Arti Nama Blog Curhatanku.com

 
Arti nama blog


Pernah terpikir tidak ketika kalian membuat blog, bertanya pada diri sendiri apakah arti nama blog yang telah kalian sendiri ciptakan. Atau hanya sekadar menciptakan nama tanpa mengetahui makna di dalamnya.

Saya sendiri pada awalnya ingin punya nama blog yang unik namun tidak terlalu panjang. Terlalu panjang juga kurang bagus secara SEO-nya. Begitu yang dulu saya dapatkan ketika belajar di beberapa kelas SEO online. Adapaun Serach Engine Optimization atau yang disingkat SEO merupakan suatu cara untuk mengoptimalkan keberadaan blog kita dalam pencarian di mesin pencari.

Beberapa alasan seseorang menciptakan nama blog karena faktor berikut:
  • Nama diri sendiri
Hal ini umumnya kita temui di beberapa blog yang sudah dapat ditemui di mesin pencari dimana sebagian besar merupakan nama dari pemilik blog. Seperti ketika saya membuat blog pertama saya yang bernama mariatanjungmenulis.xyz dimana Maria Tanjung merupakan nama asli saya.

Walau saya tidak mencatumkan nama lengkap namun sudah merepresentasikan identitas diri. Selain itu nama lengkap seseorang mudah ditemui di mesin pencari jika suatu ketika ada teman yang sudah lama tidak bertemu dan tak sengaja menemukan blog kita yang diberi nama sesungguhnya.

  • Istilah yang unik
Selain nama lengkap, juga ada nama unik yang bisa dijadikan nama blog dimana menjadi ciri khas si pemilik blog. Nama unik tersebut tidak harus berupa nama seseorang namun juga bisa berupa isti;ah-istilah yang mungkin jarang ditemui banyak orang.

Saya ambil contoh nama blog fiksi saja ya misal ngopisore.com milik Kak Melati dimana mungkin bagi sebagian masyarakat atau di kalangan blogger nama blog tersebut akan melekat di hati. Jadi jika terdengar kalimat ngopi sore maka tentu akan mengingat Kak Melati sebagai pemilik blog tersebut.

  • Trend yang sedang berkembang
Setiap waktu ada saja trend yang sedang terjadi di masyarakat entah dari bidang fashion, kuliner atau travelling. Nah, bisa jadi trend tersebut membawa ide untuk kita membuat nama blog yang unik dan mudah diingat oleh masyarakat luas. Apalagi jika blog tersebut selalu update artikel setiap minggunya dan membahas berita terkini yang sedang hangat dibicarakan masyarakat.

Arti Nama Blog Curhatanku.com


Blog curhatanku.com sendiri sebenarnya bukan blog pertama saya karena tahun 2021 ini merupakan tahun kedua saya berkecimpung di dunia blogger. Awalnya tidak ada niatan untuk membuat blog baru namun saya merasa kok sayang ya membiarkan blog gratisan yang sudah telanjur diciptakan menganggur tanpa dioptimasi.

Blogger layaknya seorang entreprenur yang memiliki insting bisnis, begitupun dengan saya yang sudah bisa melihat bahwa menjadi seorang blogger merupakan suatu peluang menjanjikan yang dapat menghasilkan uang.

Akhirnya mulailah saya hunting nama blog Top Level Domain atau domain berbayar di salah satu provider yang menyediakan jasa penjualan domain. Tak sengaja saya menemukan bahwa domain curhatanku.com belum bertuan alias masih bisa didaftarkan.

Langsung saja tanpa pikir panjang saya memesan dan kemudian membayar domain tersebut agar segera sah menjadi milik saya. Kebetulan waktu itu ada promo domain murah dan kebetulan saya diberi rezeki oleh Allah SWT sehingga bisa meminang nama curhatanku.com.

Saya ingin menulis blog selayaknya curhat agar segala uneg-uneg keluar dari dalam hati. Tentu saja uneg-uneg yang saya rasakan harus ditulis tanpa merugikan dan menyinggung pihak-pihak lain. Bagi saya, sah-sah saja kita curhat di media sosial namun harus melihat urgensinya.

Jika dirasa curhat yang saya tulis justru merugikan pihak lain maka patut dipertimbangkan apakah harus dipublish atau tidak. Namun apabila saya berkeras ingin menulis curhatan itu di kemudian hari maka sebaiknya setting peristiwa harus disesuaikan agar nantinya tidak berdampak negatif.

Selain berisi curhat, blog curhatanku.com juga tidak menutup kemungkinan menerima sponsored post demi keberlangsungan hidup blog ini, hehehe. Apalagi kalau bukan perpanjangan domain yang harus saya bayar setiap tahunnya.


Kesimpulan

Akhir kata, demikianlah sedikit cerita mengenai kenapa blog ini dinamakan curhatanku.com karena memang saya ingin curhat saja mengenai banyak hal di kehidupan ini. Tak semua curhat terjadi atas diri saya pribadi, namun bisa juga curhatan dari teman, tetangga atau siapa pun yang mempercayakan masalah mereka kepada saya. Tentu akan saya kemas secantik mungkin agar curhatan mereka tidak seperti aib.

Pilihlah nama blog yang mencerminkan kepribadian Anda. Tidak perlu terburu-buru ketika menentukan nama blog. Saya akui ketika membuat blog pertama kali cenderung tidak terkonsep dengan matang. Namun ibarat nasi sudah menjadi bubur, bagaimana menyajikan bubur yang lezat dengan cakue, taburan bawang goreng dan aneka lauk lainnya.






Mariatanjungmenulis
Selamat Datang di Blog Saya. Selamat Membaca

Related Posts

1 komentar

  1. Bener mbaaa.. aku termasuk agak buru2 pas bikin nama blog. Aku mulai ngeblog kan sejak 2004. Tp dulu pake platform lain, bukan yg skr. Cm dulu Krn blm kepikiran bikin blog dgn Niche traveling dan kuliner kayak yg skr, jd aku pake nama yg ga berhubungan samasekali Ama traveling, DCATQUEEN. Reason ya udh jelas, Krn aku pecinta kucing :p. Pas udh kepikiran utk bikin blog yg berniche trveling, ya udh telanjur. Krn nama ini yg udh dikenal :D. Ya sudahlaah, akhirnya sampe skr pake nama Dcatqueen utk semua yg terkait Ama medsos dan blog. Biar gampang aja :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email