Traveloka Paylater: Solusi Untuk Kebutuhan Mendesak


Pernah mendengar Traveloka Paylater? Jika belum maka izinkan pada kesempatan kali ini saya bercerita mengenal manfaat untuk Anda ketika menggunakan fitur dari Traveloka ini, khususnya ketika sedang ada kebutuhan mendesak yang harus terpenuhi.

Saat ini masyarakat sudah dipermudah dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Disadari atau tidak, kita dimanjakan oleh semua fasilitas yang ada di genggaman tangan saja. Salah satunya adalah memiliki smartphone.

Dapat dikatakan hampir semua masyarakat Indonesia memiliki smartphone. Harga untuk membeli smartphone pun beragam, dari harga murah sampai yang termahal sekalipun. Tentu saja semua bergantung dari kebutuhan kita sebagai user.

Di dalam smartphone kita bisa mengunduh berbagai aplikasi sesuai kebutuhan. Tentunya semua orang berbeda kebutuhannya. Bisa jadi saya hanya membutuhkan aplikasi media sosial, WhatsApp serta marketplace saja untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Namun di tempat lain ada seorang yang berprofesi sebagai content creator dimana dia harus banyak mengunduh aplikasi untuk menunjang kelancaran bekerja.

Lalu apa hubungannya coba smartphone dengan Traveloka Paylater yang menjadi judul serta tema dalam tulisan saya ini. Tentu saja berhubungan karena aplikasi Traveloka Paylater merupakan salah satu aplikasi yang dapat diunduh di smartphone Anda, dimana mungkin bermanfaat untuk Anda yang sedang membutuhkan.

Sudah beberapa bulan terakhir ini saya memperhatikan ada beberapa marketplace dan aplikasi sejenis yang menawarkan fitur Paylater di aplikasinya. Namun secara pribadi saya belum berani untuk mengaktifkan fitur Paylater di beberapa aplikasi yang saya unduh pada gawai.

Apa Sih Arti Paylater yang Sesungguhnya?

Paylater sendiri merupakan istilah Bahasa Inggris dimana dalam bahasa Indonesia memiliki terjemahan "Bayar Nanti". Bayar nanti tentu saja bermakna bahwa kita memiliki kewajiban untuk membayar atau melunasi sejumlah tagihan yang dibebankan selama jangka waktu tertentu. 

Bayar nanti tapi sudah dapat menikmati fasilitas yang didapat. Misalnya saja ingin membeli baju. Dengan menggunakan fasilitas Paylater maka baju bisa kita miliki bahkan digunakan namun dibayarnya masih dalam tempo yang sudah ditetapkan. 

Secara sederhananya sih disebut dengan cicilan ya gaes. Kalau biasanya pembelian barang dengan metode cicilan itu terdapat pada kartu kredit yang ada wujudnya namun Paylater tidak memiliki wujud fisik.

Paylater merupakan salah satu bentuk transaksi digital, yaitu  cara pembelian barang atau jasa yang tidak perlu mengeluarkan uang di depan. Paylater bisa dikategorikan utang yang memiliki jatuh tempo pembayaran dan juga bunga cicilan apabila tidak dilunasi.
Paylater pada umumnya terdapat di beberapa aplikasi marketplace dimana merupakan fitur tambahan yang dapat diaktifkan oleh pemilik akun yang bersangkutan. Namun jika pemilik akun marketplace belum merasa perlu menggunakan fasilitas Paylater maka bisa tidak mengaktifkannya.

Selain terdapat di marketplace, fitur Paylater juga melengkapi beberapa aplikasi dompet digital. Adapun tujuan dimunculkannya fitur Paylater antara lain:
  • Mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi.
Kebayang tidak jika Anda butuh membeli token listrik namun tak ada uang sama sekali karena tanggal tua misalnya. Sementara di rumah meteran listri berbunyi minta diisi. Kalau punya Paylater maka tentu tidak perlu khawatir tanggal tua datang. Atau misalnya tengah malam buta, kalian mendapat kabar jika orang tua di luar kota sedang sakit keras. Akhirnya kalian harus membeli tiket pesawat dadakan donk, sementara saldo bank tidak mencukupi. Tentu keberadaan Paylater ini sangat membantu kalian ketika terbentuk oleh kebutuhan mendesak dan darurat.
  • Memberi pilihan transaksi kepada pengguna marketplace maupun dompet digital.
Teman saya pernah bercerita ketika dia hendak pulang kantor malam-malam. Ternyata saldo di dompet digitalnya habis tak bersisa. Bingunglah dia bagaimana pulang menggunakan transportasi online sementara kebetulan dia tidak membawa uang tunai. Untungnya teman saya mengaktifkan fitur Paylater di dompet digitalnya sehingga dia bisa pulang dengan tenang.
  • Berkesempatan mendapat berbagai promo menarik.
Biasanya untuk merangsang konsumen melakukan pembelian dengan metode Paylater, maka diadakanlah promo menarik seperti adanya diskon untuk pembelian tertentu dan juga bebas ongkos kirim untuk pembelian barang.

Jadi kita sebagai konsumen akan merasa diuntungkan menggunakan fitur Paylater ini. Sudah bayarnya bisa dicicil, dapat promo menarik lagi. Namun tentu saja tetap harus bijak ya menggunakan fitur Paylater.

Saat ini fitur Paylater mungkin lebih diminati oleh sebagian masyarakat kita. Bahkan survey yang dilakukan oleh Forbes mengatakan bahwa 10 sampai 40 persen respondennya lebih memilih menggunakan Paylater dibanding dengan kartu kredit. Paylater bisa dikatakan sebagai metode pembayaran pengganti kartu kredit. Hampir semua masyarakat yang sudah menginstall beberapa aplikasi marketplace sebagian besar di dalamnya sudah ada fitur Paylater. Tinggal kembali lagi kepada individunya, apakah mau diaktifkan atau tidak. 
Beberapa faktor yang menjadi Paylater sebagai pilihan bertransaksi antara lain:
  1. Pengajuan lebih mudah karena kalian cukup melakukan verifikasi dengan foto selfi KTP dan wajah melalui aplikasi yang menyediakan fitur Paylater.
  2. Tidak memerlukan persyaratan berbelit seperti slip gaji, surat keterangan penghasilan seperti seperti halnya ketika mengajukan kepemilikan kartu kredit.
  3. Lebih mudah mengatur pengeluaran karena kita bisa melihat histori pembelanjaan kita di aplikasi.
  4. Tingkat suku bunga yang ditawarkan bersaing.

Traveloka Sebagai Salah Satu Aplikasi Penyedia Paylater

Seperti yang kita tahu bahwa aplikasi Traveloka identik dengan aplikasi pemesanan tiket secara online. Sebut saja tiket pesawat, kereta api, tiket bus dan juga voucher hotel. Saya pribadi merupakan pengguna Traveloka sejak tahun 2016 dan sering memesan tiket pesawat dan juga booking hotel di situs berlogo burung Godwit tersebut.

Seiring berjalannya waktu serta kebutuhan penetrasi pasar, aplikasi Traveloka pun mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Sebagai pengguna Traveloka, saya pun bisa membayar beberapa tagihan dalam satu aplikasi saja sehingga memudahkan dalam melakukan pengontrolan. 

Salah satu contoh adalah saya bisa membayar tagihan BPJS Kesehatan, tagihan listrik bahkan saya juga bisa lho membayar tagihan kartu kredit milik pribadi. Amazing banget menurut saya.

Traveloka sendiri pun tak ingin ketinggalan dengan melakukan invovasi menciptakan fitur Paylater di dalam aplikasinya. Apakah kalian sudah tahu kalau ternyata Traveloka juga memilki fitur Paylater di dalam aplikasinya? Kalau belum maka saya akan bercerita sedikit mengenai fitur Paylater di Traveloka ini yang tentunya akan memberi kemudahan bagi kalian traveller sejati nih. Tapi jangan salah saat ini Traveloka tidak hanya menyediakan tiket pesawat, kereta api maupun voucher hotel lho, melainkan juga bisa kalian gunakan untuk membayar tagihan listrik, telepon bahkan bisa berinvestasi emas juga!


Traveloka Paylater


Saya ingin bercerita mengenai teman yang sudah ada setahun ini menggunakan Traveloka Paylater dan dia sangat merasa bersyukur sekali karena banyak terbantu. Mengapa akhirnya teman saya memilih untuk menggunakan Traveloka Paylater dan meninggalkan fitur sejenis, dikarenakan:
  1. Proses pengajuan yang tergolong cepat dan mudah
  2. Dapat digunakan berbelanja di situs lain selain Traveloka. Tentu saja dengan syarat sudah bekerja sama dengan Traveloka Paylater.
  3. Mendapat limit awal bisa mencapai puluhan juta
  4. Pembayaran tagihan Traveloka Paylater yang cukup mudah, bisa melalui transfer bank dan juga melalui BCA Virtual Account.

Berikut merupakan langkah untuk bisa bertransaksi menggunakan Traveloka Paylater:
  1. Masuk ke aplikasi Traveloka, jangan lupa login dan aktifkan kode otentifikasi yang masuk ke nomor WhatsApp kalian. Hal ini bertujuan untuk menghindari pembobolan akun Traveloka kalian.
  2. Buka fitur Paylater lalu Aktifkan Virtual Number untuk melakukan transaksi yang dikehendaki
  3. Kalian akan diminta kode OTP untuk mengakses Virtual Number
  4. Kalian akan mendapatkan Paylater Virtual Number lalu pakailah untuk berbelanja di halaman yang sudah dituju dengan mengcopy paste nomor Virtual Number yang telah diberikan sebelumnya.
  5. Pilihlah apakah kalian ingin membayar dengan cara cicilan beberapa bulan atau langsung dibayar penuh satu bulan berikutnya.
Untuk Traveloka Paylater sendiri memiliki ketentuan hanya bisa bertransaksi dengan minimal pembelanjaan Rp. 50.000,- dan jika ingin dijadikan cicilan maka minimal pembelanjaan adalah Rp. 500.000,-

Kesimpulan

Demikian ulasan singkat saja mengenai keunggulan menggunakan Traveloka Paylater untuk berbelanja dan di saat sedang dalam kondisi terdesak. Teman saya pun mengakui bahwa Traveloka Paylater sangat berguna banget baginya apalagi ketika sudah memasuki tanggal tua sementara ada beberapa kebutuhan mendesak dan harus segera dipenuhi. 

Jadi tunggu apa lagi bagi kalian pengguna Traveloka, segera manfaatkan fitur Paylater agar dapat bertransaksi dengan metode cicilan. Jangan lupa agar selalu bijak ya dalam mengelola keuangan apabila sudah menggunakan fitur Paylater dari Traveloka. 


Sumber Referensi:

https://tirto.id/mengapa-paylater-lebih-digandrungi-ketimbang-kartu-kredit-gaiv
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Traveloka Paylater: Solusi Untuk Kebutuhan Mendesak"