3 Cara Agar Tak Jenuh Mengikuti Kuliah Online

 
Kuliah Online


Siapa disini yang suka jenuh dan mengantuk ketika mengikuti kuliah online? Yuk ah jangan sampai kendor semangatnya mentang-mentang sekarang ini kuliah bisa dilakukan sambil rebahan dan buka laptop dari dalam kamar tidur saja.

Seperti yang kita ketahui bahwa pandemi banyak membawa perubahan hampir di semua sektor kehidupan masyarakat, salah satunya bidang pendidikan. Mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak sampai Perguruan Tinggi melarang sementara para murid dan mahasiswa untuk melakukan kegiatan belajar mengajar tatap muka dan diganti dengan pembelajaran online atau daring.

Pembelajaran online merupakan suatu cara dimana guru akan mengajar murid ataupun mahasiswa tidak melalui tatap muka melainkan melalui sebuah aplikasi yang memungkinkan mereka bertemu secara virtual.

Adapaun manfaat mengikuti kuliah online di saat pandemi ini antara lain:

1. Dapat dilakukan kapan dan dimanapun mahasiswa maupun dosen berada

Kuliah online sebenarnya sangat menguntungkan kedua belah pihak, baik itu dari sisi dosen sebagai pengajar maupun dari sisi mahasiswa sebagai peserta perkuliahan. Ketika kuliah online belum terbiasa dilakukan di era sebelum pandemi, maka jika ada dosen yang berhalangan hadir untuk mengajar mata kuliah tertentu maka tentu saja perkuliahan akan batal otomatis.

Namun lain ceritanya jika kuliah online sudah diterapkan dalam dunia kampus, jika dosen berhalangan hadir mengajar maka tidak perlu kuatir karena dosen bisa menghubungi koordinator mahasiswa yang diampu untuk membuat jadwal perkuliahan online sesuai kesepakatan bersama dengan para mahasiswa lain.

2. Menekan biaya hidup bagi para mahasiswa

Seperti diketahui bahwa sebagai mahasiswa yang menimba ilmu di beberapa perguruan tinggi Ibukota ada yang berasal dari daerah atau provinsi lain. Otomatis mahasiswa dari provinsi lain ini harus menyewa kamar kost untuk bisa mengikuti perkuliahan yang diselenggarakan oleh kampus tempat dia terdaftar.

Tinggal di perantauan bukan hanya memikirkan sewa kamar kost melainkan juga harus bersiap diri mengeluarkan sejumlah biaya hidup lainnya seperti makan, laundry, membeli buku pelajaran guna menunjang perkuliahan mahasiswa tersebut serta biaya tak terduga lainnya yang mungkin harus dipersiapkan oleh orang tua mahasiswa.

Adanya kuliah online ini dapat membuat orang tua dari mahasiswa yang merantau bernapas lega karena anak mereka dapat pulang sementara waktu ke kampung halaman dan tentu saja dapat memangkas beberapa anggaran yang harus dikeluarkan ketika anak berada di perantauan untuk berkuliah.

3. Bersifat fleksibel

Arti dari fleksibel dalam kuliah online adalah mahasiswa dapat bertanya kepada dosen melalui fitur chattingan dalam aplikasi seperti Zoom atau Google Meet. Selain fleksibel dalam pengajuan pertanyaan kepada dosen, para mahasiswa juga bisa mendapatkan materi berupa soft copy yang nantinya akan diberi oleh dosen pengampu.

Kuliah online juga bisa disebut dengan online learning dimana proses perkuliahan akan menggunakan dan memaksimalkan penggunaan internet sebagai sarana transfer ilmu dari dosen ke mahasiswa. Online learning juga diselenggarakan tanpa perlu adanya tatap muka antara pengajar dengan mahasiswa yang diajar. 

Dalam hal ini, online learning benar-benar memanfaatkan keberadaan teknologi untuk melakukan transfer knowledge dari dosen pengampu kepada mahasiswa. 

Berikut Tips Agar Tak Jenuh Mengikuti Kuliah Online Selama Pandemi

Adalah hal yang sangat manusiawi ketika para mahasiswa merasa jenuh dan bosan mengikuti kuliah online selama pandemi. Bagaimana tidak, sehabis kuliah online berlangsung, para mahasiswa tidak dapat bersantai di luar rumah sekadar berjalan-jalan ke mall karena tentu saja khawatir bahaya virus yang masih mengintai di sekeliling mereka. Otomatis setelah perkuliahan online berlangsung, mahasiswa akan tetap berada di rumah mematuhi instruksi pemerintah guna meredam meluasnya korban jiwa akibat pandemi.

Agar para mahasiswa tidak jenuh selama mengikuti online learning, berikut cara sederhana dari saya antara lain:

1. Memberi afirmasi positif pada diri sendiri

Tentunya diri kita sendiri adalah motivator terbaik untuk menghilangkan segala bentuk pikiran negatif sehingga ketika Anda adalah seorang mahasiswa yang harus mengikuti kuliah online, maka sudah selayaknya memberi afirmasi positif sebelum perkuliahan dimulai.

Hal ini bertujuan agar ketika perkuliahan dimulai, Anda memiliki energi positif untuk terus mengikuti perkuliahan sampai selesai tanpa rasa bosan sedikitpun. Memang diakui, online learning ini mempertemukan kita dengan dosen maupun teman-teman namun terpisah jarak.

Namun yakinlah bahwa kuliah online merupakan cara terbaik saat ini di masa pandemi dan tak kalah berkualitas dengan perkuliahan tatap muka.

2. Perhatikan secara detail setiap materi yang disampaikan Dosen Pengampu

Mendengarkan materi dari dosen tentu akan membosankan apalagi jika berlangsung selama kurang lebih 90 menit. Untuk menghindari rasa jenuh maka Anda sebagai mahasiswa mungkin tak sekadar mendengarkan kuliah dari dosen saja.

Cobalah untuk mencatat hal-hal kecil dari materi yang telah disampaikan dosen pengampu selagi perkuliahan berlangsung lalu Anda buat catatan tersendiri setelah perkuliahan selesai. Lakukan setiap kali perkuliahan berlangsung agar Anda tidak jenuh dan mengantuk. Namun tetap usahakan untuk fokus selama perkuliahan berlangsung ya.

3.  Lakukan refreshing setelah mengikuti kuliah online

Jangan remehkan refreshing setelah mengikuti kuliah online lho! Walau Anda sebagai mahasiswa tetap harus di rumah saja setelah selesai mengikuti kuliah online, tapi cobalah untuk refreshing sejenak menghilangkan rasa jenuh.

Refreshing tidak melulu pergi ke mall atau hang out bareng teman-teman. Olahraga, nonton film favorit dan main games juga dapat dikatakan sebagai refreshing untuk Anda yang jenuh berbulan-bulan mengikuti online learning.

Yang harus diingat adalah ketika melakukan aktivitas dengan tujuan refreshing jangan terlalu berlebihan sehingga menyebabkan Anda lupa sekeliling.. Misalnya saja bermain games di smartphone bisa dikategorikan refreshing melepas kejenuhan selama pandemi namun jika berlebihan maka dampaknya kurang baik bagi mental.


Penutup

Demikian cara sederhana dari saya agar para mahasiswa tidak jenuh di saat mengikuti kuliah online. Mungkin bisa Anda praktikkan setelah membaca tulisan dari saya. Intinya belajar dengan metode tatap muka maupun online itu sama saja hasil akhirnya, tinggal bagaimana Anda sebagai mahasiswa bisa menyesuaikan dengan kondisi yang sedang diberlakukan.

Jadi untuk kalian para mahasiwa, tak perlu jenuh ya selama menngikuti online learning. Tetap jalani dan nikmati proses perkuliahan dengan semangat dan motivasi yang tinggi!
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

12 komentar untuk "3 Cara Agar Tak Jenuh Mengikuti Kuliah Online"

  1. Terima kasih banyak tipsnya Kak, beneran bermanfaat banget. Saya juga lagi mikir buat kuliah online neh

    BalasHapus
  2. Kuliah / sekolah online memang rentan diserang kejenuhan luar biasa Mba.

    Tips yg di-share mba Maria nih berfaedah banget
    semoga bisa diterapkan ya.
    makasiii :D

    BalasHapus
  3. Masa pandemi gini hampir semua kegiatan pembelajaran maupun pekerjaan dilakukan dari rumah. Mau tak mau kita semua harus beradaptasi. Biar gak jenuh ya harus pinter-pinter menyiasati kondisi yang tak pasti ini. Makasi tipsnya ya, bermanfaat sekali

    BalasHapus
  4. Bagi diriku yang kuliah sambil bekerja emang kuliah online ini jauh sangat membantu. Asal tekun belajar dan mengikuti arahan, pasti bisa terserap ilmunya dengan baik

    BalasHapus
  5. Memang mesti afirmasi positif pada diri sendiri ya, bahwa meski dilakukan secara online tetap semangat melakoni perkuliahan.
    Sayangnya ga semua bisa full online. Ponakan saya yang di Univ Brawijaya tetap masuk meski seminggu cuma dua kali tatap muka. Akhirnya tetap kos jadinya karena saat pandemi bolak-balik Kediri-Malang riskan juga

    BalasHapus
  6. Bener, main afirmasi itu penting banget. Kalau dasar afirmasinya udah bagus, semuanya akan terasa enak dijalanin.

    BalasHapus
  7. Setuju banget nih mbak sama tipsnya ..suka ga suka karena dasarnya manusia nih mahluk sosial jadi emang harus dicari asyiknya kalau berkomunikasi tanpa bertemu langsung alias online. Kuliah online saat ini emang yang terbaik mengingat situasi belum memungkinkan...

    BalasHapus
  8. Tips ini wajib dibaca para mahasiswa nih biar semangat mereka nggak kendor. Wkwkkw

    Aku bayangin kalau kuliah online tapi cara ngajarnya dosen bikin ngantuk, pasti mereka pada ngacir tidur.

    BalasHapus
  9. Asik bgt tipsnya.tdnya mau kuliah lagi tahun ini tap belum jadi.smg ntar ada.kesempatannya

    Bener juga,buat yang kuliah online harus tetap semangatlah.jangan sia2kan kesempatan ya

    BalasHapus
  10. Sebenarnya sistem daring itu banyak untungnya. Buatku yang belasan tahun pernah tinggal di desa, harus banyak2 makasih sama sistem daring. Krn bisa melampaui jarak dan waktu. Tapi emang gak bisa dipungkiri ya ada juga kelemahannya. Aku pribadi nih, misalnya nge zoom sehari dua kali aja (sebagai peserta) rasanya udah payah banget. Kalau aku pas harus mengisi training full day daring, abisannya aku kayak orang abis perang. Wkwkwk. Brasa babak belur

    BalasHapus
  11. Aku kepikiran banget mbak mau nambah waktu buat kuliah online. Cuma lagi mikir sama kerjaan yang fulltime

    BalasHapus
  12. bener nih, pokoknya kalo kuliah online harus siapin cemilan dan sesekali harus refreshing habis itu, karena org yg gk terbiasa dihadapan komputer atau laptop pasti ngerasa kepala pusing, itu pun pernah dialami oleh temanku sendiri,

    BalasHapus