3 Keuntungan Memiliki Deposito Berjangka

 
Deposito Berjangka


Mempersiapkan masa pensiun merupakan rencana terdekat saya dan suami saat ini. Hal ini dikarenakan kami berdua memiliki kesadaran bahwa anak bukanlah investasi di hari tua, sehingga harus sebisa mungkin memiliki dana dari kantong sendiri untuk hari tua kelak.

Banyak kisah yang saya dapatkan dari kerabat, dimana mereka terlalu menggantungkan hidup kepada anak namun ternyata anak tidak memiliki pekerjaan mapan. Akhirnya kerabat tersebut kesulitan memenuhi kebutuhan hidup di masa pensiun dikarenakan tidak adanya persiapan dana.

Saya menyadari bahwa manusia akan berada pada usia yang tak produktif lagi sehingga diperlukan rencana matang dalam hal keuangan. Apalagi setiap tahun selalu terjadi inflasi dimana kenaikan harga barang dan kebutuhan hidup lainnya selalu mengalami peningkatan. Investasi seolah merupakan kewajiban bagi seseorang yang sudah memiliki pekerjaan. Usia akan terus bertambah, sehingga investasi itu perlu dipersiapkan sejak dini bahkan kalau bisa sejak awal diterima bekerja atau mendapat penghasilan.

Berbicara mengenai dana pensiun, memang di beberapa perusahaan ada yang khusus mempersiapkan untuk seluruh karyawan. Hal ini dimaksudkan ketika para karyawan sudah memasuki masa pensiun maka tidak kaget manakala tidak mendapat penghasilan bulanan, karena sudah mendapat dana pensiun.

Mengapa dana pensiun itu penting bagi kita, berikut alasannya:
  1. Sebagai pengganti gaji bulanan
  2. Untuk pemenuhan kebutuhan hidup
  3. Memberi rasa aman bagi para pensiunan yang sudah tidak bekerja lagi
Sebagai seorang manusia yang diberi akal dan kreativitas, maka saya pribadi tidak sepenuhnya menggantungkan nasib dana pensiun pada perusahaan. Saya harus memiliki dana pensiun sendiri yang ditempatkan di pos-pos tertentu. Sampai saat ini, bank merupakan tempat paling aman untuk menyimpan uang masyarakat. 

Bank menyediakan berbagai layanan agar masyarakat dapat merasa aman menyimpan uang mereka. Tentu saja dengan keuntungan seperti bunga maupun hasil pengembangan lainnya jika kita mengikuti program tertentu. Salah satu simpanan yang cocok untuk persiapan masa pensiun adalah dengan membuka deposito berjangka di bank. 

Seperti yang kita ketahui, deposito memiliki pengertian simpanan uang yang kita letakkan di bank dengan jangka waktu tertentu, dan akan mendapat bunga setiap tanggal jatuh tempo. Uang yang kita depositokan tidak dapat diambil atau dicairkan sewaktu-waktu. Adapun jangka waktu deposito dapat kita pilih sesuai kebutuhan. Jika deposito kita cairkan sebelum jatuh tempo, maka sanksinya adalah terkena biaya penalti yang besarnya tergantung kebijakan bank masing-masing.

Salah satu jenis deposito yang paling sering digunakan oleh nasabah adalah Deposito Berjangka yang jangka waktunya dapat Anda tentukan sesuai kebutuhan. Jangka waktu deposito berjangka mulai dari 1,3,6, 12 sampai 24 tahun. Namun jika Anda ingin memperpanjang deposito secara otomatis juga dapat dilakukan sesuai kesepakatan dengan pihak Bank.

Ada 3 keuntungan apabila kita memiliki deposito berjangka, antara lain:

1. Investasi Minim Risiko

Tentu saja seseorang yang memutuskan untuk berinvestasi ingin mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Bagi saya yang masih takut melakukan investasi tinggi risiko, maka salah satu bentuk investasi paling aman adalah deposito.

Anda tidak perlu kuatir nilai uang yang didepositokan berkurang jumlahnya karena ketidakpastian pasar. Justru Anda akan mendapat bunga setiap bulannya dari uang yang didepositokan. Semakin lama jangka waktu deposito, maka bunga yang didapat juga makin tinggi.

2. Dana dapat diambil sewaktu-waktu

Memang benar jika deposito diambil tidak sesuai tanggal jatuh tempo maka akan terkena penalti yang besarnya tergantung kebijakan masing-masing bank. Namun jika Anda memang benar-benar darurat membutuhkan uang, maka bagi saya pribadi, deposito masih mudah untuk dicairkan sewaktu-waktu tanpa menunggu jatuh tempo. Biaya penalti pun akan dibebankan dari jumlah uang yang kita depositokan.

3. Uang lebih aman dan terjamin

Saat ini ada beberapa bentuk investasi dimana kita harus menitipkan sejumlah uang kepada orang lain. Jika tidak mengetahui secara detail legalitas suatu investasi, maka bukan hal yang mustahil yang kita akan lenyap begitu saja.

Dengan deposito, maka uang kita pasti aman berada di suatu bank tertentu dan tentu saja dijamin oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kita tidak perlu takut uang akan lenyap karena dijamin oleh pemerintah.

Membuka Deposito Berjangka di OK Bank



Membuka Deposito Berjangka di OK Bank : Solusi Persiapan Masa Pensiun

Setelah mencari beberapa referensi bank yang menyediakan layanan deposito, maka saya dan suami pun sepertinya tertarik dengan deposito berjangka di OK Bank. Setelah membaca pemaparan yang lengkap dan cukup informatif di website OK Bank, memang saya akui banyak benefit yang bisa kita dapatkan ketika membuka deposito berjangka di bank tersebut.

Deposito berjangka yang ditawarkan OK Bank bernama OK Time Deposit, dimana memiliki keunggulan antara lain:
  1. Suku bunga yang kompetitif sehingga bisa untuk investasi jangka panjang
  2. Aman, karena dijamin oleh LPS yaitu Lembaga Penjamin Simpanan
  3. Jangka waktu 1,3,6 sampai 12 bulan sesuai kebutuhan nasabah
  4. Deposito dapat dibuka melalui internet banking maupun mobile banking, sehingga kita tidak perlu datang ke cabang langsung.
Sekilas mengenai sejarah berdirinya OK Bank yaitu tepatnya pada tahun 1990 PT. Liman International Bank mendirikan bank umum, yang dalam perjalanannya di tahun 2012 berganti nama menjadi Bank Dinar Indonesia. 

Pada tahun 2019 tepatnya tanggal 8 Juli, Bank Dinar Indonesia melakukan penggabungan dengan PT. Bank Oke Indonesia menjadi OK Bank, dan sampai saat ini dan sudah melayani seluruh nasabah yang tersebar di Indonesia. OK Bank sendiri pastinya sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga Anda tidak perlu kuatir ketika ingin menjadi nasabah OK Bank. 

Produk-produk perbankan yang disediakan oleh OK Bank antara lain:
  1. OK Time Deposit
  2. OK Time Savings
  3. OK Giro
  4. Pinjaman
  5. OK Tabungan Bisnis
  6. OK Loan
  7. OK KTA (Kredit Tanda Agunan)
Adanya kemajuan teknologi yang semakin berkembang membuat kita tidak perlu kuatir apabila ingin menjadi nasabah OK Bank. Hal ini dikarenakan layanan OK Bank sudah tersedia di Google Play Store sehingga kita cukup download aplikasinya melalui smartphone.

Penutup

Jangan jadikan masa pensiun sebagai beban karena kita sudah tidak produktif kelak. Namun, bahagiakan diri kita di saat masa itu tiba. Salah satu sumber kebahagiaan adalah ketika kita mampu mencukupi kebutuhan finansial tanpa merepotkan anak maupun kerabat lainnya.

Investasikan dana selagi masih produktif di deposito berjangka. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa menikmati hasilnya ketika masa pensiun tiba. Gunakan uang secara bijak dan lakukan investasi dalam bentuk deposito.

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "3 Keuntungan Memiliki Deposito Berjangka"