5 Tips Memilih Asuransi, Kenali Kebutuhan Anda

 
Apa yang akan Anda lakukan manakala keluarga atau orang-orang yang dicintai mendadak terserang penyakit. Tentunya akan membawa orang tersebut ke dokter untuk didiagnosa secara mendalam. Apapun akan dilakukan demi kesembuhan orang tercinta, meskipun menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Menderita sakit tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Kita sebagai manusia pasti ingin sehat selalu dalam hidup ini. Selain sehat itu mempermudah dalam beraktivitas, juga saya pribadi tidak ingin sakit karena akan merepotkan orang lain khususnya keluarga.

Namun kembali lagi, sebagai manusia kita tidak dapat menolak ketentuan dari Tuhan. Apabila Tuhan ingin menguji kita dengan suatu penyakit, maka tanpa diduga-duga penyakit akan datang pada kita. Yang harus kita lakukan tentu saja mempersiapkan apabila risiko sakit itu hadir di kehidupan.

Asuransi bisa jadi menjadi solusi untuk mengantisipasi risiko apabila manusia terserang penyakit. Menurut Wikipedia, asuransi sendiri memiliki pengertian perjanjian antara kedua belah pihak dimana pihak satu berkewajiban membayar iuran atau premi sesuai nilai kontrak, sementara pihak lainnya berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi risiko yang menimpa pihak satu.

Seperti yang kita ketahui, bahwa ada banyak sekali jenis asuransi yang ada di Indonesia, sebut saja:
  1. Asuransi Kesehatan
  2. Asuransi Kecelakaan
  3. Asuransi Rumah
  4. Asuransi Pensiun
  5. Asuransi Perjalanan
  6. Asuransi Kerugian
  7. Asuransi Kendaraan
  8. Asuransi Pendidikan
  9. Asuransi Jiwa
Tentu saja bagi Anda yang memiliki anggaran tentu tak masalah apabila harus terdaftar di banyak asuransi. Namun kembali lagi, lihat terlebih dahulu fungsi asuransi untuk Anda. Apabila tak memiliki kendaraan pribadi seperti mobil, saya rasa tidak ada manfaatnya bagi Anda untuk mengambil asuransi kendaraan.

Beberapa jenis asuransi memiliki jangka waktu yang berbeda-beda. Sebut saja asuransi jiwa yang memiliki manfaat perlindungan dalam jangka waktu tertentu misalnya 5 tahun dan 10 tahun. Anda dapat memilih jangka waktu asuransi sesuai kebutuhan. 

Agar efektif ketika bergabung di program asuransi, maka ada sedikit tips yang bisa Anda terapkan ketika hendak memilih asuransi.

Tips Memilih Asuransi: Pilihlah Sesuai Kebutuhan

Ada beberapa tips memilih asuransi bagi Anda yang masih awam namun membutuhkan untuk antisipasi segala risiko dalam hidup. Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu Anda dalam memilih Asuransi

1. Kenali Apa Saja Produk Asuransi

Sebagai yang akan memiliki polis asuransi, Anda harus tahu kebutuhan asuransi yang tepat untuk diri sendiri maupun keluarga. Jangan ragu untuk bertanya kepada konsultan asuransi, mengenai produk asuransi yang mereka tawarkan.

Setelah memahami berbagai produk asuransi, sekarang giliran Anda untuk menentukan hendak menggunakan jenis asuransi yang mana.

2. Buat Perbandingan Asuransi

Jangan terburu-buru ketika hendak mengambil program asuransi. Anda bisa mencari perbandingan antara jenis asuransi satu dengan yang lainnya. Lalu mencarinya dimana? Jangan khawatir karena teknologi mempermudah kita dalam mendapatkan berbagai informasi, salah satunya mengenai produk asuransi. 

Salah satu contoh perbandingan yang bisa Anda lihat adalah berapa premi yang ditetapkan oleh berbagai perusahaan asuransi. Anda bisa menyesuaikan kemampuan finansial dengan premi yang harus dibayar setiap bulan atau tahunnya. Lalu jangan lupa pilih perusahaan asuransi yang sudah memiliki track record yang jelas agar kita sebagai nasabah menjadi lebih tenang ketika bergabung.

3. Tinjau Polis Asuransi yang Dimiliki Apabila Ada

Untuk point ketiga ini lebih dikhususkan bagi Anda yang telah memiliki polis asuransi sebelumnya. Apakah polis asuransi yang lama masih sesuai kebutuhan atau Anda perlu memiliki polis asuransi yang baru. Bisa jadi ketika belum berkeluarga, Anda mengambil polis asuransi yang hanya meng-cover diri sendiri. Namun ketika sudah menikah dan memiliki anak, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil polis asuransi yang bisa melindungi seluruh anggota keluarga.

4. Ketahui Terlebih Dahulu Besarnya Uang Pertanggungan

Tidak dipungkiri, ketika kita ingin bergabung menjadi nasabah asuransi, tentu yang pertama kali dilihat adalah uang pertanggungan. Apakah dengan uang pertanggungan tersebut sebanding dengan risiko yang bisa kita dapatkan atau justru sebaliknya.

Anda harus benar-benar memelajari produk asuransi yang dipilih sebelum memutuskan untuk menjadi nasabahnya. Hal ini dikarenakan uang pertanggungan di setiap perusahaan asuransi berbeda-beda tergantung dengan jenisnya. Misalnya saja kita memilih asuransi jiwa maka tentu menginginkan uang pertanggungan yang besar apabila terjadi risiko.

5. Lihat Fasilitas Tambahan yang Diberikan dan Jaringan yang Luas

Adalah keinginan seluruh nasabah apabila perusahaan asuransi tempat dia bergabung memberikan berbagai fasilitas yang mempermudah nasabah dalam menggunakan polisnya. Misalnya saja asuransi kesehatan yang memberikan fasilitas kesehatan tidak hanya di dalam negeri, namun juga di luar negeri tentu akan menguntungkan dan mempermudah Anda yang memiliki mobilitas tinggi dalam pekerjaan.

Lalu kemana Anda harus bergabung dengan perusahaan asuransi yang kredibel dan menawarkan berbagai program, yuk simak penjelasan saya berikut.

FWD Insurance: Asuransi Tepat Untuk Perlindungan Seluruh Anggota Keluarga

FWD Group merupakan bisnis asuransi jiwa yang berlokasi di wilayah Asia Pasifik, dimana menjangkau 10 juta nasabah di 10 jaringan usaha. FWD Group berdiri sejak tahun 2013 berusaha mengembangkan produk yang inovatif dengan didukung oleh teknologi digital.

Anda bisa membuka situs www.fwd.com untuk melihat berbagai program asuransi yang ditawarkan. Dengan berbagai edukasi yang diberikan kepada masyarakat, FWD ingin memberikan pengalaman dan cara pandang baru bagi masyarakat tentang asuransi.

PT. FWD Insurance Indonesia merupakan bagian dari FWD grup, yaitu perusahaan asuransi jiwa yang memiliki visi mengubah cara pandang masyarakat Indonesia tentang asuransi. Anda jangan khawatir apabila ingin menjadi nasabah FWD Insurance, karena sudah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga merupakan anggota dari Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan.

Dengan mengikuti asuransi, maka hidup menjadi lebih tenang dalam menjalani hidup karena ketika ada risiko dalam hidup, sudah ada asuransi yang meng-cover risiko tersebut. FWD Insurance mengadakan kampanye FWD Unstoppable Lucky Draw sebagai realisasi dari semangat "Bebaskan Langkah".

Kampanye ini bertujuan untuk mengajak masyarakat merasakan kegiatan berasuransi yang mudah dipahami, mudah dibeli, mudah dalam melakukan proses klaim dan juga mudah diakses. Apabila nasabah membeli salah satu atau lebih dari 12 produk asuransi yang dipilih oleh FWD Insurance mulai tanggal 10 Juni - 31 Desember 2022, maka nasabah akan berpeluang untuk mendapatkan nomor undian dan berkesempatan untuk memenangkan berbagai hadiah menarik, sebut saja All New Honda HR-V, Vespa LX, iPhone 13 serta hadiah lainnya. Untuk pengundian dan pengumuman pemenang, Anda bisa mengetahuinya pada bulan Januari 2023 karena pada bulan tersebut akan dilakukan pengundian.

FWD sendiri memiliki program FWD Critical First Protection Product dimana akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada para nasabahnya. Hal ini dikarenakan FWD Critical First Protection Product mudah dalam proses klaim dan meng-cover berbagai penyakit kritis bahkan yang langka. Kelebihan lainnya adalah jika nasabah tidak pernah mengajukan klaim, maka berpeluang mendapatkan kesempatan untuk menerima pengembalian premi di akhir masa asuransi.

Penutup

Demikian secara singkat tips dalam memilih asuransi yang harus Anda ketahui sejak awal sebelum memutuskan untuk bergabung menjadi nasabah asuransi. Bergabung dengan FWD Insurance akan mengubah cara pandang Anda terhadap asuransi.

#PressPlay mimpi dan passion Anda bersama FWD Insurance agar hidup menjadi lebih dinamis.
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

17 komentar untuk "5 Tips Memilih Asuransi, Kenali Kebutuhan Anda"

  1. Makasihtipsnya, aku memang sama sekali nggak tau dan mengerti tentang asuransi, ini bisa jadi referensi.. FWD Insurance? nanti mau dipelajari lebih lanjut ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau FWD insurance punya jenis asuransi seperti apa saja? dan bagaimana sistem pembayarannya? mau kumpulkan informasi yang b anyak dan menimbang lebih dulu sebelum memutuskan

      Hapus
  2. Memiliki asuransi sudah jadi gaya hidup masyarakat zaman now ya dan emang penting banget memerhatikan banyak hal sebelum mutusin beli asuransi, biar ga nyesal di kemudian hari. Thanks tips2nya Mbak..

    BalasHapus
  3. Setuju banget sama tipsnya mba, memang kita harus kenali dulu, mencari tau dan bandingkan produk asuransi yang akan kita pilih secara detil sebelum memutuskan jenis asuransi apa yang akan dipilih, bukan hanya bergantung pada agen asuransinya saja

    BalasHapus
  4. Aku setuju sekali dengan tips memilih asuransi di artikel ini mbak. Karena memang kebutuhan setiap orang terhadap asuransi berbeda-beda. Walaupun tidak bisa dipungkiri asuransi yang sangat diminati adalah kesehatan dan pendidikan

    BalasHapus
  5. Tipsnya berguna banget mbak buat yang mau ikut asuransi. Memang terkadang ada beberapa asuransi yang bikin ribet kalau mau klaim. Jadi harus cermat juga milih asuransi

    BalasHapus
  6. Wah terima kasih sharingnya. Jadi makin paham ya soal asuransi danternyata banyak macam produknya ya tergantung kebutuhan.

    BalasHapus
  7. Sharingnya sangat bermanfaat jadi sebelum membeli asuransi pastikan cari tahu detil yaa aturan mainnya.

    BalasHapus
  8. Yes kak, bagaikan sedia payung sebelum hujan ya kak. Jadi apapun yang terjadi di masa mendatang kita sudah siap menghadapinya.
    Jangan sampe salah pilih produk. Percayakan pada fwd

    BalasHapus
  9. Milih asuransi memang harus yang kredibel dan terkenal aman dan terpercaya.
    Kadang sedihnya kalo ada berita nasabah asuransi kesulitan melakukan klaim atas dana yg dimiliki

    BalasHapus
  10. sepakat, memilih asuransi harus hati-hati, karena masih aja ada pihak yang murang baik, data sudah lengkap tapi tidak cair-cair, kan jadi sedih kalau terjebak yang seperti itu
    saat ini produk yang ditawarkan lebih banyak ya, jadi bisa dipilih sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  11. Mengetahui besarnya biaya penanggungan saya pikir ini harus dilakukan. Lagian ini bisa jadi jalan kehidupan kita lebih baik di masa akan datang ya...

    BalasHapus
  12. mudah banget deh mengingat brand asuransi fwd ini. Secara, fwd biasa dipakai untuk menyingkat kata forward hehehe. Saya sedang agak galau nih, ingin kembali pakai asuransi buat suami. Tetapi, dilihat dari usia dan hasil medical check up, preminya pasti sudah mahal sekaleeee :D

    BalasHapus
  13. Memilih asuransi memang harus sesuai kebutuhan yaa .... jangan mudah terpedaya dengan bujukan atau iming2, tetap harus mencari tahu terlebih dulu.

    BalasHapus
  14. Lihat list ada 9 jenis asuransi penting yang ada di Indonesia. Udah kayak swalayan ya, sampai bingung mau yang prioritas yang mana. Kesehatan penting, pendidikan penting, asuransi jiwa juga penting. Pilih berdasarkan kebutuhan yang urgent dulu. Nanti kalau ada uang lebih, baru beli lagi yang lainnya. Di FWD ada semua ini jenis asuransinya ya?

    BalasHapus
  15. Memilih asuransi memang harus jeli dan teliti ya bunn...karena asuransi itu manfaat yg di dapat bukan di awal beli tp di kemudian hari

    BalasHapus
  16. Salah satu kesalahanku pas memutuskan beli produk asuransi adalah tidak mengenali dengan baik produk yang dibeli. Akhirnya nyesel belakangan deh. Info penting nih buat yang mau berasuransi

    BalasHapus