Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler di Sekolah

Manfaat Mengikuti Ekstra Kurikuler


Masih terngiang dalam memori masa remaja, tepatnya ketika duduk di bangku SMA dimana seluruh siswa diwajibkan untuk mengikuti ekstra kurikuler di sekolah sebagai penambah nilai di samping nilai di mata pelajaran utama.

Saya yang introvert dari kecil paling tidak suka dengan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sehingga dari SMP pun hampir tidak pernah mengikutinya. Namun karena saat ini masih baru duduk di kelas 1 SMA dan saya takut apabila nanti dipersulit ketika menghadapi ulangan umum, akhirnya saya pun memilih salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang tidak terlalu melelahkan dan juga mudah dipahami. 

Kegiatan ekstrakurikuler yang saya ikuti adalah SKI atau Sie Kerohanian Islam. Ada beberapa faktor yang mendorong saya akhirnya mengikuti ekstra kurikuler Sie Kerohanian Islam, diantaranya:
  1. Waktu kegiatan yang tidak sampai malam
  2. Kegiatan yang tidak membutuhkan kekuatan fisik seperti ekstra kurikuler olahraga
  3. Kegiatan yang mudah dipahami karena berkairan dengan aktivitas keseharian sebagai seorang muslim.
Walau pada akhirnya saya tidak aktif lagi di SIE Kerohanian Islam, dikarenakan harus mengikuti EBTANAS ketika berada di kelas 3 SMA, namun setidaknya saya banyak mendapatkan pengalaman berharga ketika menjadi anggota SIE Kerohanian Islam.

Manfaat Positif Mengikuti Kegiatan Ekstra Kurikuler

Jangan menolak sebelum kita mencoba sesuatu hal. Demikianlah yang terjadi pada saya ketika awal mula enggan mengikuti kegiatan ekstra kurikuler. Kenapa saya enggan, sebab ada rasa malas ketika di luar jam sekolah harus datang ke sekolah untuk mengikuti sebuah kegiatan yang mungkin tak ada hubungannya dengan mata pelajaran. Jikalau ada hubungan, namun tidak terlalu signifikan sih menurut saya di kala remaja dulu.

Namun ternyata anggapa saya keliru, dikarenakan ikut kegiatan ekstra kurikuler itu ternyata mengasyikkan kok. Berikut beberapa manfaat mengikuti ekstra kurikuler di sekolah:

1. Menambah Jaring Pertemanan

Ketika kita mengikuti ekstrakurikuler di sekolah, maka dapat mengenal teman tidak saja dari satu angkatan, melainkan bisa kenal kakak kelas maupun adik kelas. Jadikan hal ini sebagai peluang untuk menggali informasi. Misalnya saja kalian bisa bertanya kepada kakak kelas bagaimana jika masih penjurusan, lalu bagaimana cara mengajar para guru di tingkat selanjutnya. Dengan mengetahui gambaran seperti ini, maka kalian yang akan naik tingkat di sekolah sudah bisa mempersiapkan strategi bagaimana meraih nilai terbaik di tingkat selanjutnya.

2. Belajar Mengatur Waktu

Kegiatan ekstrakurikuler itu berada di luar jam sekolah. Tentunya kita harus bisa mengatur waktu antara belajar di sekolah, waktu istirahat, waktu menghadiri ekstrakurikuler serta waktu untuk mengerjakan tugas dari guru.

Rasa kekhawatiran tidak dapat membagi waktu itulah yang membuat saya merasa engga mengikuti ekstrakurikuler untuk pertama kalinya. Namun ketika saya mencoba memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang tidak menyita waktu, terbukti cara saya pun berhasil dan selama 2 tahun saya aktif di SIE Kerohanian Islam.

3. Meningkatkan Skill dan Wawasan

Ketika saya bergabung di SIE Kerohanian Islam maka kami diwajibkan untuk membaca surah Al Qur'an sesuai yang ditunjuk. Tentu saja tidak hanya sekadar membaca, melainkan akan ditunjukkan oleh guru ekstrakurikuler bagaimana membaca Al Qur'an sesuai tajwidnya.

Lalu ketika kalian mengikuti ekstrakurikuler olahraga juga banyak memberi dampak positif. Selain membuat badan sehat, kalian bisa belajar teknik olahraga yang benar untuk bisa memenangkan sebuah pertandingan.

Penutup

Membahas dunia pendidikan seolah tidak pernah ada habisnya. Selalu saja ada yang bisa dibahas dari segi manapun. Salah satunya mengenai program Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh pemerintah.

Pemerintah Indonesia sendiri melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, telah mencanangkan program Merdeka belajar. Saya pribadi baru-baru ini mengetahui dan memahami apa makna dari Merdeka Belajar. 

Merdeka Belajar ini merupakan program yang mengupayakan agar siswa belajar secara merdeka atau sesuai dengan minat dan karakter mereka. Pada program Merdeka Belajar ini terdapat kolaborasi yang baik antara guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas belajar.

Ada banyak artikel mengenai pendidikan yang dapat kita baca di media online. Dan salah satunya adalah Blog Homeschooling milik Mbak Dian Kusumawardani yang dapat kalian baca sekaligus menambah referensi artikel pendidikan dan juga parenting.




Referensi:

https://websis.co.id/apa-itu-merdeka-belajar/
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler di Sekolah"