Powert Point diharapkan teknisi sudah memiliki skill agar ke depannya tidak perlu bingung ketika harus berdiri di depan rekan kerjanya untuk melakukan presentasi.

Keinginan Membuka Toko Online di Marketplace

Saya mempunyai toko online yang mati suri di salah satu Marketplace yang ada di Indonesia. Sayang sekali padahal saya ingin toko online itu kelas menjadi bekal ketika memasuki masa pensiun. Maklum, kita tidak ada yang pernah bisa menyangka akan seperti apa hidup ini di tahun-tahun mendatang. Buktinya pandemi yang datang tiba-tiba meluluh lantakkan sebagian perekonomian bangsa kita.

Ketika membuka situs pelatihan prakerja di Course-net, ada satu pelatihan yang membuat saya ingin sekali mengikutinya yaitu kelas Jualan Laku di Tokopedia. Dalam hati saya sepertinya bagus nih kalau saya mengikuti kelasnya karena saya ingin mengaktifkan kembali toko online saya yang lama tidak ada pengunjungnya.

Pengelolaan Database Kantor

Karena di kantor admin hanya dipegang oleh saya seorang diri, maka terkadang suka keteteran mengarsipkan beberapa dokumen penting. Menurut saya database pelanggan merupakan data terpenting dalam suatu perusahaan.

Salah satu program yang ditawarkan dalam pelatihan prakerja di Course-net adalah Strategi Praktis Menjadi Database Admin yang Handal dimana dapat membantu saya sebagai admin marketing dalam mengelola segala informasi pelanggan yang masuk ke kantor.

Diharapkan saya bisa rutin melakukan follow up kepada customer maupun calon customer dengan database yang rapi dan terstruktur maka tidak akan sulit mencari di file komputer

Pelatihan Prakerja

Pelatihan prakerja di Course-net ini tidak hanya diperuntukkan untuk kalian yang ingin mendapat pekerjaan. Para karyawan yang ingin mengembangkan skill di dunia kerja pun bisa mandaftar pelatihan prakerja ini.

Nah, untuk kalian para lulusan Sekolah Menengah bisa memanfaatkan program kursus prakerja Mahir Membuat Dokumen Rapi Dengan Ms. Word dan Mahir Ms. Excel Dalam 3 jam karena biasanya di suatu perusahaan meminta kualifikasi tersebut. 

Mungkin kedengarannya simple dalam mengoperasikan Microsoft Office namun bisa jadi tidak semudah yang kita kira manakala harus berhadapan dengan rumus-rumus. matematika

Keunggulan ketika bergabung di Course-net antara lain:
  1. Mendapat sertifikat kelulusan dari Course-net
  2. Dapat bergabung ke dalam komunitas belajar Course-net
  3. Gratis mendapatkan E-book
Untuk kalian yang ingin mengikuti kursus prakerja di Course-net tidak perlu kuatir karena dapat diakses melalui beberapa vendor di bawah ini:
  1. Pijarmahir
  2. Pintaria
  3. Maubelajarapa

Kesimpulan 

Di masa pandemi kita sebagai para pancari  kerja harus kreatif dalam mencari peluang agar dapat bekerja maupun menciptakan peluang kerja. Salah satu cara kreatif adalah dengan mengikuti kursus prakerja di Course-net yang banyak menawarkan materi-materi berbobot untuk para peserta.

Setelah mendapat banyak skill dan juga kompetensi, maka kalian para angkatan kerja produktif akan siap bersaing di dunia kerja maupun kewirausahaan.  Bagi kalian yang memiliki kartu prakerja bisa menggunakan kartu tersebut untuk mengakses beragam pelatihan prakerja yang disediakan oleh Course-net. Sayang banget kan kalau saldo yang ada di kartu prakerja kalian hangus karena tidak terpakai.

Ingatlah, bahwa sejatinya bekerja tidak hanya sekadar ikut pemilik modal suatu perusahaan menjadi seorang pegawai. Kalian yang memiliki ide untuk membuka peluang usaha juga dapat dikategorikan telah bekerja dan sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan. 


Sumber referensi :

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5203509/anak-muda-paling-banyak-kena-phk-saat-pandemi


Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Pelatihan Prakerja yang Banyak Diminati di Saat Pandemi"