Mari Berkontribusi Gunakan Energi Terbarukan Bersama Utomo SolaRuv

 
Utomo SolaRuv dan Utomo Charge+

Sebenarnya saya suka merasa khawatir dengan kondisi cuaca yang terjadi di Surabaya belakangan ini. Hujan yang sangat deras ketika musim penghujan yang mengakibatkan banjir di beberapa daerah. Bahkan saat ini ketika musim kemarau pun, panasnya sangat menyengat tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Apakah memang perubahan iklim terjadi dengan begitu cepatnya. Polusi terjadi di beberapa kota besar dan emisi gas karbon sudah semakin tak terbendung lagi. Padahal bumi ini masih akan menampung sekian ratus juta nyawa manusia. Apa yang akan terjadi apabila sumber energi di bumi ini menipis? Lalu bagaimana anak cucu kita akan hidup apabila sumber energi mulai menipis?

Tentu saja harus dipikirkan secara bersama-sama bagaimana menciptakan energi terbarukan atau renewable energy agar tetap bisa dinikmati anak cucu kita kelak. Bukan hanya tugas pemerintah dan stake holder semata, namun kita sebagia bagian dari penduduk di muka bumi setidaknya bisa berkontribusi meskipun sedikit.

Saya merasa terpanggil sebagai bagian kecil dari masyarakat untuk menggunakan energi terbarukan ketika bersama teman-teman blogger menghadiri acara Blogger Gathering yang diselenggarakan oleh Utomo SolaRuv pada 3 Juni 2024 bertempat di kantor Utomo Deck yang berlokasi di Jl. Basuki Rahmat No. 129 Surabaya.


Pada kesempatan ini, diadakan talkshow bersama dua orang srikandi dari Utomo SolaRuv sebagai pembicara. Ibu Krismaya Dwi Hardianti sebagai Manager RnD Utomo SolaRuv yang memberikan penjelasan mengenai PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) yang diproduksi oleh Utomo SolaRuv. Ibu Rahma Arzanti sebagai Manager Operasional Utomo SolaRuv yang memberikan penjelasan mengenai keberadaan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) yang sudah dibangun oleh Utomo SolaRuv sebagai bentuk kontribusi menciptakan energi terbarukan. 

PLTS Atap Sebagai Teknologi Solar Panel Terbaik

Pernah denger mengenai pembangkit listrik tenaga surya atau yang biasa kita singkat dengan PLTS? PLTS sendiri merupakan salah satu bentuk kontribusi dalam menciptakan energi terbarukan. Seperti yang kita ketahui, keberadaan listrik untuk menerangi kehidupan sehari-hari sangatlah penting. Tanpa listrik, bisa dibilang aktivitas dan roda perekonomian akan terhambat pastinya. 

Listrik sendiri dihasilkan dari bahan bakar fosil seperti minyak bumi, dimana bisa habis dalam kurun waktu tertentu. Oleh karena itu putra putri bangsa Indonesia yang tergabung di SolaRuv berusaha menciptakan energi terbarukan dengan menciptakan teknologi solar panel terbaik dengan PLTS Atap.

Tahun 2060 merupakan target Indonesia untuk mencapai target nett zero emission sehingga diharapkan akan terjadi transisi energi secara besar-besaran di Indonesia. Utomo SolaRuv sebagai perusahaan yang memiliki visi dan misi dalam menciptakan teknologi energi terbarukan, berusaha untuk mendorong masyarakat maupun instansi agar menggunakan serta memanfaatkan teknologi energi surya. Tentu saja tujuannya adalah agar Indonesia di tahun 2060 bisa bebas emisi.

Sudah banyak project PLTS yang diinstal oleh tenaga ahli dari Utomo SolaRuv di beberapa wilayah di Indonesia. Salah satu project PLTS yang menginspirasi adalah instalasi PLTS Atap off-grid di Biara CB Providentia Dei yang terletak di Kecamatan Sepaku. Kecamatan Sepaku sendiri masuk ke dalam peta wilayah IKN (Ibu Kota Negara).

Sebagai pengetahuan, Pembangkit Listrik Tenaga Surya sendiri dibagi ke dalam 3 jenis yaitu:
  • PLTS Grounding
Pembangkit listrik tenaga surya ini didirikan di atas tanah dan tentu saja akan ada penopang khusus yang digunakan untuk menopang tenaga panel surya yang dialirkan. Asalkan dapat terpapar oleh sinar matahari, maka pembangkit listrik tenaga surya dapat didirikan di atas tanah. Selain itu juga tentunya PLTS Grounding dapat dibangun di atas lahan tanah yang cukup luas agar dapat berfungsi efektif.
  • PLTS Terapung
Adapun PLTS Terapung merupakan sistem pembangkit listrik yang menggunakan perairan sebagai tempat instalasi panel surya. Floater sebagai pelampung merupakan komponen utama yang ada ketika membangun PLTS Terapung ini.

PLTS Terapung memiliki prospek yang bagus di Indonesia, dikarenakan Indonesia merupakan negara memiliki wilayah perairan yang luas. Selain itu juga ada beberapa keuntungan ketika membangun PLTS Ter
  • PLTS Rooftop
PLTS Atap atau Rootoop mungkin merupakan jenis PLTS yang umum digunakan oleh konsumen industri maupun residensial. Hal ini dikarenakan pembangkit listrik tenaga surya ini diletakkan di atas atap sebuah bangunan.

Dengan instalasi yang telah dilakukan oleh tenaga ahli andal, tentu saja menjadikan PLTS Rooftopp sebagai sumber energi terbaik dari radiasi matahari untuk sumber listri di sebuah bangunan.

Sebagai konsumen dari industri ataupun residensial, Anda bisa memilih jenis PLTS yang ingin digunakan untuk menunjang kegiatan operasional sehari-hari. Sebelum melakukan instalasi, biasanya dari pihak SolaRuv akan melakukan survey terlebih dahulu, yang kemudian akan memberikan penawaran harga. Setelah terjadi kesepakatan kedua belah pihak, kemudian akan dilakukan instalasi atau proses pemasangan teknologi solar panel terbaik di tempat Anda sebagai konsumen.

Penggunaan teknologi solar panel terbaik dari SolaRuv tentunya akan menghemat dalam penggunaan listrik di perkantoran maupun perumahan, sehingga Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakannya.

Utomo Chargeplus Mendukung Transportasi Berkelanjutan

Pastinya kalian sudah sering melihat donk di jalan raya banyak sekali mobil listrik yang wara wiri. Saat ini gaya hidup masyarakat kota sudah banyak menunjukkan ke arah perubahan yang cukup positif dalam memberikan kontribusi bagi pelestarian lingkungan hidup. Salah satunya dengan menggunakan mobil listrik untuk menekan jumlah emisi karbon di lingkungan kita.

Utomo SolaRuv tentunya tidak mau ketinggalan memberikan kontribusi positif dengan program Utomo Chargeplus, yaitu pembangunan beberapa titik SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) yang diperuntukkan untuk kendaraan listrik.

Sementara di Pulau Bali sendiri, keberadaan SPKLU Utomo Charge+ sudah berkembang cukup banyak di beberapa lokasi. Hal ini dikarenakan Utomo Charge+ sudah bekerjasama dengan salah satu perusahaan transportasi taxi terbesar di Indonesia. 

Di Surabaya sendiri, SPKLU Utomo Charge+ tersebar di beberapa titik lokasi, antara lain:
  1. Kantor Utomo Deck di Jalan basuki Rahmat 149
  2. Warehouse Rungkut
  3. Wisma SIER
  4. UJASI Ruko Darmo
  5. Resto Nine
Jadi bagi kalian para pemilik mobil listrik, apabila membutuhkan untuk melakukan pengisian daya pada kendaraan, bisa langsung mengunjungi salah satu dari lima titik lokasi yang telah saya sebutkan di atas.

Di Jakarta sendiri, tak perlu diragukan akan keberadaan SPKLU Utomo Charge+ ini. Hal ini dikarenakan SPKLU Utomo Charge+ dibangun di Thamrine Nine Superblock Tower, yang merupakan gedung terbesar yang ada di Indonesia.

Penutup

Sebagai manusia yang ingin hidup di dunia dengan tenang dan nyaman, tentu saja apapun akan kita lakukan agar lingkungan selalu terjada kelestariannya. Hari ini tepatnya 5 Juni 2024, dalam rangka memeringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, saya ingin mengajak kalian semua untuk turut serta memberi kontribusi terhadap berkembangnya energi terbarukan.

Bukankah perubahan itu dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu! Bersama Utomo SolaRuv melalui program PLTS Atap dan Utomo Chargeplus, mari kita bersama-sama berkontribusi untuk menggunakan energi terbarukan demi masa depan bumi yang lebih baik.

Semoga bermanfaat.


Referensi:

https://solaruv.co.id/mengintip-plts-solaruv-yang-dipamerkan-di-rumah-teknologi-ikn/
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Mari Berkontribusi Gunakan Energi Terbarukan Bersama Utomo SolaRuv"