Service Motor di Planet Ban, Harga Bersahabat dan Motor Rasa Baru

 
Credit Photo: Ilustrasi Canva

Mengendarai sepeda motor diyakini sebagian besar masyarakat dapat mempersingkat waktu sampai tujuan. Tentu saja berkendara menggunakan sepeda motor maksimal hanya dapat dilakukan oleh dua orang saja. Jika lebih dari dua orang, maka risiko terjadinya kecelakaan dalam berkendara bisa saja terjadi.

Namun tentu saja sebagai orang yang berpengalaman dalam mengendarai sepeda motor, kita harus tahu apa saja sih komponen yang harus mendapat perhatian ketika melakukan servis sepeda motor. Adapun beberapa komponen yang harus dilakukan pengecekan secara berkala ketika memiliki sepeda motor antara lain:

1. Busi

Busi pada kendaraan bermotor memiliki fungsi untuk menghasilkan percikan api listrik dimana sangat diperlukan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar mesin. 

Keberadaan busi sangat penting untuk menjaga kinerja dan efisiensi kendaraan. Jika busi rusak atau kotor, bisa menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna, pengurangan pada tenaga mesin itu sendiri, konsumsi bahan bakar yang meningkat dimana akan mengakibatkan pemborosan, dan masalah lain pada kendaraan. Oleh karena itu, menjaga busi agar selalu dalam kondisi baik melalui perawatan dan penggantian yang tepat waktu sangat penting.

Oleh karena itu pastikan kalian melakukan pengecekan busi di saat sedang melakukan servis motor berkala.

2. Aki Motor

Setiap sepeda motor pasti memiliki aki di dalamnya, dimana aki memiliki fungsi yang tak kalah penting dibanding komponen lainnya. Aki juga dikenal sebagai baterai. Fungsi aki pada sepeda motor matic atau kendaraan bermotor lain sangat penting yaitu menyediakan daya listrik yang diperlukan untuk memulai mesin sepeda motor. 

Apabila aki motor mati, maka kalian tidak bisa menyalakan mesin motor secara otomatis dengan starter tangan, namun harus mengengkol mesin secara manual menggunakan kaki. Tentunya akan memakan waktu lebih lama dibanding menyalakan motor secara otomatis dengan bantuan daya aki. Fungsi lain Aki juga termasuk untuk menyalakan lampu, klakson, indikator, panel instrumen, sistem penyalaan, dan sistem injeksi bahan bakar.

Jika aki mulai menunjukkan tanda-tanda usia atau masalah, seperti penurunan performa saat menghidupkan mesin, pertimbangkan untuk mengganti aki yang sudah tua.
Ingatlah bahwa perawatan yang baik terhadap aki akan membantu memperpanjang umur pakainya dan memastikan sistem listrik kendaraan berfungsi dengan baik.

3. Oli Mesin

Pengalaman saya sebagai staff marketing di kantor yang setiap prospek client selalu menggunakan sepeda motor untuk operasional, maka tim maintenance kantor selalu menjadwalkan sepeda motor saya untuk dilakukan penggantian oli setiap bulan.

Oli mesin sendiri memiliki fungsi sebagai pembersih mesin dan juga pendingin mesin agar tetap berada pada suhu ideal. Pada umumnya, motor yang sudah menempuh jarak perjalanan 2.500 km harus mengganti oli mesinnya.

Namun mungkin jika kalian mendengar, bahwa sudah ada pabrikan yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5.000km atau bisa dikatakan 2 kali lebih lama dari oli biasa. Hal ini tentu sudah ada dasarnya, yaitu oli dipasarkan oleh pabrikan tersebut sudah menggunakan teknologi ester. Teknologi ester merupakan base oil tertinggi di kelas oli sehingga wajar apabila diklaim penggantiannya lebih lama 2 kali dibanding oli biasa.

Bagi kalian yang memiliki sepeda motor matic, maka harus bisa membedakan bahwa oli motor matic berbeda dengan oli motor manual. Hal ini dikarenakan tidak adanya gear pada motor matic sehingga oli hanya digunakan untuk melumasi mesin.

Planet Ban
Credit Photo: planetban.com


4. Oli Gardan

Dulu saya mengira bahwa oli gardan hanya dibutuhkan oleh kendaraan roda empat saja, namun ternyata anggapa tersebut keliru adanya. Oli gardan juga dibutuhkan oleh sepeda motor matic sebagai pelumas tambahan yang tidak kalah pentingnya.

Oli gardan memiliki fungsi untuk memberi pelumas pada bagian transmisi matic pada motor. Jika motor matic tidak rutin diganti oli gardannya maka akan menimbulkan suara bising sehingga tentu akan mengganggu pengendara lainnya.

5. Ban

Ban sepeda motor suami saya sering sekali bocor dan harus ditambal berulang kali. Setelah dicek oleh mekanik, ternyata sudah waktunya sepeda motor kami harus diganti bannya. Apabila kalian merupakan pengendara sepeda motor yang intens melakukan perjalanan, maka jangan sepelekan penggantian ban secara rutin.

Umumnya ban sepeda motor baik itu depan dan belakang harus diganti minimal satu sampai dua tahu sekali, tergantung jarak tempuh yang sudah dicapai.

6. Kampas Rem

Kampas rem merupakan komponen yang tidak boleh terlupakan ketika melakukan servis sepeda motor. Hal ini dikarenakan rem adalah bagian yang berfungsi untuk menekan bagian cakram sepeda motor untuk dapat memperlambat laju kendaraan, bahkan menghentikan motor itu sendiri.

Jika kampas rem sudah mulai menipis, akan ditandai dengan mulai berkurangnya kemampuan untuk memperlambat sepeda motor. Kalian sebagai pemilik kendaraan yang nantinya akan mengetahui kapan kampas rem harus diganti.

7. Filter Udara 

Pengalaman pribadi dari teman dimana dia kurang merawat sepeda motor yang dimilikinya, hingga akhirnya harus turun mesin. Salah satu penyebabnya adalah filter udara yang sangat kotor dan tidak pernah dibersihkan selama kurang lebih dua tahun.

Sesuai dengan artinya, filter merupakan penyaring. Sehingga filter udara dalam sepeda motor artinya penyaring udara yang berfungsi menyaring debu dan kotoran yang masuk selama kendaraan berjalan. Debu dan kotoran yang tidak disaring akan berpotensi masuk ke ruang pembakaran mesin di dalam motor, yang aapbila tidak rutin dibersihkan bahkan diganti, akan menyebabkan motor cepat rusak.

8. Tune Up Motor

Tune up motor sendiri berfungsi untuk mengembalikan performa dari kendaraan bermotor ke performa semula. Diharapkan apabila setelah motor melalui proses tune up, kinerja akan semakin baik sehingga berkendara pun terasa lebih ringan dan nyaman.

Ketika sudah mengetahui 8 komponen yang sebaiknya diperhatikan ketika servis rutin sepeda motor terutama motor matic, maka saatnya kalian memilih bengkel servis motor terpercaya yang mampu membuat motor seperti baru kembali.

Pada beberapa kasus, tune up biasanya disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Tentu kalau dilihat dengan penggantian 3 komponen akan mekana biaya yang cukup besar. Namun sebelum mengganti semua komponen sepeda motor itu, mekanik pasti akan menginformasikannya terlebih dahulu kepada kalian sebagai pemilik kendaraan. Jika setuju dengan total biaya, maka mekanik akan melanjutkan proses servis motornya.

Planet Ban, Bengkel Servis Motor Terbaik Untuk Perawatan Mesin Berkala

Kalian tidak perlu khawatir karena bengkel servis motor yang dapat meningkatkan performa dari kendaraan yang setiap hari digunakan ada di Planet Ban. Tentu saja ada banyak manfaat ketika kita melakukan servis motor di Planet Ban, antara lain:
  • Dilakukan oleh mekanik yang andal dan telah berpengalaman dalam meanangani berbagai sepeda motor matic
  • Menggunakan oli berteknologi tinggi sehingga kalian tak perlu sebulan sekali melakukan ganti oli, namun cukup 4 sampai 6 bulan sekali. Hal ini dikarenakan oli di Planet Ban memiliki kandungan Full Syntetic Ester sehingga 2x lebih tahan lama dibanding oli lainnya.
  • Adanya pencatatan atau histori pelanggan yang telah melakukan servis motor di Planet Ban. Hal ini tentu mempermudah kita sebagai pengendara motor untuk mengetahui kapan terakhir kali servis dan apakah sudah waktunya untuk servis kembali.
Teman saya pernah mencoba membandingkan untuk servis motor selain di bengkel Planet Ban. Betapa terkejutnya karena masih banyak ditemukan kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Yang lebih parah adalah kotoran dan debu yang masih menempel di blok CVT sehingga motor pun berat digunakan. 

Namun hal yang berbeda dapat kita rasakan apabila melakukan servis motor rutin di Planet Ban, dimana mekanik akan memeriksa seluruh bagian atau part mesin serta melakukan pembersihan hingga  motor nampak seperti baru. Pembersihan meliputi kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, dimana bagian tersebut bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran.

Bagaimana rasanya sepeda motor yang kita kendarai sehari-hari terasa seperti baru, tentu senang bukan! Tarikan mesin setelah diservis di Planet Ban menjadi lebih enteng dan emisi bisa  turun lebih dari 70%. Yang lebih membuat saya senang ketika servis di Planet Ban adalah lebih hemat BBM dan mesin motor pun jadi bersih total.

Bagi kalian yang belum pernah servis motor di Planet Ban maka jangan khawatir dulu, karena harga service motornya terjangkau sekali kok. Bayangkan, biaya service motor injeksi hanya di kisaran harga Rp20.000,- sementara service CVT sekaligus rantainya juga sangat terjangkau yaitu Rp19.500,-. Selain itu pula untuk kalian yang ingin melakukan service throttle body biayanya pun sangat bersahabat yaitu Rp20.000,- saja.

Penutup

Jika sepeda motor merupakan sarana transportasi untuk kalian mencari nafkah, maka jangan sepelekan perawatan rutin setiap bulannya. Jangan asal melakukan servis motor di bengkel yang tidak tahu bagaimana kredibilitasnya.

Planet Ban merupakan solusi bagi kalian yang ingin melakukan rangkaian servis kendaraan bermotor. Dengan didukung oleh mekanik andal dan peralatan yang lengkap, percayakan Planet Ban sebagai bengkel servis sepeda motor Anda.

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

24 komentar untuk "Service Motor di Planet Ban, Harga Bersahabat dan Motor Rasa Baru"

  1. setuju banget nih, service motor harus dengan orang yang profesional.. biar motor awet mesinnya

    BalasHapus
  2. Nah iya ga bisa sembarangan pilih ya Mba, bukannya malah baik after service malah makin busuk kalau ga ditangani yang ahli seperti di Planet Ban

    BalasHapus
  3. Mbak aku juga kalau service motor di planet ban, Terbaik memang ya... Di Balikpapan banyak cabangnya lho

    BalasHapus
  4. Nah kalau ketemu tempat service motor dengan harga bersahabat senang banget dek Aku tuh..karena jadi rajin kan service motornya soalnya ga menguras kantong biayanya

    BalasHapus
  5. Saya juga kalau ada urusan yang harus cepat dan segera, lebih memilih naik motor, Mbak. Bisa sat set. Kalau kelar urusan, bisa meluncur ke tempat lain juga.
    Dan memang agar motor bisa membantu aktivitas, perlu sekali diperhatikan kapan servisnya. kalau saya biasanya patokannya kalau sudha merasa kurang enak dipakai saja. Dari rumah paling rencananya servis dan ganti oli mesin dan oli gardan.Pas di sana, sekalian dicek mana yang perlu diganti.

    BalasHapus
  6. Kalau baca keunggulan Planet Ban jadi enggak mau pindah ke bengkel lain sayaaa....karena Planet Ban adalah bengkel servis motor andalan yang dapat meningkatkan performa dari kendaraan yang setiap hari digunakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karenanya kini kalau waktunya service motor saya berangkat sendiri aja, enggak perlu nunggu suami dulu. Percayakan saja ke Planet Ban...service motor rasa baru pun saya dapatkan

      Hapus
  7. Penasaran deh pengen nyobain service motor di Planet Ban, dulu tuh saya tertarik mau ganti ban di sini, tapi ternyata nggak jual ban doang ya, bisa servis juga. Kayaknya besok-besok wajib ke planet ban buat servis

    BalasHapus
  8. Asiknya pula Planet Ban ini udah ada di banyak lokasi ya kak, sehingga mudah dijangkau oleh para penggunanya. Nah gak ada alasan lagi dong buat malas servis motor. Cuss semangat biar nyaman saat berkendara

    BalasHapus
  9. Jadi kangen anakku, hihihi
    Karena setiap pulang pasti langsung bawa sepeda motor di garasi ke Planet Ban
    Dia tahu emaknya gak paham sepeda motor dan pernak perniknya
    Tau naik dan dianterin sebagai penumpang :D

    BalasHapus
  10. Aku juga mba selama ini service motor di planet ban selain deket rumah servicenya lengkap n rapi..baru kemarin ganti oli dn ganti ban depan motor

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini ya kak asiknya dengan Planet Ban karena terjangkau lokasinya, sehingga urusan servis motor jadi lebih mudah buat dirutinkan

      Hapus
  11. Cakep banget kalo ganti oli di Planet Ban. Dikasihnya oli berteknologi tinggi ya kak. Jadi lebih hemat ganti olinya bisa 4-6 bulan sekali. Gak perlu sebulan sekali. Tjakeeep

    BalasHapus
  12. Kalau kendaraan rutin dirawat memang rasanya kayak baru terus. Planet Ban harga perawatan motornya gak mahal, ya. Jadi seharusnya udah gak banyak alasan lagi nih untuk mulai merawat motor kesayangan.

    BalasHapus
  13. Servis di planet ban emang bagus kak. Perawatan terjangkau kualitas di jamin top

    BalasHapus
  14. Waah skrang planet ban pelayanannya makin lengkap bgt yaa..dlu jaman masih kerja motoran sndiri cuma ganti ban dan isi angin aja di planet ban. Ntr info ke suami deh klo bisa servc disana juga

    BalasHapus
  15. Service di Planet ban memang oke banget, soalnya selain dekat rumah layanannya juga lengkap, hampir setiap bulan service motor di sini karena suami paling tertib kalau urusan service motor, kata suami biar enak dipakai dan awet.

    BalasHapus
  16. Banyak ya kak ternyata layanan yang diberikan oleh Servis Ban..mana pelayanan beragam, harga ekomis pula. Idaman semua klo kayak gitu...

    BalasHapus
  17. Pas banget nih aku belum service motor jadi mau langsung aja deh ke Planet Ban kebtulan deket sama rumah biar mesin motor tambah bagus lagi

    BalasHapus
  18. Memang andalan ya ini tempat service di mana-mana ada dan aku termasuk orang yang pernah Service dan ganti ban juga pelayanan nya cepat dan memang bagus

    BalasHapus
  19. Suamiku kalau servis motor pasti di Planet Ban, soalnya harganya terjangkau selain itu lokasinya juga ada di mana-mana dan dekat dengan rumah.

    BalasHapus
  20. Servis motor di Planet Ban emang terjamin deh. Suamiku juga pernah servis di sini. Apalagi bengkelnya tuh ada di mana-mana. Jadi gampang ditemuinnya.

    BalasHapus
  21. Udah beberapa tahun ini aku selalu servis motor kesayangku di Planet Ban, selain harga servisnya terjangkau. Rasa mesin motor jd seperti baru

    BalasHapus
  22. Jangan sampai dipakai tapi tidak dirawat yaaa hehe. Dan ternyata harganya juga cukup terjangkau di Planet Ban, baru tauuu hehe.

    BalasHapus