HERoic: Program Women Empowerment Oleh FWD Insurance, Bebaskan Langkah Perempuan Indonesia Untuk Bersinergi Dalam Karir

 
FWD Issurance


Perempuan merupakan makhluk yang diberi beberapa kelebihan oleh Tuhan. Perempuan diberi kemampuan mengandung, melahirkan serta menyusui dimana 3 hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh lelaki. Pada kenyataannya walau diberi kelebihan oleh Tuhan, perempuan masih saja dianggap sebagai makhuk tak berdaya. Terlebih apabila dihadapkan pada budaya patriarki dan kesetaraan gender.

Seringkali perempuan masih dianggap sebelah mata di era serba modern seperti sekarang ini. Oleh karena itu, dalam rangka menyambut Hari Perempuan Internasional setiap tanggal 8 Maret, maka FWD Insurance dan HIIP Indonesia mengadakan Talkshow melalui Zoom dalam rangka peluncuran Event HERoic 2022.

HERoic sendiri merupakan sebuah event yang rencananya akan berlangsung selama  kurang lebih 9 bulan sampai akhir tahun 2022, dimana terdiri dari workshop series, virtual campaign, dan juga community conversation. Tentu saja materi yang disampaikan lebih banyak pada upaya mendukung pemberdayaan perempuan.

Saya pribadi mendapat kesempatan berharga untuk bisa mengikuti talkshow secara online bersama para narasumber yang berkompeten di bidangnya dalam rangka peluncuran Event HERoic 2022 ini. Nara sumber tersebut antara lain:
  1. Ronald Surapradja, Penyiar Radio sekaligus Entrepreneur

Siapa yang tidak kenal dengan Ronald Surapradja ini. Beliau merupakan salah satu pemeran dalam acara komedi situasi yang cukup terkenal di salah satu televisi swasta sekitar tahun 2004.

Pada kesempatan webinar kali ini Ronald banyak bercerita mengenai kehidupan keluarganya. Dia dibesarkan di lingkungan keluarga moderat. Sosok Ibu bagi Ronald dianggap lebih perkasa ketimbang Bapak, tentu saja dalam konteks positif. Tetap saja bagi Ronald kedua orang tuanyalah yang berjasa dalam membentuk karakternya sampai dia bisa menjadi seperti sekarang.

Karena kebetulan kita sedang memperingati Hari Perempuan Internasional, sehingga mau tidak mau sedikit banyak pembahasan berhubungan dengan yang namanya bias gender. Bias gender sendiri merupakan keadaan dimana lebih mengutamakan salah satu jenis kelamin, dalam hal ini lebih mengutamakan keberpihakan terhadap kaum laki-laki dibanding perempuan.

Menurut Ronald, ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang melakukan bias di antaranya:


  • Hanya melihat segala sesuatu dari luar dan tidak melihat ke dalam. Hal ini mengandung makna bahwa seseorang membatasi untuk mengenal orang lain lebih dalam sehingga dengan adanya pembatasan ini terjadilah bias.


  • Hanya “hear” namun tidak “listen”

Cobalah sesekali ketika berbicara dengan orang lain, kita tidak hanya sekadar mendengar ceritanya namun perhatikan juga apa yang ingin orang lain sampaikan kepada kita. Dengarkan dengan saksama apa yang menjadi keluhan atau aspirasi orang tersebut dan siapa tahu kita memiliki solusi atas permasalahan orang lain.


  • Hanya melihat tanpa memperhatikan

Terkadang kita hanya melihat sesuatu dari luar saja namun tidak mengetahui isi sebuah kemasan. Bukankah ada pepatah yang mengatakan “Don’t judge a book by its cover”. Maka dari itu pentingnya melihat segala sesuatu secara menyeluruh tanpa sepotong-sepotong.

Ronald juga mengatakan bahwa musuh dari ketidak seimbangan itu bukanlah perlakukan orang lain namun justru diri kita sendiri, sehingga jangan berupaya untuk memaksakan orang lain untuk mengikuti perspektif kita.


  1. Ligwina Hananto, Lead Financial Trainer QM Financial

Ligwina sendiri mengakui dirinya tanpa sadar telah melakukan bias terhadap ketiga putra dan putrinya. Hal ini dikarenakan dia melihat kompetensi berbeda yang terlihat pada salah satu buah hatinya sehingga lebih mendukung bakat salah satu anak saja. Namun Ligwina segera menyadari akan hal tersebut karena menganggap bahwa family values itu berbeda antara satu keluarga dengan keluarga lainnya.

Berbicara mengenai budaya patriarki di Indonesia maka bisa dibilang tidak akan ada habisnya. Sehingga yang bisa disarankan oleh Ligwina adalah dengan mencari celah. Contohnya saja budaya patriarki selama ini seolah tidak mengizinkan para perempuan untuk bekerja mencari  nafkah di luar rumah. Namun ada celah yang bisa diambil oleh para perempuan tersebut. Misalnya saja faktor ekonomi keluarga. Dengan alasan ingin membantu keuangan rumah tangga maka perempuan bisa bekerja di luar rumah sekaligus mengaplikasikan ilmu yang didapat ketika di perguruan tinggi misalnya.

  1. Desy Natalia Widjaya, Chief Financial Officer FWD Insurance 

Ibu Desy termasuk salah satu jajaran perempuan yang menempati posisi penting di FWD Insurance. Saya kagum pada kisah beliau yang pertama kali merintis karir dengan segala support system yang diberikan dari keluarga besar.

Ibu Desy tidak malu ketika bercerita awal mula bekerja beliau mungkin berada pada posisi yang sangat junior, hanya disuruh melakukan tugas sederhana yaitu fotocopy berkas. Namun collect experience atau mengumpulkan segala pengalaman bagi beliau adalah hal terpenting dalam bekerja. 

Bagi Ibu Desy, seorang perempuan tidak harus dituntut untuk sempurna kok. Perempuan juga butuh partner. Itulah pentingnya women empowerment bagi seorang Desy Natalia Widjaya. 

Women empowerment sendiri diartikan sebagai cara bagi para perempuan untuk mendapatkan eksistensi dirinya dengan karya yang dimiliki agar bisa berada di lingkungan masyarakat yang kadang dihalangi oleh bias gender.


FWD Insurance dan Program Women Empowerment HERoic: Sinergi Nyata Untuk Perempuan Indonesia
Lalu apa hubungannya women empowerment dengan FWD Insurance? Baiklah, sebelum saya menjelaskan apa hubungan antara FWD Insurance dengan HERoic, sebuah program yang digagas untuk para perempuan Indonesia, maka akan saya jelaskan terlebih dahulu mengenai FWD Insurance.

FWD Insurance merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Asuransi dan berbasis digital. Asuransi yang disediakan di FWD Insurance meliputi asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan & disabilitas, investasi dan asuransi jiwa kredit.

Sebagai sebuah perusahaan asuransi, sebanyak 44% karyawan di FWD Insurance adalah perempuan dan hal tersebut berdasarkan survey yang telah dilakukan. Bahkan para perempuan tersebut menduduki level Middle Management sampai Senior Management di FWD Insurance.

Menurut saya pribadi hal tersebut merupakan suatu prestasi bagi para perempuan. Belum lagi di perusahaan lain dimana perempuan juga tak kalah dalam memegang peranan penting. Atas dasar inilah FWD Insurance berinisiatif mengadakan program pemberdayaan bagi perempuan. 

Program tersebut diberi nama HERoic yang dapat diikuti tidak hanya oleh perempuan namun juga oleh para laki-laki yang ingin berkontribusi mengikuti berbagai program pelatihan yang diselenggarakan sesuai jadwal.

Adapun tujuan dari diselenggarakannya program Women Empowerment HERoic ini antara lain:

  1. Membangun self awareness di kalangan karyawan perempuan. 

Self awareness merupakan bentuk sikap untuk lebih memahami serta mengenali diri sendiri. Dengan mengenali diri sendiri, maka perempuan bisa lebih menghargai dirinya dan memiliki perspektif lebih luas terhadap dunia luar. Adanya perspektif yang luas akan memberi pengalaman baru serta keberanian untuk bisa tampil di hadapan public.

  1. Mengembangkan potensi yang ada di dalam diri setiap karyawan perempuan agar dapat berkontribusi tidak hanya untuk perusahaan, namun juga terhadap keluarga serta masyarakat

  2. Memupuk kepercayaan diri bagi para karyawan perempuan di luar sana agar mereka bisa yakin dengan kemampuannya dalam memimpin di sebuah perusahaan.


Penutup

Bagi Anda perempuan hebat Indonesia yang sudah mendaftarkan diri di program Women Empowerment HERoic yang diselenggarakan oleh FWC Insurance, maka jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Tentu saja karena Anda merupakan perempuan terpilih yang berkesempatan mengikuti berbagai rangkaian program pelatihan Women Empowerment HERoic ini.

Untuk para laki-laki yang juga merupakan peserta terpilih, maka adanya pelatihan ini akan membuka cakrawala bahwa sejatinya kedudukan perempuan itu sama dengan mereka tanpa perlu memandang adanya budaya patriarki di masyarakat kita.

Semoga dengan adanya program Women Empowerment HERoic ini dapat lebih memberdayakan para perempuan Indonesia untuk berkarya dan bersinergi dengan laki-laki di setiap aktivitas kehidupan.

 


Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

19 komentar untuk "HERoic: Program Women Empowerment Oleh FWD Insurance, Bebaskan Langkah Perempuan Indonesia Untuk Bersinergi Dalam Karir"

  1. Wah mantap nih dukungan FWD buat perempuan, perempuan terus diberdayakan seiring tantangan jaman.
    Perempuan semakin setara dengan laki-laki, bebas memilih karirnya, aku sangat setuju .
    Makasih info cakepnya mba.

    BalasHapus
  2. Kedepannya semoga tidak hanya di lingkungan intern saja ya tapi bisa secara umum sehingga seluruh pekerja perempuan juga mendapatkan kesempatan yang sama ya mungkin meski kategorinya yang dibedakan

    BalasHapus
  3. Sepertinya sudah 10 tahun perempuan Indonesia bisa sejajar dengan pria. Baik dalam pekerjaan maupun pengambil keputusan. Di Indonesia pernah ada presiden, menteri, gubernur maupun bupati. Mereka jug para ibu yang juga mengurus keluarganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju sama komentar mbak, para tokoh tersebut terbukti bisa bekerja keras sambil mengurus rumah tangganya.

      Hapus
  4. Salut buat FWC insurance yang acaranya gak sekedar marketing show up, tapi benar-benar menyuguhkan acara yang bermanfaat tentang HERoic, program women empowerment atau seputar pemberdayaan perempuan Indonesia.

    BalasHapus
  5. saya kagum keluarga Ronald yang bisa berbagi peran

    ibunya Ronald bisa panjat2 untuk benerin listrik

    ayahnya justru luwes melakukan "pekerjaan perempuan"

    BalasHapus
  6. Suka sebel kalau lihat/dengar ada kejadian bias gender. Wanita itu makhluk kuat, jangan mau dianggap lemah.

    Bagus ya program Heroic dari FWD ini, ayuk para pekerja perempuan di FWD tunjukkan eksistensimu!

    BalasHapus
  7. Saat membaca dari awal saya mengira program ini khusus perempuan saja, mbak. ternyata setelah di bagian akhir ada juga pria yang terpilih ya. kesempatan emas bagi yang terpilih yang ga boleh disia-siakan

    BalasHapus
  8. program Women Empowerment HERoic dari FWD ini bagus karena mampu memberdayakan perempuan untuk bisa lebih produktif. dan merintis karir yang cemerlang.

    BalasHapus
  9. Salut dan bangga pada FWD Insurance dengan upaya mendukung pemberdayaan perempuan lewat HERoic, event yang akan berlangsung sampai akhir tahun 2022.
    Menantikan workshop series, virtual campaign, dan juga community conversation yang menarik pastinya.

    BalasHapus
  10. Hanya hear tp bukan listen, rata2 orang umumnya begini ya mba.. Kepoo aja sama urusan org lain, pas dengerin sesuatu langsung aja memhami itu yg terjadi pdahal blom tentu juga. Thkans bgt nih dukungan FWD buat perempuan

    BalasHapus
  11. Memanfaatkam program.imsurance perlu referensi, tulisan kak maria akan membantu pembaca mendapatkannya

    BalasHapus
  12. keren nih ya. Saya kira cuma perempuan aja. Taunya ada laki-laki yang terpilih juga ya.

    BalasHapus
  13. Salut sih sama perusahaan asuransi FWD ini. Selalu aja ada inovasinya untuk membuat program-program keren. Salah satunya Women Empowerment HERoic, yang benar-benar mendukung perempuan Indonesia.

    BalasHapus
  14. perempuan adalah makhluk berharga yang memiliki bakat dan potensi yang sama dengan laki-laki, jadi susah sepantasnya ia mendapatkan perhatian dan tidak boleh dipandang sebelah mata

    BalasHapus
  15. Saling mendukung satu sama lain, terutama sesama perempuan ya.
    Karena kan dengan sama-sama berdaya dan kolaborasi pasti lebih baik

    BalasHapus
  16. Salut banget sama Ibu Desy Natalia Wijaya
    awal mula bekerja di posisi "junior" aka anak bawang, mau aja disuruh melakukan fotocopy berkas. Yes, collect experience memang adalah hal terpenting dalam bekerja.

    BalasHapus
  17. Wah perusahaan asuransi FWD ternyata memberikan atensi yang besar ya buat perempuan untuk berdaya dan bekerja ..salut nih jadi ga hanya jual layanan asuransi aja..sukses terus deh

    BalasHapus
  18. Narasumbernya keren-keren sekali. Pastinya senang dong bisa gabung dalam satu forum bersma beliau-beliau ini.

    BalasHapus