Tertarik Ikut Lelang Mobil? Ini 3 Tipe Lelang yang Perlu Dipahami

Lelang Mobil



Tertarik untuk ikut lelang mobil bekas? Tentu saja metode ini sedang hype karena prosesnya yang cukup mudah dan menguntungkan. IBID sebagai salah satu lembaga terpercaya dalam pelelangan menyajikan item mobil dan spesifikasinya yang beragam.

Namun tahukan kamu bahwa ada sedikitnya 3 tipe lelang yang dimiliki IBID. Tentu saja kamu perlu mengetahui dan memahami ketiganya untuk pengalaman mengikuti lelang yang lebih menarik. Lalu seperti apa bentuk ketiganya?

3 Tipe Lelang Mobil ala IBID

Tidak sedikit pihak lelang yang hanya menyediakan satu tipe lelang saja seperti halnya lelang realtime. Sayangnya tipe ini justru membuat pembeli item tidak fleksibel dalam memilih barang. Berbeda dengan IBID, berikut 3 tipe lelang yang bisa digunakan.

1. Live Auction (Lelang Realtime)

Lelang jenis pertama yang bisa diikuti yakni live auction atau lelang realtime. Sesuai namanya, lelang jenis ini dilakukan secara langsung pada saat itu juga tanpa adanya pengulangan. Biasanya item yang sudah terjual di lelang ini tidak jarang tersedia kembali.

Kemungkinan penawaran harga pun semakin ketat. Jadi kamu bisa terus menawar harga hingga mendapat nilai harga terbaik dan paling sesuai. Lelang ini juga jadi lelang reguler yang paling rutin dilakukan setiap minggunya baik secara online maupun onsite.

Pembaharuan item penjualan akan selalu diupdate oleh pihak lelang. Lebih menyenangkannya lagi, kamu juga bisa memantau update item lelang terbaru lewat aplikasi IBID. Termasuk dalam item mobil, kamu bisa memantaunya sepanjang waktu.

2. Timed Auction (Lelang Berjangka)

Jenis lelang ini memungkinkan kamu untuk memantau beragam item dalam jangka waktu tertentu. Biasanya item yang dipasangkan akan terus bisa dilihat dan ditawar dalam kisaran satu hingga beberapa hari ke depan.

Perlu dipahami juga bahwa lelang jenis ini hanya bisa diikuti lewat aplikasi resmi IBID. Termasuk dalam lelang eksklusif, kamu bisa melakukan berbagai penawaran terhadap berbagai item mobil hingga waktu lelang berakhir.

3. Flash Auction (Lelang Online)

Lelang berjangka atau timed auction memiliki kesamaan teknis penyelenggaraan dengan flash auction yakni dilakukan secara online. Flash auction juga tidak terikat dengan jadwal reguler yang biasa dibuat per regional.

Namun pahami juga bahwa lelang jenis ini hanya dilakukan secara singkat eksklusif lewat aplikasi IBID. Sebelum menawar item kamu bisa mendengarkan dulu penjelasan inspektur terkait spesifikasi atau keadaan kendaraan.

Fitur chat juga tersedia dalam aplikasi untuk langsung bertanya pada inspektur terkait item yang sedang dijelaskan. Kamu juga bisa langsung memasang harga yang paling sesuai untuk mendapat mobil. Bila penawaran gagal uang yang telah disetor akan kembali dikembalikan.
Sudah paham ketiga jenisnya? 

Kamu bisa mulai mendownload aplikasi IBID di Play Store atau App Store. Pantau terus perkembangan jadwal lelang untuk mendapat penawaran barang terbaik dengan harga yang relevan.
 


Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

15 komentar untuk "Tertarik Ikut Lelang Mobil? Ini 3 Tipe Lelang yang Perlu Dipahami"

  1. Ikut lelang mobil bisa jadi opsi untuk membeli mobil ya..Ada pilihan ternyata, realtime, berjangka dan online...Bisa nih download aplikasinya biar makin paham

    BalasHapus
  2. Baru tahu nih ternyata ada 3 jenis lelang mobil ya. Dikira lelang itu ya gitu2 aja jenisnya. Harus tahu nih kalo ada yang mau beli mobil pakai sistem lelang.

    BalasHapus
  3. Beberapa waktu lalu teman saya menginfokan adanya lelang mobil di kantornya. Tapi jujur saya kurang paham dengan sistemnya. Setelah baca di sini, jadi sedikit ada bayangan, ternyata lelang mobil pun ada beberapa teknik atau tipenya.

    BalasHapus
  4. Kalau pas rezeki bisa dapat mobil yang masih bagus dengan harga miring ya mbak. Jadi harus up date terus ya biar gak ketinggalan info.

    BalasHapus
  5. Belum pernah nih liat lelang mobil. Kayak yg di film-film itu ga ya, lelang barang-barang seni. Tapi tetap harus tahu dulu ya sistemnya supaya engga merasa rugi...

    BalasHapus
  6. Ternyata ada juga lelang mobil dan ada beberapa tipe ya. Tetap ya kita harus jeli dalam mengikuti lelang

    BalasHapus
  7. Terima kasih infonya, saya forward ke suami saya karena memang lagi cari-cari kendaraan second nih dan sempet ada pembicaraan tentang lelang mobil.

    BalasHapus
  8. Wah aku baru kalau ada aplikasi IBID untuk lelang mobil, bahkan ada 3 cara lelang mobil ya, memang sih katanya beli mobil melalui sistem lelang kadang dapat harga lebih murah dari harga pasaran.

    BalasHapus
  9. Baru tau lelang itu ada jenis jenisnya juga ya.

    BalasHapus
  10. lelang mobil online apakah lokasinya harus di satu kota atau bisa semua kota ikutan ya? trus nanti kalau menang gimana urusan administrasinya ya?

    BalasHapus
  11. Nambah pengetahuan mengenai lelang mobil. Berhubung belum punya mobil. Makasih info dan sharingnya mba

    BalasHapus
  12. Wah aku baru tahu soal lelang mobil ini
    Ada tiga jenis ya ternyata
    Lelang mobil bisa jadi kesempatan punya mobil idaman nih

    BalasHapus
  13. Wah lelang mobil online seperti apa ya sensasinya? Ngeri2 sedap.

    Saat ini makin banyak pilihan untuk membeli mobil idaman. Salah satunya lewat lelang

    BalasHapus
  14. Wah, Flash Auction ini membutuhkan riset atau mengikuti lelang di tempat yang terpercaya yaa.. Karena kalau salah, bisa jadi uang melayang percuma. Enaknya untuk pihak lelang, uang langsung diterima dan mobil bisa segera dimiliki bayi buyer yang beruntung.

    BalasHapus
  15. Baru tahu ada situs dan aplikasi lembaga lelang gini. Jadi lebih mudah untuk cari mobil ya. Btw ini khusus lelang mobil-mobil keluaran Astra ya, Mbak?

    BalasHapus